• 0

Tak Ada Po An Tui, Tapi Ada Monumen Laskar Tionghoa di TMII

Tak Ada Po An Tui, Tapi Ada Monumen Laskar Tionghoa di TMII



Taman Budaya Tionghoa

Monumen Perjuangan Laskar Tionghoa dan Jawa Melawan VOC (Foto: Akbar Ramdhan/kumparan)
Satu isu yang menyeruak dan ramai diperbincangkan publik yakni soal keberadaan monumen Po An Tui di TMII, Jakarta Timur. Di media sosial, bahkan Mendagri Tjahjo Kumolo dikait-kaitkan dengan peresmian monumen itu.
Kumparan menyambangi lokasi Taman Budaya Tionghoa di TMII, Jumat (23/12). Di lahan seluas 4,5 hektar itu, kumparan melakukan penelusuran kebenaran keberadaan monumen Po An Tui. Sedikit catatan sejarah, Po An Tui ini merupakan milisi yang dibentuk pada pertengahan 1947. Milisi yang terdiri dari orang Tionghoa dan banyak dikaitkan dengan kelompok Westerling, eks tentara Belanda yang memerangi TNI.

Taman Budaya Tionghoa

Monumen Perjuangan Laskar Tionghoa dan Jawa Melawan VOC (Foto: Akbar Ramadhan/kumparan)
Hasil penelusuran setelah menjelajahi Taman Budaya Tionghoa yang terletak tak jauh dari Museum Minyak TMII ini, sama sekali tidak ditemukan Monumen Po An Tui. Tak ada sama sekali literarur soal Po An Tui.
Di taman itu memang ada monumen Laskar Tionghoa yang diresmikan Mendagri Tjahjo Kumolo pada 2015. Tapi sekali lagi, di monumen itu tak ada catatan soal Po An Tui. Monumen Laksar Tionghoa sendiri merupakan monumen perjuangan orang Tionghoa yang dibentuk antara rentang tahun 1740-1743. Laskar ini memerangi VOC. Di masa itu, orang-orang Tionghoa bersekutu dengan bangsawan Jawa di Keraton Kartasura memerangi VOC.

Taman Budaya Tionghoa

Batu peresmian Monumen Perjuangan Laskar Tionghoa dan Jawa Melawan VOC. (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Keberadaan monumen Laskar Tionghoa itu juga terlihat mencolok. Ada beberapa patung dalam pose berperang dengan tentara VOC. Dan yang pasti, di tiap monumen selalu dituliskan siapa saja orang yang menyumbang untuk pembangunan monumen.


NewsMonumenMonumen Garuda

500

Baca Lainnya