unjuk rasa kekerasan pada perempuan

Cara Membuat Panduan Anti-Kekerasan Seksual di Tempat Kerja (2)

Sebuah kelompok feminis dari Jakarta.
14 September 2021 14:12
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ruang kerja yang nyaman dan bebas dari kekerasan seksual bukanlah mimpi yang muluk. Ia bisa dan telah diciptakan di mana-mana. Lingkungan kerja yang aman terbukti sangat penting, dan bahkan dapat menciptakan hubungan profesional yang lebih sehat, sehingga para pekerja dapat lebih produktif.
Hal ini sulit diwujudkan apabila perusahaan tidak memandang kekerasan seksual sebagai perkara serius dalam dunia kerja. Padahal, 81% pekerja pernah mengalami kekerasan seksual di tempat kerja (survei Never Okay Project 2018). Angka mencengangkan ini memperlihatkan bahwa komitmen pemberi kerja untuk melindungi para pekerja dari kekerasan seksual masih perlu ditingkatkan. Kondisi ini diperparah dengan situasi minimnya pengetahuan tentang kekerasan seksual, baik di kalangan pekerja maupun pimpinan perusahaan.
Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menciptakan ruang kerja yang aman dari kekerasan seksual? Salah satu hal yang sangat membantu adalah pembuatan kebijakan anti-kekerasan seksual atau Standard Operating Procedure (SOP) penanganan kekerasan seksual. Dengan SOP ini, perusahaan bisa mencegah dan menangani kasus dengan lebih baik.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanplus
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanplus
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814