Pencarian populer

3 Transfer Kontroversial yang Sempat Melibatkan Barcelona

Griezmann akan mengenakan nomor punggung 17 di Barcelona. Foto: LLUIS GENE / AFP
Belakangan Barcelona kerap membeli pemain dengan harga mahal. Dua musim misalnya, juara bertahan Liga Spanyol itu mendatangkan Ousmane Dembele dengan harga 105 juta euro, menggantikan Neymar. Enam bulan kemudian giliran Philippe Coutinho seharga 142 juta euro, menjadikannya pemain termahal sepanjang sejarah klub.
ADVERTISEMENT
Terbaru saat ini, kedatangan Antoine Griezmann disambut meriah oleh publik Barcelona. Penyerang asal Prancis tersebut didatangkan dengan mahar sebesar 120 juta euro dari Atletico Madrid, membuatnya jadi pemain termahal kedua sepanjang sejarah Barcelona menggeser Dembele.
Namun, kali ini proses yang berbelit-belit membuat transfer Griezmann mengundang kontroversi. Penyerang berusia 28 tahun tersebut pindah dari Atletico Madrid dengan harga transfer mencapai 120 juta euro. Walau angka tersebut fantastis, tapi itu masih lebih kecil dari harga 200 juta euro yang diminta Atletico.
Merasa rugi, Atletico pun tak terima dana transfer yang didapat dari Griezmann hanya 120 juta euro. Angka tersebut dinilai kurang 80 juta euro dari nilai asli penyerang yang sempat juara Piala Dunia 2018 bersama Timnas Prancis tersebut.
ADVERTISEMENT
"Atletico Madrid menganggap jumlah uang yang disetorkan itu masih berada di bawah klausul rilis yang ada karena sudah jelas persetujuan antara si pemain dan FC Barcelona tercapai sebelum klausul itu berkurang dari 200 juta euro menjadi 120 juta euro,” sebut pihak klub lewat situs resmi.
Lewat situs resmi klub, Atletico memberikan pernyataan bakal mengambil jalur hukum dengan yang dilakukan Griezmann dan sang agen. “Kami telah memulai prosedur yang sesuai untuk melindungi hak dan kepentingan kami yang sah,” tulis Atletico dalam situs resmi mereka.
Sudah sering melakukan transfer dengan dana besar, Griezmann bukan satu-satunya kepindahan kontroversial yang melibatkan Barcelona. Selain Griezmann, berikut tiga transfer kontroversial lain yang sempat melibatkan klub asal Catalunya tersebut.
ADVERTISEMENT
1. Malcom dari Bordeaux
Malcom kala memperkuat Bordeaux. (Foto: Nicolas Tucat/AFP)
Kiprah gemilang Malcom di Girondins de Bordeaux, membuatnya jadi salah satu bakat terbesar yang ada di Liga Prancis. Masih berusia 21 tahun saat melakoni musim terakhirnya, winger asal Brasil tersebut mencatatkan 12 gol dan 7 asis dari 35 penampilan di kasta tertinggi kompetisi Prancis.
Penampilan gemilang Malcom pun membuat klub raksasa Eropa meminati jasanya. AS Roma kemudian jadi tim yang paling serius kala itu. Bahkan bersama I Giallorossi, Malcom sudah menjalani tes medis. Berbagai akun media sosial Roma klub pun sudah heboh menyambut kedatangan Malcom.
Namun, secara mengejutkan Malcom justru diperkenalkan di Camp Nou sebagai rekrutan anyar Barcelona. Transfer Malcom tersebut jelas mengundang kontroversi lantaran Barcelona memboyongnya dengan mahar 41 juta euro, tak lama setelah Roma mulai mengumumkan pemain tersebut.
ADVERTISEMENT
2. Neymar dari Santos
Transfer Neymar bikin geger. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Kerap disebut sebagai salah satu pembelian terbaik Barcelona, Neymar membuktikannya dengan memberikan berbagai gelar buat Blaugrana. Bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, Neymar sempat membantu El Barca menjuarai treble pada musim 2014/15 silam. Kini dirinya tengah berada di Paris Saint-Germain, pindah sebagai pemain termahal sejagat.
Namun, walau sukses bersama Barcelona, transfer Neymar dari Santos bukan tanpa kontroversi. Raksasa Liga Spanyol tersebut dituduh menggelapkan sebagian dana dari transfer Neymar. Penyelidikan pun dilakukan selama beberapa tahun, sampai akhirnya Barcelona harus harus membayar denda 4,4 juta paun kepada pihak berwajib.
Walau memberikan berbagai prestasi buat klub, jelas kasus tersebut merupakan aib buat tim sekaliber Barcelona. Namun, musim panas 2019 ini, Blaugrana berencana untuk mendatangkan kembali penyerang asal Brasil tersebut dari PSG. Hingga kini, Neymar sudah membuat kontroversi dengan pernyataannya di media mengenai kondisi klubnya.
ADVERTISEMENT
3. Luis Figo ke Real Madrid
Figo saat berseragam Real Madrid. (Foto: Reuters)
Sejatinya, Luis Figo bukan pemain pertama yang pindah dari Barcelona ke Real Madrid. Sebelum Figo, ada 17 nama yang melakukan hal serupa dengannya. Namun, kepindahan Figo dari Barcelona ke Real Madrid jadi salah satu yang paling kontroversial. Pasalnya, kala itu Figo merupakan bintang terbesar kepunyaan klub asal Catalunya.
Merupakan sosok andalan Barcelona, Figo tampil gemilang dan berjasa dalam membawa timnya menang beberapa gelar Liga Spanyol. Tidak hanya di kompetisi domestik, Figo juga membuat Barca jadi klub raksasa Eropa yang diperhitungkan di Liga Champions. Karena itu, tak ada yang menduga Figo sudah menjalin pra-kontrak dengan Real Madrid.
Ketika berita mencuat, Figo menyatakan kepada salah satu koran di Catalunya bahwa dirinya bakal bertahan di Barcelona. Namun, pada hari itu juga dirinya malah diperkenalkan sebagai punggawa anyar Real Madrid. Catatan tersebut sekaligus memecah rekor transfer dunia dengan mahar 62 juta euro. (bob)
ADVERTISEMENT
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86