Pencarian populer

5 Bek yang Bisa Jadi Target Transfer Manchester United di Musim Panas

Manchester United merayakan kemenangan 5-1 atas Cardiff City. (Foto: REUTERS/Rebecca Naden)

Sejak Ole Gunnar Solskjaer menggantikan Jose Mourinho pada Desember lalu, performa Manchester United berubah drastis. Sebelumnya, ‘setan merah’ sempat terpuruk di posisi enam, selisih 11 poin dari zona Liga Champions. Kini, United ngebut dan kembali bersaing untuk empat besar. Salah satu yang paling berkontribusi adalah bagian pertahanan.

Bersama Mourinho, selain produktivitas yang buruk dengan hanya mencetak 29 gol dari 17 laga, United juga rapuh dengan kebobolan hingga 29 kali. United pun jadi satu-satunya tim enam besar yang selisih gol dan kebobolannya nol. Belum lagi hubungan buruk yang terjadi bersama beberapa pemain bintang.

Perubahan signifikan kemudian dibawa Solskjaer. Bermain lebih menyerang, punggawa United jadi tampil lebih percaya diri. Produktivitas gol mereka di Liga Inggris pun meroket, dari 14 laga mencetak 31 gol. Lini bertahan juga lebih solid dengan hanya kebobolan 12 gol. Tak khayal bila akhirnya Solskjaer mendapat kontrak sebagai manajer permanen.

Kini, United memang punya skuat yang cukup solid. Namun, lini pertahanan kembali jadi sorotan jelang tutup musim 2018/19. Enam laga terakhir, United gagal mempertahankan gawangnya dari kebobolan. Alhasil, Solskjaer pun menargetkan untuk membeli satu atau dua bek tengah pada musim panas nanti.

United mesti mencontoh rival terberat mereka, Liverpool, kala membeli Virgil van Dijk. Bek asal Belanda tersebut jadi pemain paling krusial buat ‘The Reds’ musim ini. Raksasa kota Merseyside tersebut sukses menjaga pertahanan dengan Van Dijk sebagai pemimpinnya. Kini Liverpool jadi tim yang paling sedikit kebobolan di Liga Inggris dengan hanya 19 gol.

Virgil van Dijk, bek andalan Liverpool. (Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine)

Selain solid kala bertahan, dengan mencatatkan rataan 1,1 tekel, 1,2 intersep dan 5,3 sapuan bola per laga, Van Dijk juga turut andil dalam membangun serangan. Akurasi umpan Van Dijk mencapai 89,6 persen, dengan rata-rata 5,7 umpan jauh dan 65,7 umpan pendek per 90 menit.

Kini United harus mencari bek sekaliber Van Dijk. Selain Victor Lindelof, tak ada bek tengah yang benar-benar bermain reguler di tim utama. Solskjaer kerap merotasi Smalling, Jones, dan Eric Bailly, lantaran ketiganya memang bukan bek yang yang benar-benar hebat.

Lindelof jelas butuh tandem seperti Van Dijk. Namun, mustahil United bisa merekrut bek berusia 27 tahun tersebut dari Liverpool. Karena itu, berikut lima pemain yang bisa jadi andalan di lini belakang United musim depan.

1. Matthijs de Ligt

De Ligt merayakan kemenangan Ajax atas Real Madrid. Foto: AFP/Gabriel Bouys

Salah satu bakat paling bersinar di dunia saat ini, Matthijs de Ligt telah membuktikan dirinya sebagai bek kelas dunia bersama Ajax dan Timnas Belanda. Meski masih 19 tahun, produk asli akademi Ajax tersebut sudah sarat pengalaman bermain di kompetisi tertinggi. Bahkan, bersama Ajax dirinya sukses menumbangkan juara bertahan Liga Champions, Real Madrid.

Belajar banyak dari tandemnya di Timnas Belanda, Van Dijk, De Ligt pun kini punya kemampuan serupa. Bek tengah tersebut mampu memainkan bola dari belakang dan memberi umpan jauh yang akurat. Namun, selain harga yang mahal, United harus bersaing dengan Barcelona dan Juventus yang juga menginginkan De Ligt.

2. Toby Alderweireld

Alderweireld di Liga Champions. (Foto: Ben Stansall/AFP)

Pengalaman Toby Alderweireld bermain di Liga Inggris sudah tak perlu diragukan. Bek kepunyaan Tottenham Hotspur tersebut sudah jadi andalan di lini belakang, baik di klub maupun bersama Timnas Belgia. Dirinya juga punya gaya bermain yang sama dengan Van Dijk, hebat dalam mengawal pertahanan dan mengirim umpan-umpan jauh.

Hanya saja, kini Alderweireld sudah berusia 30 tahun. Walau bisa dibilang masih jadi salah satu bek terbaik di dunia, Alderweireld tetap merupakan rencana jangka pendek. Tentu akan kesulitan mengangkatnya, mengingat dirinya salah satu andalan Spurs. Namun, bila serius, angka sebesar 25 juta paun bisa saja menggoda Spurs.

3. Harry Maguire

Bek Leicester City, Harry Maguire. (Foto: Andrew Boyers/Reuters)

Setelah performa impresifnya bersama Timnas Inggris di Piala Dunia, Harry Maguire langsung jadi incaran klub-klub besar termasuk Manchester United. Namin, musim panas lalu Leicester City mematok harga 75 juta paun yang membuat ‘Setan Merah’ mundur dari perburuan.

Keputusan tersebut kemudian disayangkan, mengingat Maguire bakal menambah kualitas lini bertahan United. Bek berusia 26 tahun tersebut, selain bisa bertahan dengan luar biasa, dirinya juga bisa memulai penyerangan dari belakang layaknya bek modern. Bahkan dirinya bisa jadi ancaman dalam skema bola mati. Kini, Maguire telah memperpanjang kontrak dan mahar yang dibutuhkan untuk memboyongnya pun dikabarkan membengkak.

4. Raphael Varane

Raphael Varane saat berkostum Timnas Prancis. (Foto: Grigory Drukor/Reuters)

Usai membantu Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 dan Liga Champions ketiga beruntun Real Madrid, musim ini performa El Real yang merosot membuat Raphael Varane tak betah. Alhasil, beberapa klub mengincarnya sebagai target musim panas nanti. Manchester United pun jadi salah satu yang menaruh minat pada bek berusia 26 tahun tersebut.

Kualitasnya bersama tim utama sudah tak perlu diragukan. Beberapa musim terakhir dirinya sudah mengawal pertahanan Madrid secara reguler. Selain kokoh dalam bertahan, teknik serta pemahaman taktik Varane salah satu yang terbaik diantara bek dunia. Namun, jelas United butuh dana besar, yaitu seharga 100 juta euro.

5. Kalidou Koulibaly

Bek Napoli, Kalidou Koulibaly. (Foto: Marco Bertorello/AFP)

Pemain bertahan yang dinilai punya tingkat kemampuan yang sama dengan Van Dijk adalah Kalidou Koulibaly. Bek kepunyaan Napoli tersebut punya kekuatan yang luar biasa dan kecepatan yang mumpuni. Kala menghadapi Paris Saint-Germain dan Liverpool, Koulibaly bahkan sempat mematikan pergerakan Mbappe dan Salah.

Hanya saja, mungkin Koulibaly nantinya butuh waktu untuk beradaptasi. Namun, segala atribut sebagai bek kelas dunia sudah dimilikinya. Teknik bagus yang memungkinkan dirinya melepas umpan jarak jauh akurat, duel udara yang hebat di situasi bola mati, serta postur 195 sentimeter membuat Solskjaer bahkan naksir kepadanya.

Seperti Van Dijk, bek asal Senegal tersebut juga bisa memimpin lini belakang, sesuatu yang kurang dimiliki United dalam beberapa tahun belakangan. Jadi paket lengkap sebagai bek tengah modern, mahar yang diperlukan untuk memboyong Koulibaly diperkirakan mencapai 90-140 juta euro. Namun, sekitar 100 juta euro atau 1,5 triliun mungkin sudah cukup buat memindahkannya dari San Paolo. (bob)

Baca lebih banyak berita mengenai berita artis/berita heboh/Info Bola/info unik lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23