Pencarian populer
Bola & Sports

5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Juventus Secara Gratis

Bintang terbaik yang sempat direkrut Juventus secara gratis.

Sejak mendominasi Liga Italia, menurut majalah Forbes, Juventus jadi klub terkaya kesembilan di dunia dan yang terkaya di Italia. Kekayaan ‘Si Nyonya Tua’ mencapai angka 1,31 miliar Euro atau sekitar Rp 21 triliun. Walau kaya raya, Juventus terkenal dengan strategi transfer yang berbeda dengan tim raksasa lainnya.

Juventus punya strategi transfer yang banyak orang menyebutnya sebagai genius. Pemandu bakat mereka jadi yang patut diapresiasi, lantaran menemukan pemain-pemain penuh bakat dengan harga ‘miring’.

Arturo Vidal jadi salah satunya. Memboyong gelandang asal Chili tersebut dari Leverkusen dengan harga 10,5 juta Euro, I Bianconeri kemudian melepasnya ke Bayern Muenchen dengan mahar 37+3 juta Euro.

Walau hemat, bukan berarti Juventus pelit. Beberapa kali tim milik Andrea Agnelli tersebut memboyong bintang besar dengan harga fantastis, seperti Gonzalo Higuain dengan mahar 90 juta Euro dan teranyar Cristiano Ronaldo dengan harga 100 juta Euro.

Namun, tetap saja Juventus terkenal dengan satu lagi kebijakan transfer luar biasa mereka, yaitu memboyong pemain secara gratis. Sebelum ramai dengan Aaron Ramsey, Emre Can jadi contoh pembelian pemain berkelas gratis dari Liverpool. Tak hanya mereka berdua, berikut 5 pemain gratis terbaik yang pernah diboyong Juventus dalam 10 tahun terakhir.

1. Fernando Llorente

Fernando Llorente dua tahun membela Juve. (Foto: Alessandro Garofalo / Reuters)

Bersinar bersama Athletic Bilbao, Fernando Llorente tak memperpanjang kontrak dan hengkang ke Juventus pada tahun 2013 dengan status bebas transfer. Bersama Bianconeri, dirinya sukses menang tiga gelar Liga Italia dan satu Piala Italia. Musim pertamanya berjalan mulus, usai mencetak 16 gol dari 31 penampilan di liga.

Dua musim berikutnya Llorente memang lebih dipercaya sebagai pelapis Carlos Tevez dan Alvaro Morata. Juventus akhirnya melepasnya untuk bergabung dengan Sevilla pada tahun 2015 silam. Buat pemain gratis, peran Llorente begitu krusial dan patut disebut sebagai salah satu pembelian gratis terbaik Juventus.

2. Dani Alves

Alves kala berkostum Juventus. (Foto: Carl Recine/Reuters)

Barcelona secara mengejutkan melepas Dani Alves pada tahun 2016 silam dengan status bebas transfer. Blaugrana menilai bek asal Brasil tersebut sudah ‘habis’ dan saatnya melakukan regenerasi, tapi ternyata hal tersebut salah. Diboyong Juventus dengan gratis, Alves jadi pilar utama dan tampil brilian.

Performa apik Alves di sisi kanan Juventus, baik dalam skema menyerang maupun bertahan, menjadi kunci sukses meraih dwi gelar domestik dan mengantar I Bianconeri ke final Liga Champions. Performa apiknya pun membuatnya masuk dalam FIFPro XI 2017, menjadikannya yang ketujuh sepanjang karier.

3. Sami Khedira

Khedira merayakan gol bersama Bernardeschi. (Foto: Reuters/Alberto Lingria)

Veni, vidi, vici adalah Sami Khedira dalam sepak bola. Ke mana pun Khedira pergi, dirinya selalu memenangi gelar. Menang Liga Jerman bersama Stuttgart tahun 2007, menang semua trofi yang bisa dimenangi di Real Madrid sejak 2010, sampai akhirnya bergabung ke Juventus dengan status bebas transfer tahun 2015 silam.

Saat ini Khedira tengah menjalani musim keempatnya bersama Juventus. Tiga musim terakhir, gelandang asal Jerman tersebut sudah menang segalanya bersama I Bianconeri di kompetisi domestik, dengan tiga kali double winner. Kini, targetnya bersama ‘Si Nyonya Tua’ jelas adalah juara Liga Champions.

4. Paul Pogba

Paul Pogba (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Tak dapat kesempatan bermain bersama Manchester United, Paul Pogba pun dilepas secara gratis ke Juventus pada musim panas 2012 silam. Bersama I Bianconeri, dirinya dapat tempat di tim utama dan konsisten mempertahankan posisi di lini tengah.

Performa Pogba begitu luar biasa, bahkan status gratisnya sempat mengejutkan Gianluigi Buffon. Menurut Buffon, hanya dengan tiga sampai empat sesi latihan tim sudah kagum dengan Pogba. “Saya dan rekan saling melihat satu sama lain dan mengatakan, ‘mereka buta ya di Manchester?’” kata Buffon dilansir dari Skysports.

Empat musim berseragam hitam-putih, Pogba main 178 kali di semua kompetisi dan mencatat 34 gol serta 30 assist. Musim terakhirnya bersama Juventus, Pogba sukses merajai perolehan assist di Liga Italia. Pada 2016, Juventus melepasnya dengan harga 89,3 juta Pounds ke tim yang melepasnya secara gratis, Manchester United.

5. Andrea Pirlo

Pirlo ketika memperkuat Juventus (Foto: AFP/Marco Bertorello)

Kala Andrea Pirlo di lepas pada 2011 silam, dirinya dinilai sudah habis oleh publik AC Milan. Juventus yang tengah membangun skuat pun menggaet Pirlo dengan status bebas transfer. Hasilnya, gelandang Timnas Italia tersebut menjadi salah satu pembelian gratis terbaik sepanjang masa. Buffon pun sampai terkejut dengan tindakan Milan yang melepas Pirlo.

Pirlo jadi salah satu pilar utama kebangkitan Juventus di Serie A, usai musim pertamanya 2011/12 menjadi pertama kali I Bianconeri juara sejak Calciopoli. Terlebih, mereka jadi juara dengan status tak terkalahkan. Bersama Pogba, Marchisio, dan Vidal, Pirlo jadi pemain krusial yang menghidupkan lini tengah.

Kisah Pirlo bersama Juventus kemudian berlanjut hingga tiga musim lagi. Selama itu, total tambahan enam gelar dipersembahkan, tiga Liga Italia, satu Piala Italia, dan dua Piala Super Italia. Tak lupa Pirlo juga sempat membawa Juventus ke final Liga Champions musim 2014/15, tapi takluk 1-3 dari Barcelona. (bob)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: