kumparan
2 Mei 2019 23:47 WIB

5 Capaian Hebat Casillas Sebelum Terkena Serangan Jantung

(Foto: Goal.com)
Mantan penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas, menderita serangan jantung pada sesi latihan (5/2). Informasi ini telah dikonfirmasi secara resmi oleh Porto di akun resmi media sosialnya. Dalam laporan tersebut, kondisi Casillas sudah stabil dan membaik. Namun dikabarkan Casillas tidak akan ikut bergabung bersama kesebelasannya di laga selanjutnya pada sisa musim ini.
ADVERTISEMENT
Mendengar kabar mengejutkan ini, berbagai dukungan dan doa menghujani akun media sosial Casillas. Para pemain sepak bola hingga akun resmi dari berbagai klub seperti Sergio Ramos, Gareth Bale hingga klub Barcelona turut memberikan dukungan dan doa untuk kesembuhannya. Bahkan mantan klub Casillas, Real Madrid secara resmi melalui website maupun media sosial menyatakan dukungannya untuk sang kiper legendarisnya, yang tak lagi membela Los Blancos sejak tahun 2015 lalu.
Dalam perjalanan karier sepak bola profesionalnya, Casillas banyak menorehkan berbagai prestasi secara individu maupun tim dalam berbagai liga. Salah satunya dalam Liga Champions. Dari 11 gelar Real Madrid, tiga di antaranya Casillas ikut terlibat dalam kemenangannya. Tak berhenti sampai di sana, bersama klub Porto, Casillas juga berhasil mencatat sejarah baru. Berikut adalah tiga torehan Casillas dalam Liga Champions bersama Real Madrid dan Porto.
ADVERTISEMENT
1. Kiper termuda , yang mendapat gelar juara Liga Champions
Debut dan gelar pertama Casillas di Liga Champions tahun 1999 (Foto: dailymail.co.uk)
Di bawah asuhan Del Bosque, Casillas diberikan kesempatan bermain di final Liga Champions pada tahun 1999, yang berhasil mengalahkan Valencia dengan skor akhir 3 – 0 untuk El Real. Di usia 19 tahun, Casillas berhasil menorehkan catatan sejarah sebagai kiper termuda, yang bermain dan mendapat gelar juara di Liga Champions. Kemenangan tersebut sekaligus menjadi gelar pertama bagi Casillas bersama Real Madrid.
Tidak berhenti sampai di sana, dalam laga Liga Champions musim selanjutnya, Casillas kembali bermain di final menggantikan kiper utama, Cesar yang cedera pada menit ke-66. Dalam pertandingan tersebut, Ia mendapatkan gelar keduanya sebagai juara Liga Champions bersama Galacticos.
2. Rekor penampilan terbanyak di Liga Champions
(Foto: Beatriz Guzmán/Marca)
Lebih dari dua dekade berkarir dalam dunia sepak bola profesional, Casillas berhasil menempati puncak dengan penampilan terbanyak di Liga Champions, yakni sebanyak 177 kali. Total pertandingan tersebut tercatat dalam setiap pertandingannya bersama Real Madrid dan Porto. Di posisi kedua, ada Cristiano Ronaldo dengan total penampilan 162.
ADVERTISEMENT
3. Tampil dalam 20 musim berbeda
Casillas menyambut hangat para fans-nya di Stadion do Dragão (Foto: Instagram @fcporto)
Meski FC Porto gagal melaju ke babak semi final di Liga Champions musim ini, Casillas telah menorehkan sejarah baru sebagai pemain pertama yang tampil dalam 20 musim berbeda di Liga Champions. Santo Iker berhasil mencatat sejarah baru ini bersama Real Madrid dan Porto, yang telah mengawali kariernya sejak berusia 19 tahun saat bersama Real Madrid di Liga Champions tahun 1999.
4. Pemain dengan koleksi Caps terbanyak di Eropa
Casillas membela kesebelasan Timnas Spanyol (Foto: Goal.com)
Tidak hanya mencatat penghargaan bersama klub, Santo Iker juga menjadi pemain dengan koleksi Caps terbanyak bersama timnas Spanyol di Eropa, yakni sebanyak 167 penampilan. Namun begitu dalam Euro 2016 kemarin, Casillas tidak lagi masuk ke dalam starting eleven tim Matador. Kiper berusia 37 tahun ini mesti menerima keputusan pelatih untuk menonton kesebelasannya dari bench dan mempercayakan ban kaptennya kepada Sergio Ramos.
ADVERTISEMENT
5. Rekor kemenangan terbanyak di Liga Champions
(Foto: Dani Pozo/Kompas)
Casillas memang lahir untuk tampil di Liga Champions. Setelah mencatat rekor sebagai kiper termuda, ia juga mencatat sejarah kemenangan sebanyak 105 kali dalam laga bergengsi di Eropa ini. Total kemenangannya tersebut didapat dari penampilannya bersama Real Madrid dan Porto selama 20 musim. Berbagai rekor ia torehkan dengan penampilannya yang cekatan dan jarang absen di Liga Champions. (AN)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·