kumparan
22 Jun 2019 11:47 WIB

5 Fakta dan Prediksi Jelang Laga Persela Lamongan vs Persija Jakarta

Persela Lamongan vs Persija Jakarta (Foto: Dok. Media Persija)
Sekembalinya dari libur panjang, Persela Lamongan dan Persija Jakarta bakal saling berhadapan pada pekan kelima Liga 1 2019. Bermain di Stadion Surajaya, Sabtu (22/6) pukul 18.30 WIB, Laskar Joko Tingkir dan Macan Kemayoran kini sama-sama tengah terpuruk dan membutuhkan poin penuh.
ADVERTISEMENT
Persela yang sudah melakoni tiga laga belum sekalipun merasakan kemenangan. Alhasil, dengan koleksi satu poin mereka terpuruk di jurang degradasi. Menjadi tuan rumah pada laga berikutnya, klub asal Lamongan tersebut tentu bakal lebih unggul untuk meraih poin penuh.
Jelang laga, pelatih Persela Aji Santoso mengaku dalam beberapa sesi latihan timnya masih mencari komposisi tepat di lini belakang. Konon, pertahanan Persela memang yang terburuk. Dian Prasetyo sudah 10 kali memungut bola dari dalam gawang, terbanyak di antara klub lainnya.
"Kami akui ada masalah di lini belakang, dalam beberapa hari ini sudah kami benahi, mudah-mudahan di pertandingan melawan Persija kami bisa lebih solid dan tentu saja meraih kemenangan," kata Aji.
Adapun usaha untuk menutup kelemahan Persela, Aji menyebut anak asuhnya tengah mengasah memperkuat menguasai bola.
ADVERTISEMENT
"Dalam beberapa kali latihan selalu lebih banyak sentuhan bola dan bagaimana kita possession, tiga hari kemarin kita lebih ke sentuhan bola dan tiga hari terakhir akan lebih pada latihan taktik," beber Aji.
Sementara bagi Persija, laga tersebut bakal jadi debut buat pelatih anyar mereka, Julio Banuelos. Setelah tiga laga tak merasakan kemenangan, hanya meraih satu poin dan terpuruk di posisi ke-16 membuat Ivan Kolev harus terdepak. Kini, tugas Banuelos jelas membawa kembali sang juara bertahan kepada performa terbaik.
Jelang laga, Banuelos mengaku Persela yang juga mengincar kemenangan pertama bakal jadi lawan sulit. Namun, pelatih asal Spanyol tersebut mengaku bakal berusaha untuk memberikan tiga poin pertama untuk ‘Macan Kemayoran’.
"Sekarang pemain sangat bekerja keras di latihan. Semua sudah dalam kondisi siap dimainkan ya saya pikir mereka bersemangat," sebut pelatih tim asal ibu kota tersebut.
ADVERTISEMENT
Jelang laga Persela menghadapi Persija di Liga 1 2019, berikut lima fakta dan prediksi yang patut disimak.
1. Persela merupakan lawan yang sulit buat Persija
Para pemain Persela Lamongan merayakan gol ke gawang Madura United. Foto: Syaiful Arif/Antara
Pertemuan terakhir di musim 2018, Persija memang sukses mengalahkan Persela dengan skor 3-0. Namun, sebelumnya Laskar Joko Tingkir sukses menang dengan skor 2-0 di pertemuan pertama.
Bahkan, dalam total lima pertemuan terakhir, Persela lebih unggul dengan mengoleksi tiga kemenangan. Dua laga kandang menghadapi Persija pun sukses dilalui dengan tiga poin, salah satunya di laga persahabatan Januari 2018 silam.
2. Laga kandang tak menguntungkan Persela
Pemain Bali United Paulo Sergio (kiri) berebut bola dengan penggawa Persela Lamongan Jefri Kurniawan (kanan) saat pertandingan leg kedua Babak 16 besar Piala Indonesia. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Terpuruk di tiga laga pertama Liga 1 2019, Persela yang bakal bermain di kandang idealnya lebih diuntungkan. Pasalnya, skuat Aji Santoso bakal bermain dengan dukungan suporter sendiri. Namun, ternyata kenyataan berbicara lain.
ADVERTISEMENT
Tiga laga kandang terakhir Persela justru tak pernah menang sekalipun. Setelah kalah telak 1-5 di kandang kontra Madura United, mereka ditahan Persipura 2-2. Sebelumnya di Piala Presiden, Persela juga sempat kalah 1-2 di kandang kontra Madura.
3. Banuelos diharapkan dongkrak posisi Persija
Julio Banuelos, pelatih terbaru Persija. Foto: Dok.Persija
Menghadapi Persela bakal jadi laga debut Banuelos dengan Persija. Menggantikan Ivan Kolev, Banuelos diharapkan bisa mendongkrak performa tim untuk kembali jadi kandidat juara, atau minimal keluar dari zona merah.
Hanya mengoleksi satu poin dari tiga laga jelas capaian yang mengecewakan buat juara bertahan. Namun, kini Ismed dan kolega yang mulai biasa bertandang tentu perlu diwaspadai. Terlebih mereka sejatinya tak buruk, dengan hanya kalah tipis dari Bali United dan PSIS yang jago kandang, serta menahan Barito Putera di Kalimantan.
ADVERTISEMENT
4. Pemain andalan kedua tim
Marco Simic, pemain Persija Jakarta saat menghadapi Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (20/5). Foto: Dok. Media Persija
Masih mencari kombinasi lini bertahan yang cocok, Persela kemungkinan bakal lebih mengandalkan lini tengah. Kei Hirose nantinya bakal dipercaya sebagai penggerak permainan. Adapun Oliviera-Hambali-Alex bakal jadi trio lini depan.
Masih belum tahu bagaimana Banuelos meracik timnya, tapi Persija tentu akan kembali mengandalkan Steven Paulle. Lini tengah ada Rohit Chand yang jadi pemain terbaik Liga 1 musim lalu, sementara lini depan tetap dengan Marco Simic.
5. Prediksi susunan pemain
Skuat Persela kala menghadapi Madura United. (Dok. PT LIB)
Persela (4-3-3):
Pelatih: Aji Santoso
Dian Agus Prasetyo (kiper); Samsul Arifin, Amevor, Arif Satria, Birrul Walidain (bek); Lucky Wahyu, Kei Hirose, Malik (gelandang); Oliviera, Hambali, Alex (penyerang).
Persija (4-3-3):
Pelatih: Julio Banuelos
Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Paulle, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto (bek); Rohit Chand, Sandi Sute, Bruno Matos (gelandang); Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic (penyerang). (bob)
ADVERTISEMENT
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan