Pencarian populer

5 Fakta Rivaldo Ferre, Andalan Situasi Genting Timnas U-19 Indonesia

Todd Rivaldo di pemusatan latihan Timnas U-19. (Foto: Resnu Dwi Andika/kumparan)

Kala rasanya sudah tak ada harapan tertinggal 1-6, api itu tiba-tiba kembali berkobar. Bahkan, selisih lima gol berubah jadi satu, meski pada akhirnya tetap kalah dengan skor 5-6. Adalah Todd Rivaldo Ferre, si pemantik semangat Garuda Muda dan publiknya yang hadir.

Masuk menggantikan Rafli Mursalim, Todd Ferre sukses mencetak trigol dan membuat Timnas U-19 Indonesia seakan bangkit dari kubur. Sepakan lewat skema bola matinya tersebut membangkitkan asa menyamakan kedudukan.

Belum puas, Todd yang berapi kembali mencatat namanya. Usai mengecoh empat orang, dengan sepakan keras pemain berusia 18 tahun ini mencetak gol keduanya. Terus berusaha mengejar ketertinggalan, defisit gol pun jadi tinggal satu usai Ferre cetak hattricknya pada menit ke-81, lagi-lagi dengan mengecoh tiga pemain lawan.

Meski sudah berusaha keras, kadang takdir memang kejam. Timnas U-19 tetap tidak bisa taklukan Qatar. Namun, dengan hasil akhir usai berjuang habis-habisan, bolehlah kepala Garuda Muda tegak, tak terkecuali Todd Rivaldo Ferre.

Berangkat dari sana, ternyata ada lima fakta menarik dari Todd Rivaldo Ferre, gelandang muda kepunyaan Persipura. Berikut fakta-fakta tersebut.

1. Membuat kubu lawan terkejut

Todd Rivaldo Ferre (22) bermain gemilang ketika Timnas U-19 kalah dari Qatar U-19 dengan skor 5-6 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10). (Foto: Dok. AFC)

Lewat asisten pelatih Timnas U-19 Qatar, Lino Godinho mengaku terkejut dengan penampilan Todd Rivaldo Ferre. Menurutnya, kubu mereka sudah menduga semangat tinggi yang akan diberikannya, ditambah dukungan suporter. Menurutnya, Todd Ferre adalah sosok pemain yang bisa mencetak gol kapan saja.

2. Sejatinya memang supersub

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri memberikan keterangan pers menjelang Piala Asia U-19 di Jakarta. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ketika dipasang sebagai starter, Todd Ferre bermain kurang maksimal, setidaknya itu yang dikatakan pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Menurutnya, Todd sudah beberapa kali dicoba sebagai pemain utama, tapi keefektifannya menurun.

Beda jika dipasang sebagai pengganti, kala lawan tengah lelah, Todd yang punya eksplosifitas tinggi bisa jadi pembeda. Karena itulah dirinya kerap jadi andalan di situasi genting.

3. Memulai karier sebagai pemain futsal

Todd Ferre bersama kerabat. (foto: @toddferre/Instagram)

Setelah diusut, Todd Ferre ternyata memulai karier profesionalnya sebagai pemain futsal. Saat masih di bangku Sekolah Menengah Atas, futsal lah yang ditekuni pemain kelahiran Jayapura tersebut. Todd Ferre pun sempat berpentas di Liga Futsal Nusantara. Performa baiknya pun membuat Persipura U-19 merekrutnya.

4. Lebih mahal dari Egy Maulana Vikri versi Transfermarkt

Pesepak bola Indonesia U19 Todd Rivaldo Alberth Ferre (kanan) mencetak gol ke gawang Filipina U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Harga Todd Rivaldo Ferre, jika ingin diboyong klub-klub Eropa, sebesar 68 ribu pounds atau setara dengan Rp1,3 miliar adalah mahar yang harus dibayar. Harga tersebut merupakan yang termahal ketiga, setelah Nurhidayat Haji Haris (75 ribu pounds) dan Saddil Ramdani (150 ribu pounds).

Bahkan, lewat situs tersebut, harga Todd Ferre lebih mahal dari bintang muda timnas, Egy Maulana Vikri. Diboyong tanpa biaya transfer, Egy pun belum dipatoki harga alias masih bisa dilepas gratis.

5. Kecintaannya terhadap timnas serta mengidolakan Boaz dan Bepe

Pesepak bola Indonesia U19 Todd Rivaldo Alberth Ferre berusaha melewati pemain Filipina U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Diketahui lewat ayah Todd, Agustinus Ferre, kecintaan anaknya kepada Timnas Indonesia sudah hadir sedari kecil. Kala itu, dari bersih sampai kotor, pemain yang kini berusia 19 tahun itu kerap memakai seragam merah timnas saat bermain bersama teman-temannya.

Diketahui juga dari sang ayah, Todd mengidolakan Boaz Solossa dan Bambang Pamungkas (Bepe). Kata Coach Agus, sapaan akrab ayahnya, Todd waktu kecil sempat minta dibelikan seragam timnas dengan nama punggung kedua legenda Indonesia tersebut. Namun, keinginannya terurung karena tak adanya jersey tersebut. (bob)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23