kumparan
16 Sep 2019 19:02 WIB

5 Laga Seru di Pekan Pertama Fase Grup Liga Champions 2019/20

Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018/19. Foto: REUTERS/Susana Vera
Setelah lebih dari tiga bulan lalu sejak Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur untuk mengangkat ‘si kuping lebar’, fase grup Liga Champions musim 2019/20 akhirnya kembali. Klub-klub terbaik yang sudah berbenah di bursa transfer, serta beberapa kali tampil di kompetisi domestik, bakal saling berhadapan di tengah pekan ini.
ADVERTISEMENT
Musim lalu, beberapa laga seru tersaji di fase grup. Salah satunya kala Inter Milan, Barcelona, Tottenham, dan PSV Eindhoven tergabung di grup yang sama. Meski akhirnya lolos tanpa menelan kekalahan, Barcelona sempat disulitkan Inter dan Tottenham, yang akhirnya di dua laga tersebut bermain imbang.
Selain itu, grup tersebut juga jadi ajang reuni Inter dan Tottenham sejak keduanya pertama kali bertemu musim 2010/11. Kala itu jadi kali pertama ‘The Lilywhites’ mengikuti kompetisi Liga Champions. Sementara buat I Nerazzurri, edisi tersebut jadi yang terakhir sebelum akhirnya absen selama delapan tahun.
Tak hanya Tottenham dan Inter yang reuni di fase grup, Cristiano Ronaldo yang baru bergabung bersama Juventus juga bertemu mantan klubnya, Manchester United. Absen kala bermain di Allianz Stadium, Ronaldo kembali bermain saat Juve menyambangi Old Trafford. Ronaldo bahkan mencetak gol, meski akhirnya United yang menang dengan skor 1-2.
ADVERTISEMENT
Sementara persaingan Liverpool, PSG, dan Napoli untuk lolos dari fase grup bahkan lebih sengit lagi. Hingga laga terakhir, Il Partenopei dan ‘The Reds’ saling memperebutkan tiga poin untuk jadi runner-up. Adapun persaingan Ajax dan Bayern Muenchen juga sempat jadi sorotan. Kedua tim sama-sama lolos ke babak gugur tanpa menelan kekalahan.
Kini fase grup di musim baru bakal dimulai. Nantinya, pekan pertama dibuka pada Selasa (17/9/2019) pukul 23.55 WIB dengan laga Inter Milan menghadapi Slavia Praha di Stadion Giuseppe Meazza. Bersamaan dengan laga tersebut, di tempat lain Olympique Lyonnais bakal menjamu Zenit St. Petersburg di Stadion Parc OL.
  1. Chelsea vs Valencia
Tammy Abraham merayakan golnya. Foto: Action Images via Reuters/Paul Childs
Tepat setelah laga pembuka, Chelsea bakal menjamu Valencia di laga Grup H Liga Champions. Bermain di Stamford Bridge, Rabu (18/9/2019) pukul 02.00 WIB, ‘The Blues’ yang performanya masih belum stabil bakal berusaha raih poin penuh di kandang. Sedangkan ‘Los Che’ yang punya nasib serupa tentu bakal memberikan perlawanan sengit.
ADVERTISEMENT
Nantinya, tim besutan Frank Lampard ini bisa mengandalkan Tammy Abraham. Penyerang berusia 21 tahun tersebut telah membuktikan ketajamannya, kini sukses jadi top skor Liga Inggris dengan tujuh gol. Sementara Valencia, meski baru menang sekali sepanjang musim, mereka punya skuad mumpuni untuk memberi perlawanan.
  1. Napoli vs Liverpool
Liverpool vs Napoli di laga persahabatan. Foto: Reuters/Ed Sykes
Setelah musim lalu bersaing ketat di fase grup Liga Champions, Napoli dan Liverpool bakal kembali saling berhadapan usai sama-sama tergabung di Grup E. Bermain di Stadion San Paolo, Rabu (18/9/2019) pukul 02.00 WIB, ‘Il Partenopei’ bakal berusaha meraih tiga poin di kandang. sedangkan, sebagai juara bertahan, ‘The Reds’ juga tentu tak mau sampai kalah.
Sama-sama tim yang punya gaya bermain menyerang, Napoli kini merupakan tim tertajam di Serie A. Total sembilan gol sudah dicatatkan skuad besutan Carlo Ancelotti tersebut. Namun, mengenai ketajaman, trisula maut Liverpool tentu tak kalah. Lima laga terakhir, 15 gol dicetak tim arahan Juergen Klopp. Adapun 10 gol dicatatkan trio Firmino-Salah-Mane.
ADVERTISEMENT
  1. Borussia Dortmund vs Barcelona
Messi pada laga versus Juventus. (Foto: Reuters)
Bisa dibilang, laga Borussia Dortmund menghadapi Barcelona bakal jadi laga paling seru yang tersaji di Grup F Liga Champions. Berlangsung di Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019) pukul 02.00 WIB, raksasa Bundesliga bakal berusaha mengamankan tiga poin ketika menjamu juara bertahan La Liga.
Kini, Borussia Dortmund dalam performa terbaik di kompetisi domestik. Meski sempat kalah sekali saat melawan tim promosi Union Berlin, Dortmund selalu menang dengan skor telak. Sementara Barcelona justru tengah tak konsisten. Tanpa kehadiran Lionel Messi yang cedera, Blaugrana belum menang di laga tandang, kalah sekali dan imbang sekali.
  1. Paris Saint-Germain vs Real Madrid
Para pemain Madrid merayakan gol. Foto: REUTERS/Susana Vera
Mempertemukan dua klub yang identik dengan kemewahan, Paris Saint-Germain bakal berhadapan dengan Real Madrid Grup A di Liga Champions. Bermain di Stadion Parc des Princes, Kamis (19/9/2019) pukul 02.00 WIB, Les Parisien kembali sudah kembali diperkuat Neymar, sementara Hazard baru melakoni debut dengan Los Blancos.
ADVERTISEMENT
Pertemuan PSG dan Madrid, selain bersaing berada di posisi puncak, perjumpaan Neymar dan Hazard bakal jadi ajang memperebutkan posisi sebagai pemain terbaik ketiga di dunia. Pasalnya, dua nama tersebut jadi pemain yang dikatakan nyaris berada di level permainan Messi dan Ronaldo
  1. Atletico Madrid vs Juventus
Cristiano Ronaldo dijaga ketat pemain Atletico pada leg pertama. (REUTERS/Juan Medina)
Musim lalu, Atletico Madrid dan Juventus di Liga Champions jadi salah satu yang terbaik. Setelah Atletico unggul dua gol di pertemuan pertama, Juventus lewat Ronaldo sukses membalikkan keadaan dengan kemenangan telak 3-0. Nantinya, pertemuan pertama kedua tim tersebut bakal tersaji di Wanda Metropolitano, Kamis (19/9/2019) pukul 02.00 WIB.
Nantinya, Los Rojiblancos yang main di depan publik sendiri bakal bekerja lebih keras. Adapun Joao Felix yang tampil gemilang akan bertemu dengan senior sekaligus idolanya, Cristiano Ronaldo. Bersama Juventus Cristiano Ronaldo bakal kembali berusaha menjuarai Liga Champions. Karena itu, kemenangan jadi target utama skuad besutan Maurizio Sarri. (bob)
ADVERTISEMENT
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan