kumparan
KONTEN PENGGUNA
17 November 2019 12:35

5 Laga Seru di Pertandingan Ke-10 Kualifikasi Piala Eropa 2020

Untitled Image
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan gol. Foto: REUTERS/Pedro Nunes
Memasuki pekan pertandingan ke-10 atau yang terakhir di babak Kualifikasi Piala Eropa 2020, beberapa negara akhirnya memastikan tiket menuju kompetisi yang bakal berlangsung musim panas mendatang. Sorotan ada di Grup C, ketika Jerman dan Belanda sukses memastikan tempat di kompetisi tersebut.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diprediksikan, ‘Die Mannschaft’ dan ‘De Oranje’ bersaing begitu ketat. Hanya saja, keduanya mendapat tantangan tak terduga dari kuda hitam Irlandia Utara. Namun, hasil imbang 0-0 dengan Belanda mengakhiri perlawanan Norn Iron di Grup C.
Termasuk Jerman dan Belanda, total sudah ada 15 negara yang memastikan lolos ke Piala Eropa. Adapun Inggris, Republik Ceko, Ukraina, Denmark, Kroasia, Spanyol, Swedia, Polandia, Austria, Prancis, Turki, Belgia, dan Rusia jadi negara-negara tersebut.
Namun, beberapa negara juga masih harus berjuang untuk memperebutkan jatah tempat ke Piala Eropa. Adapun Portugal dan Serbia masih sama-sama bersaing ketat dengan hanya selisih satu angka. Pun demikian dengan Swiss dan Irlandia.
Adapun Hungaria dan Wales yang bersaing ketat bakal saling bertemu di pekan pertandingan terakhir ini. Kedua negara tersebut masih punya peluang lolos, hanya saja Wales yang berlaku sebagai tuan rumah lebih diuntungkan atas Hungaria.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari sana, berikut setidaknya lima laga seru pertandingan ke-10 Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang bisa disimak.

1. Wales vs Hungaria

Untitled Image
Gareth Bale saat latihan bersama Timnas Wales. Foto: ANDREW COULDRIDGE
Seperti yang sebelumnya disebutkan, Hungaria dan Wales sama-sama masih punya kesempatan lolos ke Piala Eropa 2020. ‘The Dragons’ kini berada di tempat ketiga, mengoleksi 11 poin dari tujuh pertandingan. Adapun Hungaria tepat berada di atasnya, hanya selisih satu angka.
Stadion Kota Cardiff jadi saksi pertemuan kedua tim nantinya, Rabu (20/11) pukul 02.45. Pertemuan pertama, Wales tumbang dari tim berjuluk ‘Magyarok’ tersebut. Namun, di laga nanti skuad arahan Ryan Giggs tersebut lebih diuntungkan dengan bermain depan publik sendiri. Wales wajib kemenangan, Hungaria hanya butuh hasil imbang.

2. Irlandia vs Denmark

Untitled Image
Para pemain Denmark merayakan gol. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)
Timnas Denmark jadi satu-satunya tim yang memastikan tiket di Grup D. Sedangkan Timnas Irlandia yang jadi lawan bakal dihadapi merupakan salah satu yang masih memperebutkan tiket lolos ke babak selanjutnya, bersaing dengan Timnas Swiss di tempat kedua dengan selisih dua poin.
ADVERTISEMENT
Bermain di Stadion Aviva, Selasa (19/11) pukul 02.45, Irlandia punya suntikan motivasi untuk kemenangan yang wajib mereka raih. Menahan Denmark di pertemuan pertama juga bakal jadi modal berharga. Namun, selain wajib menang, Irlandia juga masih harus berharap agar Swiss takluk kala bertandang ke markas Gibraltar.

3. Jerman vs Irlandia Utara

Untitled Image
Pemain-pemain Jerman merayakan gol Goretzka. Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen
Memang Timnas Jerman sudah memastikan satu tempat di Piala Eropa. Irlandia Utara pun juga sudah dipastikan harus bermain di babak play-off untuk bisa menyusul Jerman dan Belanda. Namun, laga ‘Der Mannschaft’ menghadapi ‘Norn Iron’ yang merupakan kuda hitam tentu bakal seru.
Bermain di Commerzbank-Arena, Frankfurt, pada Rabu (20/11) pukul 02.45, Jerman di depan publik sendiri berpotensi menjaga peringkat tetap di puncak. Adapun kekalahan dari Irlandia Utara bisa membuat tuan rumah turun ke posisi kedua. Mengusung misi balas dendam pertemuan pertama, Irlandia Utara bisa saja nanti memberi kejutan.
ADVERTISEMENT

4. Serbia vs Ukraina

Untitled Image
Selebrasi Timnas Ukraina. Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko
Selain pertemuan dua negara Eropa Timur, kondisi salah satunya masih harus berusaha mendulang tiga poin untuk bisa lolos dari Grup B membuatnya jadi makin seru. Adapun Serbia yang masih bersaing dengan Portugal untuk memperebutkan tempat kedua bakal menjamu pemuncak klasemen Ukraina.
Bermain di Rajko Mitic, Minggu (17/11) pukul 21.00 WIB, pertandingan dinilai bakal sengit. Bermain di depan publik sendiri, ‘The Eagles’ punya motivasi tinggi untuk menang. Namun, kekalahan 5-0 dari Ukraina di pertemuan pertama tentu bakal menghantui tuan rumah. Selain wajib menang, Serbia masih harus berharap Portugal terpeleset.

5. Luksemburg vs Portugal

Untitled Image
Selebrasi Cristiano Ronaldo Foto: REUTERS/Susana Vera
Boleh jadi Luksemburg sudah dipastikan tidak lolos ke Piala Eropa. Namun, negara berjuluk ‘Les Lions Rouges’ masih bisa menciptakan momen tak terlupakan bila bisa mengalahkan Portugal. Terlebih, ‘Selecao das Quinas’ yang diperkuat mega bintang Cristiano Ronaldo merupakan juara bertahan kompetisi.
ADVERTISEMENT
Bermain di Stadion Josy Barthel, (17/11) pukul 21.00 WIB, Luksemburg yang mendapat suntikan moral bisa saja mengejutkan publik. Adapun Portugal yang wajib meraih kemenangan, bila akhirnya kalah terpaksa harus melakoni babak play-off.
Pertemuan pertama Ronaldo dan kolega memang sukses mengemas kemenangan 3-0 atas Luksemburg. Namun, tuan rumah yang mungkin saja ingin menciptakan momen tak terlupakan bakal memberi kejutan buat tim tamu. (bob)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan