Pencarian populer

5 Laga Seru yang Mungkin Terjadi pada Babak 16 Besar Liga Champions

Kemungkinan laga seru babak 16 besar Liga Champions.

Fase grup Liga Champions Eropa telah usal. Kini, kompetisi kasta tertinggi di Eropa tersebut memasuki babak gugur. Tim yang lolos akan menunggu pengundian lawan pada Senin (16/12/2018) pukul 12.00 CEST (18.00 WIB), di Nyon, Swiss.

Nantinya, akan ada 16 klub diundi demi menghadapi satu sama lain. Terselip fakta menarik, seluruh klub yang lolos tersebut adalah dari Eropa Barat. Tak hanya itu, tidak ada pula yang lolos dari fase grup dengan mengumpulkan poin penuh (18 poin).

Berikut adalah ke-16 tim yang lolos fase grup, sebagai juara dan runner-up secara berurutan:

Borussia Dortmund dan Atletico Madrid (Grup A), Barcelona dan Tottenham Hotspur (Grup B), Paris Saint-Germain dan Liverpool (Grup C), FC Porto dan Schalke 04 (Grup D), Bayern Munchen dan Ajax (Grup E), Manchester City dan Lyon (Grup F), Real Madrid dan Roma (Grup G), Juventus dan Manchester United (Grup H).

Mengingat klub-klub paling berbahaya di Eropa yang akan mewarnai fase gugur, akan banyak potensi laga yang begitu seru untuk ditonton. Dilansir Sportskeeda, berikut lima duel seru yang mungkin akan tersaji lewat pertemuan dua tim bertabur bintang.

1. Borussia Dortmund vs Liverpool

Selebrasi gol Daniel Sturridge. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Tidak diragukan lagi, Borussia Dortmund dan Liverpool adalah dua tim Eropa yang paling menarik untuk ditonton musim ini. Keduanya punya barisan serangan yang menakutkan dan menempati posisi satu dan dua berpotensi mempertemukan wakil Jerman dan Inggris tersebut di babak 16 besar.

Buat Jurgen Klopp, laga nanti akan jadi reuninya bersama Borussia Dortmund. Juru taktik asal Jerman tersebut diketahui pernah menyumbang deretan prestasi kala masih menukangi Die Borussen, seperti gelar Bundesliga, Piala Jerman, dan Piala Super Jerman.

Bersama Liverpool sebenarnya adalah pertemuan kedua Juergen Klopp melawan Dortmund nantinya. Sebelumnya, dua musim yang lalu, pelatih yang terkenal dengan kejenakaannya itu sempat bertemu mantan klubnya di Liga Europa. Kala itu ‘The Reds’ pulangkan ‘Die Borussen’ dengan menang agregat 5-4.

Namun, bukan itu saja yang membuat pertemuan keduanya akan menarik. Duel trisula maut antara Marco Reus, Paco Alcacer, dan Jadon Sancho melawan Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino tentu akan jadi sajian yang sangat ditunggu.

2. Manchester City vs Atletico Madrid

Kegirangan dari penggawa City usai mencetak gol. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)

Selama ini, ternyata Manchester City dan Atletico Madrid tak pernah bersua di Liga Champions, baik di fase grup maupun babak gugur. Namun, hasil fase grup memungkinkan keduanya bertemu di babak selanjutnya. Dengan karakter permainan yang berlawanan, laga nantinya tentu akan menarik

Atletico Madrid mungkin tidak sedang dalam kondisi terbaiknya sejak beberapa musim ke belakang, di tingkat domestik maupun kontinen. Walau begitu, tak menghentikan Los Rojiblancos tidak akan menghentikan mereka menciptakan laga yang menarik, apalagi melawan sesama klub top Eropa.

Punya pemain seperti Antoine Griezmann, Saul Niguez, Diego Costa, Thomas Lemar, dan Koke dalam skuat, Atletico Madrid tentu tak mau membuat publik Wanda Metropolitano kecewa nantinya.

Namun, bila bertemu Manchester City mungkin bisa jadi ujian yang berat. Pasalnya, juara bertahan Liga Inggris itu disebut sebagai tim terbaik di dunia oleh beberapa pandit dan tentu tak segan memberi armada Diego Simeone pil pahit.

Apalagi, bila nanti Sergio Aguero sudah kembali fit buat babak selanjutnya Liga Champions. Absennya Aguero membela Manchester City saja tidak melemahkan tim, lantaran punya pelapis yang sepadan dalam diri Raheem Sterling dan Leroy Sane serta Gabriel Jesus yang belakangan kembali bergairah.

3. Barcelona vs Manchester United

Duel Barcelona vs Man Utd di ICC 2017. (Foto: Carlos Barria/Reuters)

Terakhir kali Manchester United dan Barcelona bertemu di laga kompetitif, selalu saja merupakan laga final. Dua pertemuan terakhir tersebut adalah final Liga Champions tahun 2009 dan 2011, keduanya dimenangkan Blaugrana dengan selisih dua gol.

Musim ini, Manchester United hampir saja gagal di Grup H. Menghadapi Valencia, bila pertandingan sebelumnya kalah dari Juventus, dipastikan mereka bermain di Liga Europa. Sementara Barcelona, berada di Grup B yang notabene grup neraka, sukses mendominasi dan lolos tanpa kalah.

Jose Mourinho sudah akrab dengan Barcelona. Sempat menjadi asisten manajer sebelum memulai karier kepelatihannya, sampai jadi lawan sebagai pelatih dari rival abadi Barca, yaitu Real Madrid,Mourinho sudah mengenal klub baik dari dalam sampai luar.

Sementara itu, Manchester United kini sedang menghadapi krisis di Liga Inggris. Meski sedang memuncaki klasemen Liga Spanyol, Barca sebenarnya tengah tidak dalam kondisi terbaiknya musim ini bila dibandingkan dengan musim lalu.

Bila Barca dan MU bertemu di babak 16 besar, akan terjadi duel lini tengah yang menarik. Skuat asuhan Jose Mourinho punya Paul Pogba, Juan Mata, dan Fred untuk menghadapi pasukan Valverde yang punya trio Arthur Melo, Philippe Coutinho, dan siapa lagi kalau bukan Lionel Messi.

4. Paris Saint-Germain vs Tottenham Hotspur

Selebrasi gol pemain PSG (Verratti, Neymar, dan Cavani) kala bersua FK Crvena Zvezda. (Foto: REUTERS/Charles Platiau)

Klub kaya raya Paris Saint Germain, dengan skuat mudanya, mulai tampil di hadapan dunia sebagai penantang trofi Liga Champions musim ini. Tentunya bila bisa melewati fase 16 besar, yang akan mempertemukan mereka dengan klub besar. Wakil Inggris, Tottenham Hotspur dinilai jadi lawan yang menarik.

Musim ini Spurs tergabung dalam grup yang sulit bersama Barcelona, Inter Milan, dan PSV di Grup B. Walau begitu klub asal London Utara tersebut bisa membuktikan diri dengan lolos sebagai runner-up. Mengalahkan raksasa Italia dan mengimbangi pemuncak klasemen adalah sorotan buat Harry Kane dan kolega.

PSG punya catatan buruk kala menghadapi klub Liga Inggris. Musim ini Les Parisiens sudah kalah kala bertandang ke markas Liverpool. Beberapa musim lalu, mereka harus rela terdepak di babak 16 besar, menghadapi Chelsea dengan kalah agresivitas gol tandang.

Namun, dengan trio lini depan sekaliber Kylian Mbappe, Neymar dan Edinson Cavani, kutukan tim Inggris buat PSG bisa saja berakhir. Namun tentu tak lupa, lini bertahan Spurs ditambah kapten Hugo Lloris tengah berada dalam performa yang bagus. Pertemuan PSG dan Spurs nantinya pasti akan menarik

5. Juventus vs Liverpool

Para pemain Juventus merayakan go Mario Mandzukic ke gawang Valencia. (Foto: Massimo Pinca/Reuters)

Mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid, sama artinya dengan Juventus mendeklarasikan kalau mereka mengincar trofi Liga Champions. Menampilkan performa yang cemerlang, I Bianconeri sedari awal dinilai sebagai kandidat terkuat pengangkat ‘si kuping besar’.

Lini serang Juventus yang sudah berbahaya semakin menjadi dengan ketambahan Ronaldo. Sebelumnya saja, Si Nyonya Tua sudah diperkuat bintang, seperti Paulo Dybala, Mario Mandzukic, Miralem Pjanic, dan Douglas Costa.

Duel kelas dunia nantinya bisa terjadi bila Juventus bersua wakil Liga Inggris serta favorit juara lainnya, Liverpool. Finis sebagai runner-up grup, The Reds’berpotensi untuk menghadapi Juve. Konon, Ronaldo punya sejarah tersendiri dengan Liverpool, pernah bersua kala berseragam Manchester United dan Real Madrid.

Ronaldo hanya segelintir cerita, nyatanya Liverpool dan Juventus sama-sama punya barisan lini depan terbaik di dunia. Keduanya dinilai sebagai favorit yang bisa sampai minimal semifinal, tapi bila bertemu lebih dini, tentu akan jadi kejutan yang menarik. (bob)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: