kumparan
KONTEN PENGGUNA
12 Juni 2019 16:06

5 Negara yang Paling Berpotensi Menjuarai Copa America 2019

Untitled Image
Selebrasi gol pemain Timnas Brasil (Foto: Andrew Yates/Reuters)
Kompetisi benua tertua yang diikuti oleh negara-negara Amerika Selatan, Copa America, bakal berlangsung akhir pekan nanti. Brasil jadi tuan rumah edisi ke-46 dari ajang empat tahunan yang digelar oleh CONMEBOL tersebut. Sementara juara bertahan Cile bakal berusaha mempertahankan gelar.
ADVERTISEMENT
Ada 12 negara yang bakal berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut. Seperti biasa, bakal ada dua undangan dari benua lain dan kali ini adalah Jepang dan Qatar. Nantinya, final bakal dilaksanakan di Stadion Maracana.
Hasil dari undian 24 Januari 2019, di Rio De Janeiro, Brasil, 12 tim tersebut terbagi dalam empat grup. Tuan rumah Brasil berada di Grup A, bersama Bolivia, Venezuela, dan mungkin tim yang bakal menantang tuan rumah di grupnya, Peru.
Sementara Grup B bakal diisi tim raksasa Argentina. Adapun lawan berat yang bakal dihadapi adalah Kolombia, sedangkan dua di antaranya Paraguay dan tim tamu yang bakal jadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Timnas Qatar.
Adapun Grup C bakal jadi yang paling seimbang. Uruguay dan Cile jadi unggulan yang bakal berusaha bersaing memuncaki grup. Sedangkan dua peserta lain, Jepang dan Ekuador, merupakan lawan yang bisa kapan saja membuat kejutan.
ADVERTISEMENT
Adapun lima dari 12 negara tersebut merupakan favorit dalam menjuarai Copa America 2019 ini. Berikut lima negara tersebut.
  1. Kolombia
Untitled Image
Yerry Mina menangis. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)
Merupakan salah satu unggulan di setiap edisi Copa America, Kolombia memang diperkuat pemain-pemain bintang yang mumpuni. Setiap lini bisa dipastikan ada nama yang tengah memperkuat raksasa dunia. Pemain seperti James Rodriguez, Radamel Falcao, dan Juan Cuadrado merupakan contoh yang terbiasa bermain di level tertinggi.
Selain nama-nama beken tersebut, ada juga yang sukses melambungkan namanya lantaran performa luar biasa musim ini. Nama seperti Davinson Sanchez, Yerry Mina, Santiago Arias, Juan Fernando Quintero, dan Duvan Zapata bisa memberi tambahan kekuatan yang luar biasa. Terlebih Zapata, musim ini sukses mencetak 23 gol dari 37 laga di Serie A.
ADVERTISEMENT
  1. Cile
Untitled Image
Timnas Cile usai kalah dari Jerman. (Foto: Reuters/Darren Staples)
Pada dua edisi Copa America sebelumnya, Cile sukses keluar sebagai kampiun. Tak tanggung, dua kali di final mereka sukses menaklukkan raksasa Amerika Selatan, Argentina, yang diperkuat megabintang kepunyaan Barcelona, Lionel Messi. Bertabur bintang, tentu tak heran mereka bakal kembali jadi unggulan kompetisi.
Negara berjuluk La Roja tersebut terkenal dengan pertahanan yang solid dan penyerangan luar biasa. Mengandalkan Gary Medel di lini belakang, Arturo Vidal yang beroperasi di lini tengah, serta Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas sebagai senjata utama tim membuat Cile bisa jadi ancaman buat klub-klub yang bakal dilawan.
  1. Uruguay
Untitled Image
Perayaan gol Cavani. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)
Jelas Uruguay jadi salah satu kandidat terkuat Copa America 2019. Masih bersama pelatih veteran, Oscar Tabarez, Uruguay berambisi memperpanjang rekor sebagai klub tersukses di Copa America dengan 15 gelar. Bukan hanya sejarah yang membuat Uruguay diunggulkan, tapi juga lantaran punya beberapa bintang dunia.
ADVERTISEMENT
Penyerang Barcelona Luis Suarez dan ujung tombak Paris Saint-Germain Edinson Cavani bakal jadi duet yang menakutkan buat lini bertahan lawan. La Celeste pun punya gelandang mumpuni dalam diri Rodrigo Bentancur dan Lucas Torreira, sementara lini belakang solid yang diisi duet Atletico Madrid, Diego Godin, dan Jose Gimenez, tentu akan sulit ditembus.
  1. Argentina
Untitled Image
Messi dan kawan-kawan merayakan kemenangan. (Foto: Edgard Garrido/Reuters)
Bertahun-tahun sudah Argentina tak menang kompetisi internasional. Adapun prestasi terakhir La Albiceleste di turnamen besar pada tahun 1993, sukses memenangkan Copa America. Kini, Argentina yang dihuni darah muda bakal berambisi meraih kesuksesan pertama sejak puasa bertahun-tahun.
Terutama buat Lionel Messi, kompetisi negara merupakan ajang yang hingga kini belum pernah dimenanginya. Sukses menang berbagai trofi bersama Barcelona, peraih Ballon d’Or lima kali tersebut selalu gagal di empat final yang diikutinya. Kini, punya perpaduan yang bagus antara pemain senior dan pemain muda mungkin bisa memenuhi ambisi Messi.
ADVERTISEMENT
Bakal membantu Messi di lini depan Argentina, ada pemain seperti Sergio Aguero, Paulo Dybala, Angel Di Maria, dan Lautaro Martinez. Lini tengah pun tak kalah hebat, punya Leandro Paredes, Giovani Lo Celso, dan Roberto Pereyra. Sementara Nicolas Otamendi bakal mendapat kepercayaan memimpin lini belakang.
  1. Brasil
Untitled Image
Pekik gembira pemain-pemain Brasil. (Foto: Stringer/Reuters)
Bisa dibilang Timnas Brasil saat ini merupakan salah satu yang paling komplit di dunia. Tim berjuluk Selecao tersebut punya bintang dunia yang memperkuat tiap lini. Dani Alves bakal jadi kapten yang memimpin Brasil kali ini, mengingat Neymar harus absen lantaran cedera sebelum Copa America bergulir.
Pelatih Tite membuat kejutan dengan tak memanggil Marcelo dan Fabinho ke dalam timnya. Walau begitu, punya skuat yang bertabur bintang tak membuat kehilangan dua atau tiga sosok penting jadi masalah. Pengganti sepadan sudah masuk dalam daftar yang dibawanya untuk memperkuat Brasil, seperti Alan dan Alex Sandro.
ADVERTISEMENT
Tanpa Neymar, trio lini depan Brasil bakal mengandalkan Roberto Firmino, Philippe Coutinho, dan Gabriel Jesus. Richarlison, Everton, dan David Neres juga bisa jadi senjata rahasia setelah penampilan impresif bersama tim masing-masing.
Sementara lini tengah ditumpuk pemain berkualitas seperti Arthur Melo, Casemiro, Fernandinho, Lucas Paqueta, dan Allan, pertahanan pun bakal solid dengan kehadiran Dani Alves, Alex Sandri, Eder Militao, dan Thiago Silva. Belum lagi dua kiper luar biasa, Allison Becker dan Ederson Moraes. (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan