kumparan
16 Apr 2019 15:47 WIB

5 Pemain Andalan saat Barcelona Bersua MU di Leg Kedua Liga Champions

Aksi Gerard Pique menghalau Anthony Martial. Foto: AFP/Oli Scarff
Barcelona akan kembali menghadapi Manchester United pada leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4/2019) pukul 02.00 WIB. Bakal bermain di Camp Nou, ‘Blaugrana’ jelas lebih diuntungkan untuk lolos. Sebaliknya, ‘Setan Merah’ membawa beban satu gol usai kalah 1-0 di leg pertama.
ADVERTISEMENT
Persiapan jelas sudah dilakukan Barcelona dengan matang. Kala menghadapi Huesca, Ernesto Valverde hanya memainkan Ousmane Dembele, Malcom dan Ter-Stegen dari tim utama. Selebihnya Barca memainkan pemain akademi dan pelapis. Sementara United lebih ‘pede’ usai memutus dua kekalahan beruntun saat menang dari West Ham.
Jelang laga, kiper Barcelona Marc Andre Ter-Stegen optimis timnya bisa kembali meraih hasil maksimal pada leg kedua nanti. Kiper berkebangsaan Jerman tersebut mengaku punya ambisi untuk memenangi kedua laga. “Kami ingin memperlihatkan siapa yang terbaik dalam dua leg. Kami harus main bagus dan berkarakter,” ungkap Ter-Stegen.
Menurut Ter-Stegen, United adalah klub yang berbahaya. Karena itu, menurutnya tidak bijak bila nantinya Barcelona hanya bermain bertahan. Ter-Stegen pun berharap timnya bisa menciptakan peluang mencoba mencetak angka.
ADVERTISEMENT
“Mengontrol laga akan jadi kunci. Kami melihat mereka bisa mengontrol permainan. Kami ingin keluar dan menguasai laga seperti biasanya, mempertahankan apa yang kami lakukan di Old Trafford,” ungkap kiper berusia 26 tahun tersebut dari situs resmi Barcelona.
Lionel Messi dikepung Luke Shaw, Chris Smalling, Scott McTominay, dan Fred. Foto: Reuters/Lee Smith
Sementara penyerang United, Marcus Rashford mengaku percaya diri menyambut laga perempat final. Namun, dirinya tetap waswas lantaran menghadapi Barca tak sama dengan yang lainnya. “Itu tak seperti PSG, itu laga yang berbeda, atmosfer yang berbeda, itu benar-benar laga yang berbeda,“ ungkap Rashford.
"Kami bakal percaya diri, tapi bila kami ingin menang jelas dengan cara yang berbeda dari ketika di Paris. Buat kami, sekarang masa lalu harus dilupakan. Kami tahu sudah pernah melakukan (comeback) sebelumnya, tapi fokus harus pada bagaimana kami melakukannya lagi karena mereka tim yang kuat,” kata Rashford dilansir dari situs resmi United.
ADVERTISEMENT
Jelang laga tersebut, ada setidaknya lima pemain yang bakal diandalkan Barcelona dan Manchester United. Berikut lima nama tersebut.
1. Ousmane Dembele
Ousmane Dembele baik-baik saja, kok. (Foto: Reuters/Sergio Perez)
Setelah absen selama empat pertandingan lantaran cedera otot, Ousmane Dembele kembali fit untuk berlaga. Hal tersebut dipastikan ketika Dembele dimainkan kala menghadapi Huesca akhir pekan lalu. Kembalinya winger asal Prancis tersebut tentu jadi kekuatan tambahan yang penting buat Barca.
Setelah musim lalu tampil tak maksimal, Dembele mulai menunjukkan bakatnya sebagai salah satu winger terbaik di dunia. Dembele kini sudah berkontribusi terhadap 22 gol Barcelona, mencetak 14 dan memberi 8 assist. Sempat absen sebulan, Barca kehilangan ketajaman di sisi kiri. Namun, dengan kembalinya Dembele masalah tersebut bisa teratasi.
2. Fred
Fred Rodrigues, si 'Unsung Hero' United itu. Foto: Action Images via Reuters/John Sibley
Setelah tampil impresif pada leg pertama, Fred jadi pilihan utama kala bersua West Ham. Bermain jadi satu-satunya gelandang bertahan, menyusul Paul Pogba dan Juan Mata yang bermain lebih menyerang, gelandang asal Brasil tersebut pun unjuk kebolehan dengan gigih mengendalikan lini tengah.
ADVERTISEMENT
Ketika memegang bola, Fred bermain dengan baik. Tak kalah bila tanpa bola, gelandang berusia 26 tahun itu jago melakukan pressing. Fred kerap turun ke belakang membantu pertahanan dan jadi penggerak bola dengan tampil luwes di posisinya. Dirinya pun juga bisa jadi pembuka ruang kepada penyerang.
3. Luis Suarez
Luis Suarez sedang seret gol di Liga Champions. (Foto: Reuters/Juan Medina)
Memang Luis Suarez menuai banyak kritik musim ini di Liga Champions. Walau sudah mencetak 23 gol dan 12 assist di semua kompetisi, penyerang asal Uruguay tersebut masih saja tanpa gol di kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut. Usia yang menyentuh 32 tahun membuatnya tak secepat dan selincah dulu.
Namun, walau belum mencetak satu gol pun, Suarez punya peran penting kala menang di leg pertama kontra United. Tandukan Suarez yang tak terkawal sukses mengenai Luke Shaw yang akhirnya berbuah gol bunuh diri. Mantan penyerang Liverpool tersebut pun kerap berada di posisi berbahaya. Tak khayal bila dirinya jadi andalan Barca nanti.
ADVERTISEMENT
4. Paul Pogba
Pogba pada sebuah laga bersama Manchester United. (Foto: Peter Powell/Reuters)
Walau akhir pekan lalu mencetak dua gol, Paul Pogba masih dinilai tampil tidak maksimal. Pada leg pertama di Old Trafford, Pogba tak berkutik lantaran kekurangan ruang di lini tengah. Justru Scott McTominay dan Fred yang punya peran penting yang membuat United hanya kalah 1-0.
Merosotnya performa Pogba dirumorkan lantaran dirinya sudah tak betah berada di kota Manchester. Gelandang asal Prancis tersebut memang beberapa kali dikaitkan ke Real Madrid. Meski begitu, Pogba jelas masih jadi pemain terbaik Solskjaer. 16 gol dan 11 assist jadi bukti pentingnya peran Pogba. Bila maksimal, bisa saja Pogba buat United menang.
5. Lionel Messi
Messi mengeksekusi penalti di laga vs Madrid. Foto: Sergio Perez/Reuters
Pemain yang bakal paling diharapkan Barcelona jelas saja Lionel Messi. Selain jadi yang terbaik di kompetisi domestik, Messi juga jadi yang terbaik di Liga Champions. Penyerang Argentina tersebut sudah berkontribusi terhadap 64 gol dengan rincian 43 gol dan 21 assist. Artinya Messi berkontribusi dalam 58 persen keseluruhan gol Barca.
ADVERTISEMENT
Penyerang berusia 31 tahun tersebut memang agak goyah kala bermain di Old Trafford. Setelah benturan dengan Chris Smalling yang membuat hidungnya berdarah, Messi mengaku mengalami pusing. Walau begitu, dirinya tetap berkontribusi dengan melepas umpan matang yang jadi gol bunuh diri. Setelah diistirahatkan, Messi dikabarkan bakal siap kembali berlaga. (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan