Pencarian populer

5 Pemain Bintang yang Sukses Bangkitkan Timnas Belanda

Bintang yang sukses bangkitkan Timnas Belanda.

Belanda sukses tumbangkan juara dunia Prancis dengan skor 2-0, pada laga lanjutan UEFA Nations League, Sabtu (17/11/2018) dini hari WIB. Bermain di Stadion Feijenoord, Georginio Wijnaldum membuka keunggulan dengan tendangannya dalam kotak penalti, menit ke-44. Kemudian, Memphis Depay menutup dengan gol lewat tendangan ‘Panenka’ nya.

Kemenangan kandang tersebut merupakan yang kedua secara beruntun. Sebelumnya, Belanda sukses mengalahkan rival mereka, Jerman, dengan skor telak 3-0. Dengan itu, kini De Oranje telah sukses mencetak total lima gol dan belum kebobolan satu gol pun. Karena itu, skuat Ronald Koeman punya potensi besar melaju ke babak gugur.

Tampil dengan kombinasi seimbang antara pemain senior dan junior, Belanda sukses menaklukkan dua juara dunia, Jerman, dan Prancis. Terutama Prancis, pada pertandingan tersebut De Oranje sukses meredam permainan Les Bleus. Kylian Mbappe dan Blaise Matuidi tak berkutik dan Antoine Griezmann kesulitan tak dapat sokongan rekannya.

Lini tengah begitu dikuasai Georginio Wijnaldum dkk. Absennya Paul Pogba membuat Prancis hanya bisa pasrah, tak banyak melakukan pergerakan berarti dari lini tengah. Belanda benar-benar mengunci aliran bola armada Didier Deschamp.

Dengan hasil positif tersebut, banyak yang menilai Belanda perlahan mulai bangkit. Sebelumnya, diketahui Belanda gagal berpartisipasi di Piala Dunia 2018. Kala itu regenerasi De Oranje jadi sorotan lantaran masih memakai jasa pemain uzur. Kini, lima bulan berlalu segalanya berubah.

Sukses mengkombinasikan pemain muda dan senior secara merata, setidaknya ada lima pemain yang punya andil besar atas kebangkitan Timnas Belanda. Berikut kelima pemain yang dipercaya jadi pemain utama tersebut.

1. Denzel Dumfries

Denzel Dumfries menahan laju Timo Werner. (foto: Emmanuel Dunand/Getty Images)

Bintang muda PSV Eindhoven, Denzel Dumfries menjadi andalan baru pertahanan Timnas Belanda, terutama pada sisi kanan. Pemain berusia 22 tahun tersebut jago dalam melakukan penyerangan dan begitu solid ketika bertahan. Laga kontra Prancis adalah penampilan keduanya, tapi Dumfries sudah membuat publik terkesan.

Beberapa kali serangannya merobek sisi kiri pertahanan Prancis. Dengan kegesitan dan operan cepatnya, Dumfries bahkan nyaris memberi assist jika saja Ryan Babel bisa memaksimalkan peluang tersebut. Tak hanya itu, bahkan Matuidi pun dibuatnya ketar-ketir, tak bisa bergerak banyak di lini tengah.

2. Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum sang gelandang serba bisa. (foto: AFP/Getty Images)

Bersama Liverpool,Georginio Wijnaldum dipercaya Jurgen Klopp bermain sebagai gelandang deep-lying playmaker. Namun, menghadapi Prancis, dirinya lebih ditempatkan sebagai gelandang serang. Kembali ke posisi sejatinya, Wijnaldum membuat bek Prancis ketar-ketir. Satu gol pun akhirnya ia catatkan.

Jago menggiring bola maupun melakukan operan, dirinya kerap jadi ancaman wilayah pertahanan lawan. Kemampuannya ini jarang terlihat di level klub, di mana dia lebih berperan sebagai pemain bertahan. Sifat oportunistik membuat dirinya sukses mencetak gol kesepuluhnya dan jadi salah satu pilar kebangkitan De Oranje.

3. Frenkie de Jong

Frenkie de Jong, jendral lapangan tengah Belanda. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)

Sebagai gelandang bertahan serba bisa, Frenkie de Jong yang masih berusia 21 tahun dipercaya Ronald Koeman di skuat utama Belanda. Kepercayaan tersebut dibalasnya dengan performa ciamik di tiap laga. Berposisi sebagai gelandang bertahan, terkadang bek tengah, dirinya bisa jadi pengalir bola yang hebat.

Pertandingan kontra Prancis jadi bukti kematangan pemain Ajax tersebut. Frenkie bermain di kedalaman pada babak pertama, tepat di depan lini bertahan. Usai turun minum, dirinya lebih aktif membantu penyerangan. Sulit buat Prancis menghentikan dominasi lini tengahnya, malah Frenkie sukses menangi penalti di penghujung laga.

4. Ryan Babel

Ryan Babel dengan rambut merah mencolok. (foto: AFP)

Lama tak terdengar, Ryan Babel kini jadi salah satu pemain yang bangkitkan performa Timnas Belanda. Mantan pemain Liverpool ini sering kali merepotkan pertahanan lawan dengan pergerakannya. Babel yang bermain sebagai sayap kiri memberikan Benjamin Pavard hari buruk.

Bersama Memphis Depay, dirinya kerap kali menciptakan momen krusial. Babel punya beberapa kesempatan emas, salah satunya tendangan yang diblokir Hugo Lloris, meski pada akhirnya bola rebound diteruskan Wijnaldum. Bermain untuk Besiktas, pengalamannya tentu masih akan dibutuhkan skuat De Oranje.

5. Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt kala membela Timnas Belanda. (foto: Getty Images)

Bukan tanpa alasan Matthijs de Ligt yang masih 19 tahun dipercaya jadi kapten Ajax Amsterdam. Kepercayaan dirinya mengawal pertahanan Timnas Belanda patut diberi apresiasi lebih. Bersama bek yang lebih senior, Virgil van Dijk, De Ligt yang gesit dengan kemampuan tekel yang ciamik bermain begitu solid dan matang.

Dengan adanya De Ligt, Van Dijk hanya tinggal memastikan Giroud, Griezmann dan Mbappe tetap jinak. De Ligt bahkan bisa mengimbangi kecepatan Mbappe dan sukses memasukan striker Paris Saint Germain tersebut ‘kedalam kantong’. Tak heran jika dirinya jadi pemain yang paling diandalkan De Oranje saat ini. (bob)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: