Pencarian populer

5 Pemain Super-Sub yang Patut Dicontoh Todd Rivaldo Ferre

Laga penentuan Grup A Piala Asia U-19 2018 antara Timnas Indonesia U-19 vs Uni Emirate Arab akan dimainkan hari ini, Rabu (24/10/18), pukul 19.00 WIB. Laga yang akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini, tentunya banyak dinantikan oleh para pendukung Timnas. Apalagi kehadiran Todd Rivaldo Ferre, yang di laga vs Qatar kemarin, mencetak tiga gol.

Banyak yang menilai, Todd Rivaldo semestinya dimainkan sejak menit pertama bergulir. Namun, Indra Sjafri sempat menyatakan bahwa Todd lebih bagus bermain sebagai pemain pengganti. Sang pelatih juga menjelaskan dirinya sudah mencoba memainkan Todd sejak menit pertama, namun kurang efektif.

Keputusan Indra Sjafri memang tidak sepenuhnya salah. Justru dengan membangku cadangkan Todd Rivaldo, akan menyimpan tenaga pria berusia 19 tahun itu dan mengeluarkannya saat lawan mulai kelelahan. Todd Rivaldo yang memiliki kelincahan dalam pergerakan bola, akan membuat barisan pertahanan lawan sedikit kerepotan.

Bercermin dari sepak bola dunia. Setidaknya ada lima pemain pengganti terbaik yang patut dicontoh Rivaldo. Mereka yang datang dari bangku cadangan, justru mampu membawa timnya meraih kemenangan dan menjadi legenda.

1. Javier Hernandez

Javier 'Chicharito' Hernandez / Reuters

Pria berkebangsaan Mexico itu menjadi sorotan kala dirinya berseragam MU. Meski hanya beberapa musim bersama MU, namun dirinya berhasil mencatatkan namanya di tembok sejarah pertandingan penting MU.

Kerap di bangku cadangkan oleh Alex Ferguson. Cicharito, mampu memberikan sentuhan magis walau hanya sebesar kacang polong. Tehitung dirinya berhasil lebih produktif dengan mencatatkan sembilan gol selama 21 kali menjadi super-sub.

2. Tim Cahill

Tim Cahill (REUTERS/Edgar Su)

Tim Cahill adalah pemain yang berhasil menyelamatkan Australia pada Piala Dunia 2006. Dirinya juga dipuja setinggi langit oleh pelatih Guus Hiddink.

Kala itu, dirinya dimainkan setelah Australia tertinggal 1-0 dan hanya menyisakan 20 menit hingga peluit panjang terjadi. Namun, pemain Everton itu mampu mencetak dua gol dalam kurun waktu singkat dan menyelamatkan Australia dari kekalahan. Hal itu membuat Tim Cahill menjadi pahlawan karena memberikan kemenangan pertama Australia di Piala Dunia.

3. David Trezeguet

David Trezeguet (REUTERS/Alessandro Garofalo)

David Trezeguet telah menjadi seorang pemain dengan label super-sub di berbagai kesempatan, baik untuk Timnas Prancis dan juga saat dirinya membela Juventus.

Salah satu aksi Trezeguet sebagai super-sub yang paling diingat pecinta sepak bola di seluruh dunia adalah saat dirinya mencetak gol di menit tambahan laga final EURO 2000.

Trezeguet yang masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-76, mencetak gol yang membawa Timnas Prancis menjuarai Euro 2000.

4. Patrick Kluivert

Patrick Kluivert (REUTERS/Alessandro Garofalo)

Merupakan salah satu generasi emas yang sangat terkenal dari Ajax Amsterdam. Dia dikenal sebagai super-sub saat aksinya menaklukkan AC Milan di laga final Liga Champions musim 1994/95.

Kluivert yang kala itu baru dimainkan di menit ke - 70. Berhasil mencetak gol penentuan bagi Ajax dan selalu akan dikenang dalam sejarah klub. Dirinya berhasil mencetak gol yang membuat Ajax akhirnya Juara Liga Champions.

5. Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer (Foto: Daniel Mihailescu / AFP)

Pemain yang memiliki julukan “the Baby Face” ini adalah contoh yang paling terkenal di dunia sepak bola. Ia terkenal sebagai super-sub adalah saat laga final Liga Champions tahun 1999, Manchester United vs Bayern Munchen. Solskjaer masuk sebagai pemain pengganti menit ke-81 dan dia mencetak gol pembalik kemenangan di menit ke-93.

Pertandingan tersebut menjadi pertandingan bersejarah bagi MU yang kala itu berhasil menjuarai tiga kejuaraan sekaligus. (drm)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20