Bola & Sports
·
7 Desember 2019 12:22

5 Pemain Top yang Bakal Jadi Gratis di Bursa Transfer Musim Panas 2020

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
5 Pemain Top yang Bakal Jadi Gratis di Bursa Transfer Musim Panas 2020 (1228708)
searchPerbesar
Eriksen, bintang kesebelasan Denmark (Foto: Patrik Stollarz/AFP)
Memasuki Desember, artinya kompetisi di Eropa sudah berjalan hampir setengahnya. Bursa transfer musim dingin pun sudah dekat. Nantinya, beberapa klub kemungkinan merekrut beberapa pemain demi membenahi performa. Selain merekrut pemain, tiap klub bakal berusaha mempertahankan pemain yang kontraknya bakal habis.
ADVERTISEMENT
Tak seperti di Liga 1, klub-klub Eropa biasanya memberi kontrak jangka panjang kepada pemainnya yang rata-rata hingga 3-5 musim. Adapun pada bursa transfer musim panas di pertengahan tahun biasanya jadi saat kontrak pemain tersebut berakhir.
Namun, beberapa liga diperbolehkan melakukan prakontrak. Artinya, meski baru memasuki bursa transfer musim dingin, pemain yang kontraknya bakal habis berkemungkinan mencari klub baru bila memilih tak perpanjang kontrak.
Adapun bila gagal membujuk perpanjangan kontrak, nantinya klub bakal ditinggal secara gratis. Adapun beberapa nama besar saat ini dalam masa senja kontraknya bersama klub, bisa pergi secara gratis di bursa transfer musim panas nanti. Berangkat dari sana, berikut kelima nama tersebut.

1. Dries Mertens

5 Pemain Top yang Bakal Jadi Gratis di Bursa Transfer Musim Panas 2020 (1228709)
searchPerbesar
Pemain Napoli, Dries Mertens Foto: REUTERS/Stefano Rellandini
Selama tujuh musim bersama Napoli, Dries Mertens jadi salah satu penyerang terbaik di dunia. Dari 300 penampilan di semua kompetisi bersama Il Partenopei, pemain asal Belgia tersebut mencatatkan 117 gol dan 69 asis.
ADVERTISEMENT
Mengawali karier sebagai winger, produktivitas Mertens semakin meningkat sejak digeser ketengah. Tiga musim belakangan jadi bukti, ketika penyerang yang kini berusia 32 tahun tersebut mencetak dua digit gol.
Namun, musim ini bisa jadi yang terakhir buat Mertens di Napoli. Pasalnya, kontrak penyerang berpostur 169 sentimeter itu bakal habis di musim panas 2020 nanti. Bila hengkang, diprediksikan Mertens bakal jadi salah satu pemain gratis yang paling diincar.

2. Nemanja Matic

5 Pemain Top yang Bakal Jadi Gratis di Bursa Transfer Musim Panas 2020 (1228710)
searchPerbesar
Matic tidak akan lupakan Benfica. (Foto: Andrew Yates/Reuters)
Enam setengah musim Nemanja Matic sudah bermain sebagai penggawa tim utama di Liga Inggris. Bersama Chelsea, dirinya membuktikan diri sebagai salah satu gelandang bertahan top, dibuktikan dengan dua gelar Liga Inggris dan satu Piala FA.
Musim pertama di Manchester United pun Matic sukses tampil gemilang. Di bawah arahan Jose Mourinho, Matic membantu United finis di tempat kedua. Sayang, musim kedua dan hingga kini performanya kian merosot.
ADVERTISEMENT
Memasuki usia senja, Matic mulai sering cedera. Gelandang 31 tahun itu pun kehilangan kepercayaan dari Ole Gunnar Solskjaer lantaran tak kunjung fit. Kontraknya bakal habis musim panas mendatang, Matic dikabarkan dilirik Tottenham untuk direkrut cuma-cuma.

3. Thomas Meunier

5 Pemain Top yang Bakal Jadi Gratis di Bursa Transfer Musim Panas 2020 (1228711)
searchPerbesar
Thomas Meunier berselebrasi. Foto: Paul ELLIS / AFP
Bersama Paris Saint-Germain, Thomas Meunier telah menjadi bagian penting. Gemilangnya Meunier pun semakin disorot, ketika dirinya tampil luar biasa di ajang Piala Dunia 2018 bersama Timnas Belgia.
Sebagai bek kanan, Meunier terkenal piawai dalam bertahan maupun membantu penyerangan. Total di 114 penampilan bersama PSG, Meunier mencatatkan 13 gol dan 20 asis, capaian luar biasa buat seorang bek sayap.
Kini Meunier memang masih sebagai penggawa PSG, kecuali bila memutuskan tidak memperpanjang kontrak. Bakal habis pada musim panas 2020, bek asal Belgia tersebut bisa pergi dari PSG secara cuma-cuma.
ADVERTISEMENT

4. Toby Alderweireld

5 Pemain Top yang Bakal Jadi Gratis di Bursa Transfer Musim Panas 2020 (1228712)
searchPerbesar
Alderweireld di Liga Champions. (Foto: Ben Stansall/AFP)
Selain Meunier, bek asal Belgia lainnya juga berpotensi meninggalkan klub secara cuma-cuma. Sudah bersama tim yang saat ini dibelanya selama lima tahun, musim ini bisa jadi yang terakhir. Adapun pemain tersebut adalah Toby Alderweireld.
Bersama Tottenham Hotspur, selama ini dirinya jadi salah satu pemain paling penting. Adapun dirinya jadi salah satu kunci ketika Spurs sukses menembus final Liga Champions musim lalu. Sayangnya, kontrak Alderweireld dipastikan habis musim panas 2020.
Hingga kini belum ada tanda-tanda Alderweireld memperpanjang kontrak bersama Spurs. Meski begitu, bukan berarti Alderweireld tak punya peminat. Manchester United dikabarkan tertarik mendatangkan bek berusia 30 tahun tersebut.

5. Christian Eriksen

5 Pemain Top yang Bakal Jadi Gratis di Bursa Transfer Musim Panas 2020 (1228713)
searchPerbesar
Eriksen usai menghadapi Manchester United. (Foto: REUTERS/Andrew Yates)
Tak hanya Alderweireld, satu lagi pemain penting di Tottenham Hotspur dalam masa senja kontraknya bersama klub. Berbagai usaha telah dilakukan ‘The Lilywhites’ agar Christian Eriksen mau bertahan, tapi sejauh ini masih belum berbuah hasil.
ADVERTISEMENT
Adapun sejatinya kepergian Eriksen telah diberi lampu hijau oleh Pochettino, tapi dengan catatan mendatangkan pengganti yang sepadan. Namun, tak ada dana transfer yang cukup membuat Eriksen dipaksa bertahan.
Kini, kontrak gelandang serang asal Denmark tersebut bakal habis di panas 2020 nanti. Klub seperti Real Madrid dan Juventus pun sudah mengantri untuk mendapatkan tanda tangan pemain yang mencatat 294 penampilan, 68 gol, dan 88 asis tersebut bersama Spurs. (bob)