Pencarian populer

5 Pemain yang Masuk Daftar Belanja Maurizio Sarri Bersama Juventus

Kapten Inter Milan, Mauro Icardi, melepaskan tembakan saat timnya menghadapi Juventus. (Foto: Miguel Medina/AFP)

Setelah sukses jadi juara Liga Europa, Maurizio Sarri memutuskan hengkang dari Chelsea. Pelatih berusia 60 tahun tersebut kini kembali ke negara asalnya untuk melatih raksasa Serie A, Juventus. Resmi diumumkan ‘Si Nyonya Tua’ pada Minggu (16/6), pukul 20.00 WIB kemarin, kini Sarri sudah bisa mulai menyusun rencana untuk mencapai target.

Sebelumnya, kiprah Sarri di Chelsea cukup menuai respons campur aduk dari para fans. Si pelatih memang cukup berprestasi selama menukangi Chelsea. Namun, dirinya juga kerap menuai kritikan, terutama lantaran dianggap terlalu keras kepala dengan taktiknya.

Sarri memimpin Chelsea di final Liga Europa. Foto: Reuters/Phil Noble

Bersama Chelsea, Sarri menampilkan permainan menyerang yang atraktif, dengan hampir selalu lebih menguasai bola dari tim lawan. Awalnya taktik possession football ala Sarri Ball tersebut menuai pujian, tapi hasil buruk yang menyusul kemudian mulai mendatangkan hujan kritik buat pelatih asal Italia tersebut.

Salah satu kritik yang paling sering diterima Sarri yaitu kala keputusannya menempatkan N’Golo Kante di posisi yang tak semestinya. Memainkan Jorginho di posisi gelandang bertahan, Kante pun digeser oleh Sarri ke tempat yang lebih menyerang. Alhasil, permainan gelandang asal Prancis tersebut dianggap tak maksimal.

Kini bersama Juventus, kemungkinan Sarri bakal membawa taktik yang diterapkannya kala melatih Chelsea dan Napoli. Namun, materi pemain yang kini dimiliki Juventus dinilai kurang pas untuk memainkan skema possession football ala Sarri Ball, yang notabene merupakan favoritnya tersebut.

Karena itu, berikut lima pemain yang bisa diboyong Sarri untuk memuluskan taktik yang bakal diterapkannya.

1. Adrien Rabiot

Rabiot di laga vs Real Madrid. (Foto: REUTERS/Paul Hanna)

Sejak tengah musim lalu, Adrien Rabiot jadi incaran beberapa raksasa Eropa usai berkonflik dengan klubnya saat ini Paris Saint-Germain. Bukan tanpa alasan dirinya diperebutkan. Masih berusia 24 tahun, Rabiot dinilai sebagai sosok gelandang komplit. Baru-baru ini Buffon bahkan menyebut dirinya seperti gabungan dari Pogba, Vidal dan Marchisio.

Nantinya, Rabiot dinilai bakal cocok untuk bermain dalam tim Maurizio Sarri. Merupakan gelandang versatil, punya kemampuan menyerang dan bertahan yang seimbang, Rabiot bisa beroperasi sebagai gelandang tengah yang menyerang seperti peran Kante dan Kovacic di Chelsea.

2. Jorginho

Jorginho tampil sebagai pemain pengganti di laga vs Malmoe. Foto: Reuters/Tony O'Brien

Jadi andalan taktik Sarri Ball kala bersama Napoli, Jorginho pun dibawa Sarri ketika musim lalu pindah ke Chelsea. Bermain sebagai gelandang bertahan bersama ‘The Blues’, gelandang asal Italia tersebut pun kembali jadi inti dari skema favorit manajer berusia 60 tahun tersebut.

Walau kerap menuai kritik lantaran membuat Kante ditempatkan sebagai gelandang serang, Jorginho tetap jadi pilihan utama dan melaksanakan tugasnya dengan cukup baik. Kini, hengkangnya Sarri membuat Jorginho kemungkinan tak mendapat tempat bersama Chelsea. Karena itu, bukan pilihan yang buruk bila Sarri kembali merekrutnya.

3. Marquinhos

Marquinhos kecewa. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)

Kini Juventus memang masih merupakan salah satu tim dengan pertahanan terbaik di dunia. Dikawal pemain seperti Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, ‘Si Nyonya Tua’ seakan tak butuh lagi untuk mendatangkan bek tengah. Namun, Sarri tetap disarankan untuk membeli satu bek lagi dan yang paling memungkinkan adalah Marquinhos.

Hengkangnya Mehdi Benatia di tengah musim dan Andrea Barzagli yang memutuskan pensiun membuat Juve tak punya banyak pilihan bek tengah. Hanya ada Daniele Rugani yang jadi sosok bek tengah pelapis. Kini, Sarri pun menargetkan Marquinhos di bursa transfer musim panas. Bek PSG tersebut kini punya nilai transfer 65 juta euro.

4. Mauro Icardi

Icardi saat laga kontra Atalanta. (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Konflik dengan Inter Milan membuat Mauro Icardi diasingkan dari klub. Minta pindah lantaran tak diberi kontrak baru, penyerang asal Argentina tersebut pun dicopot dari jabatannya sebagai kapten dan hanya jadi penghangat bangku cadangan di hampir separuh musim 2018/19.

Menatap musim baru, Icardi yang tak terpilih masuk skuat Argentina untuk berlaga di Copa America 2019 akhirnya hanya bisa menunggu klub baru datang. Sempat jadi alat barter untuk memuluskan transfer Romelu Lukaku, tawaran tersebut kemudian ditolak pihak Manchester United. Kini, Icardi pun dikabarkan jadi pemain bidikan Sarri.

5. Federico Chiesa

Federico Chiesa merayakan gol bersama Vitor Hugo. (Foto: Getty Images/Gabriele Maltinti)

Bisa dibilang Federico Chiesa merupakan bakat paling menjanjikan yang dimiliki Italia dalam beberapa tahun terakhir. Beroperasi sebagai sayap, Chiesa merupakan sosok yang jarang dilahirkan Negeri Menara Pisa tersebut. Punya kecepatan, teknik, serta semangat besar membuat Chiesa jadi sosok ideal untuk bermain di posisi sayap.

Terbaru kala menghadapi Spanyol di Piala Eropa U-21, Chiesa sukses mencetak brace. Salah satu golnya mempertunjukkan kemampuan sentuhan utama yang luar biasa, dilanjutkan dengan dribel cepat serta teknik tembakan yang hebat.

Pemain kepunyaan Fiorentina tersebut sejatinya memang target Sarri saat di Chelsea. Terkenal gemar menggunakan pemain sayap berkecepatan tinggi, Chiesa pun dinilai bakal cocok dalam taktik Sarri. Kini, Juventus yang sempat meminati winger berusia 21 tahun itu bisa semakin serius untuk memboyongnya ke Allianz Stadium. (bob)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57