Pencarian populer

5 Pemain yang Pernah Berseragam Barcelona dan Manchester United

Alexis Sanchez saat bersama Barcelona. (Foto: Lluis Gene/AFP)

Liga Champions bakal kembali tengah pekan ini. Kini sudah memasuki babak perempat final, salah satu pertandingan yang akan jadi sorotan adalah Barcelona menghadapi Manchester United. Laga pertama bakal dilakoni di Old Trafford, pada Kamis (11/4/2019) pukul 02.00 WIB.

Musim ini Barcelona punya peluang besar meraih trofi Liga Champions. Terakhir menang pada tahun 2015 silam, setelah itu ‘trofi kuping lebar’ tak pernah lagi mendarat di Camp Nou. Sementara ‘Setan Merah’ yang baru mempermanenkan Ole Gunnar Solskjaer tentu ingin melakukan pembuktian bersama manajer anyar mereka.

Baik Barcelona dan Manchester United termasuk dua tim terbesar sepanjang masa. Barcelona jadi raksasa yang mendominasi Liga Spanyol dan tentu jadi kebanggaan publik Catalunya. Sedangkan United bisa dibilang klub paling sukses di Liga Inggris dengan koleksi total 20 trofi liga, menjadikan mereka klub paling ternama di dunia..

Keduanya pun diperkuat beberapa pemain top dunia. Armada Ernesto Valverde punya pemain sekaliber Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Sedangkan United tak kalah dengan pemain seperti Paul Pogba, Marcus Rashford, Anthony Martial dan Ander Herrera.

Walau tak banyak, ternyata tercatat beberapa pemain bintang sempat bermain untuk kedua klub tersebut. Setidaknya ada lima pemain yang pernah berseragam Barcelona dan Manchester United. Berikut nama-nama tersebut dirangkum dari sejak tahun 2000-an as we jelang pertemuan keduanya di Liga Champions tengah pekan nanti.

1. Victor Valdes

Victor Valdes saat berlatih bersama Barcelona. (Foto: LLUIS GENE / AFP)

Merupakan produk asli La Masia, Victor Valdes sukses menembus tim utama Barcelona pada masa keemasan akhir tahun 2000-an dan awal tahun 2010-an. Sudah tiga gelar Liga Champions dan 5 Liga Spanyol yang dimenangkan Valdes. Walau kerap disebut terlalu medioker buat Barca, Valdes membuktikan diri dan jadi pilihan utama dalam 535 laga.

Selama 12 musim Valdes bersama tim utama Barcelona. Kemampuannya menghentikan bola menuai pujian. Selain itu Valdes juga mengarahkan pertahanan dengan baik agar gawang Barcelona tak kebobolan. Namun, kehadiran Claudio Bravo serta keinginan mencari tantangan baru membuatnya minggat ke Manchester United, tapi hanya tampil dua kali.

2. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez pada pertandingan menghadapi Valencia. Foto: Reuters/Phil Noble

Setelah musim yang luar biasa bersama Udinese, Alexis Sanchez diboyong Barcelona pada musim panas 2011 dengan mahar 26 juta euro. Penyerang asal Chile tersebut punya kemampuan olah bola yang hebat dan kerap mencetak gol di saat-saat krusial. Alexis Sanchez pun jadi salah satu penyerang terbaik di dunia, menang satu gelar Liga Spanyol.

Walau sukses mencetak 47 gol dari 141 laga, hanya tiga musim kebersamaan Sanchez bersama Blaugrana. Harus bersaing dengan David Villa dan Pedro membuat Sanchez tidak bermain di posisi aslinya. Alhasil Sanchez pindah ke Arsenal dan ternyata sukses besar. Musim dingin tahun lalu Sanchez pindah ke Manchester United, tapi hingga kini belum punya peran yang signifikan.

3. Henrik Larsson

Henrik Larsson (Foto: Sven Nackstrand/AFP)

Sebelum nama Zlatan Ibrahimovic mencuat, Swedia punya Henrik Larsson sebagai penyerang top. Terkenal saat masa-masa bermainnya untuk Celtic, Larsson juga sempat membela Barcelona dan Manchester United. Dirinya membela Blaugrana pada tahun 2004 silam dan United pada tahun 2007 sebagai pinjaman.

Walau hanya dua musim, Larsson membantu Barca menang 1 Liga Champions dan 2 Liga Spanyol dengan mencetak 19 gol dalam 59 penampilannya. Sedangkan bersama ‘setan merah’ bermain dengan Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, dan Wayne Rooney, Larsson mencetak 3 gol dari 13 laga, walau usianya sudah 35 tahun. Dirinya menang Liga Inggris sebelum masa pinjamannya berakhir.

4. Gerard Pique

Pique, salah satu corong masyarakat Catalunya. Foto: Reuters/Sergio Perez

Jauh sebelum Gerard Pique jadi bek kelas dunia seperti sekarang, dirinya sempat diboyong oleh United dari La Masia pada tahun 2004 silam. Namun, Pique gagal mendapatkan tempat di skuat utama United yang kala itu sudah punya Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand di posisi bek tengah.

Hanya bermain 12 kali selama empat musim, satu kali dipinjamkan ke Zaragoza, Pique pun memutuskan kembali ke Barcelona. Sejak itu bersama Carles Puyol Pique berkembang pesat dan jadi salah satu bek terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Pique telah menang 3 gelar Liga Champions dan 7 Liga Spanyol Barcelona dan bermain 487 laga dengan mencetak 46 gol.

5. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic yang kontradiktif. (Foto: Istimewa)

Kedatangan Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona jadi sorotan pada musim panas 2009 lalu. Pasalnya, 59 juta paun ditambah Samuel Eto’o jadi mahar untuk memboyong penyerang asal Swedia tersebut dari Inter Milan. Harapan besar tentu diberikan kepada Ibrahimovic kala itu, tapi dirinya justru bertahan tak sampai dua musim.

Walau pada debut musimnya mencetak 22 gol dalam 46 penampilan dan sukses menang Liga Spanyol, hubungan Ibra dengan Pep Guardiola dikabarkan tidak baik. Beberapa tahun kemudian, setelah sukses bersama AC Milan dan PSG, Ibra menjajal peruntungan di Liga Inggris bersama Manchester United.

Walau kala itu usianya sudah 35 tahun, Ibra membantu United yang di bawah arahan Jose Mourinho menang Liga Europa dan Piala Liga Inggris. Penyerang andalan Timnas Swedia tersebut bahkan jadi ujung tombak klub, mencetak 29 gol dalam 53 pertandingan. Sayang cedera membuatnya hengkang dari kota Manchester ke LA Galaxy. (bob)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23