kumparan
6 September 2019 14:38

5 Pembelian Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2019

Griezmann akan mengenakan nomor punggung 17 di Barcelona. Foto: LLUIS GENE / AFP
Bursa transfer musim panas telah berakhir. Beberapa pemain anyar yang sebelumnya diboyong demi membenahi tim sudah berkiprah di klub barunya masing-masing. Ada pun di antara para pemain tersebut, beberapa perlu mahar yang besar untuk bisa pindah ke klub baru. Bahkan, mereka bisa sampai masuk jajaran pemain termahal di dunia.
ADVERTISEMENT
Romelu Lukaku misalnya. Penyerang asal Belgia tersebut jadi salah satu pemain termahal di bursa transfer musim panas ini, usai ditebus Inter Milan dengan harga 65 juta euro. Lukaku pun akhirnya jadi pemain termahal keempat sepanjang sejarah di Serie A. Hasilnya sejauh ini tak mengecewakan, usai dirinya mencetak dua gol di dua laga awal.
Sementara di Liga Inggris, Manchester City yang sejak era Sheikh Mansour memang gemar belanja dengan dana besar, kini mendatangkan Rodrigo Hernandez dengan mahar 70 juta euro. Mantan gelandang bertahan Atletico Madrid tersebut memang merupakan sosok yang tengah dibutuhkan Pep Guardiola, mengingat hanya ada Fernandinho di posisi tersebut.
Tak hanya Pep yang memperkuat tim dengan dana besar, mengingat mantan klubnya, Barcelona juga melakukan hal yang sama. Blaugrana sukses mengamankan Frenkie de Jong dengan mahar 75 juta euro sejak musim dingin 2019 kemarin. Gelandang asal Belanda tersebut kemudian baru bergabung di bursa transfer musim panas.
ADVERTISEMENT
Adapun dua pemain, yang satu berkebangsaan Prancis dan satu lagi bermain di Liga Prancis, yaitu Lucas Hernandez dan Nicolas Pepe sama-sama masuk daftar pembelian termahal dengan mahar 80 juta euro. Adapun Hernandez bergabung dengan raksasa Jerman Bayern Muenchen, sementara Pepe dengan tim Liga Inggris Arsenal.
Meski nama-nama yang disebutkan barusan sudah punya harga yang membuat mereka masuk daftar pemain termahal dunia, ternyata masih ada setidaknya lima pemain lagi yang jadi pembelian termahal di bursa transfer musim panas 2019 ini. Berangkat dari sana, berikut lima nama tersebut.
  1. Matthijs de Ligt
De Ligt cetak gol bunuh diri ke gawang Juventus. Foto: Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Sempat jadi rebutan berbagai klub top Eropa, Matthijs de Ligt akhirnya memilih Juventus sebagai tempat berlabuh. Sebelumnya, bukan tanpa alasan De Ligt jadi rebutan klub raksasa. Pasalnya, bek berusia 20 tahun tersebut sukses jadi kunci buat Ajax lolos ke semifinal Liga Champions.
ADVERTISEMENT
Kapten Ajax Amsterdam tersebut kemudian didatangkan ke Juventus dengan mahar 85,5 juta euro. Harga tersebut membuat De Ligt menjadi bek termahal kedua di dunia sekaligus jadi yang termahal ketiga di Serie A. Sejauh ini, De Ligt memang belum menunjukkan performa memukau, tapi dirinya yang masih muda tentu bakal semakin berkembang.
  1. Harry Maguire
Harry Maguire berpose bersama pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Foto: Twitter/@Manutd
Sejak Liverpool memboyong Virgil van Dijk dengan mahar 84,5 juta euro dan terbukti sukses, beberapa klub mulai berani menggelontorkan dana besar untuk membeli seorang bek. Setelah Matthijs de Ligt ke Juventus, Manchester United memboyong Harry Maguire seharga 87 juta euro dari Leicester City, membuatnya jadi yang termahal di dunia.
Selain jadi bek termahal di dunia, bek tengah berusia 26 tahun tersebut juga jadi pembelian terbesar oleh klub Liga Inggris di bursa transfer musim panas 2019. Melakoni debut saat menggilas Chelsea 4-0, Maguire sukses menambah kualitas pertahanan United, meski dalam beberapa pekan terakhir membuktikan dirinya masih butuh adaptasi.
ADVERTISEMENT
  1. Eden Hazard
Eden Hazard saat pertama kali diperkenalkan Real Madrid. Foto: REUTERS/Sergio Perez
Setelah sukses bersama Chelsea selama tujuh musim, mencatatkan 110 gol dan 92 asis dari 352 pertandingan, Eden Hazard akhirnya memutuskan mencari tantangan baru dengan pindah ke Real Madrid. Sebesar 100 juta euro jadi nilai yang dikeluarkan Madrid untuk mendatangkan pemain berusia 28 tahun tersebut.
Kedatangan Hazard dengan harga yang fantastis membuatnya jadi pemain termahal sepanjang sejarah klub. Gelandang serang kelahiran Belgia tersebut juga sukses menempati posisi delapan sebagai pemain termahal sepanjang masa. Belum bermain lantaran masih cedera, tentu kiprah Hazard dengan seragam Madrid sudah dinantikan.
  1. Antoine Griezmann
Antoine Griezmann di laga debutnya sebagai pemain Barcelona. Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Erat diberitakan hengkang setelah membuat video pernyataan ingin pindah, Antoine Griezmann akhirnya resmi juga berseragam Barcelona. Melalui negosiasi yang alot dan panjang, penyerang asal Prancis tersebut akhirnya didatangkan Blaugrana dari Atletico Madrid dengan mahar 120 juta euro.
ADVERTISEMENT
Harga tersebut membuat Griezmann jadi yang termahal ketiga sepanjang sejarah tim, hanya kalah dari Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele. Selain itu, Griezmann juga sukses jadi pemain termahal kedua di bursa transfer musim panas ini. Adapun sejauh ini, mantan penyerang Real Sociedad tersebut sudah tampil tiga kali di Liga Spanyol, mencetak dua gol.
  1. Joao Felix
Joao Felix jadi bintang kemenangan Benfica atas Eintracht Frankfurt. Foto: Reuters/Pedro Nunes
Kepergian Antoine Griezmann ke Barcelona membuat Atletico mencari penggantinya. Penyerang muda andalan Benfica, Joao Felix kemudian jadi nama yang dipilih Los Rojiblancos. Mahar sebesar 126 juta euro kemudian digelontorkan demi memboyong pemain berusia 19 tahun tersebut.
Harga tersebut membuat Felix jadi pemain termahal ketiga di dunia, hanya kalah dari Kylian Mbappe dan Neymar. Musim lalu dirinya memang tampil gemilang, mencatatkan 20 gol dan 11 asis. Meski harganya begitu mahal, Felix kemudian membuktikannya dengan performa gemilang di tiga laga awal Atletico, mengemas 1 gol dan 1 asis. (bob)
ADVERTISEMENT
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan