Pencarian populer

5 Potensi Laga Seru pada Perempat Final Liga Champions 2018/19

Gol Ronaldo (kiri) ke gawang Atletico Madrid. Foto: REUTERS/Massimo Pinca
Drama dan hujan gol tersaji pada Liga Champions babak 16 besar. Kini, sudah melalui dua leg, kompetisi paling bergengsi di Eropa itu menyisakan delapan tim terbaik yang bakal berlaga di perempat final.
ADVERTISEMENT
Ajax jadi tim pertama yang memastikan tiket ke babak selanjutnya usai secara mengejutkan mendepak Real Madrid. Setelah leg pertama di Johan Cruyff Arena kalah 2-1, pada leg kedua di Santiago Bernabeu ‘Godenzonen’ membalasnya dengan kemenangan telak 4-1 dari ‘Los Blancos’.
Rival El Real, Barcelona punya nasib yang kontras usai menggilas Olympique Lyonnais dengan skor 5-1. Hasil tersebut sekaligus memastikan satu tiket ke perempat final buat Lionel Messi dan kawan-kawannya, setelah pada pertandingan leg pertama kedua tim bermain imbang 0-0.
Hanya Barcelona klub dari Liga Spanyol yang lolos ke perempat final, usai Juventus secara dramatis memulangkan Atletico Madrid. Tertinggal dua gol di Wanda Metropolitano, ‘si nyonya tua’ membalas dengan tiga gol, semuanya diborong Cristiano Ronaldo dengan mencetak hattrick ke gawang ‘Los Rojiblancos’.
Kane usai mencetak gol ke gawang Spurs. Foto: Reuters/Andrew Couldridge
Sementara itu, untuk pertama kali sejak musim 2008/09 empat wakil Inggris bisa lanjut ke perempat final Liga Champions. Uniknya, tiga di antaranya menumbangkan semua perwakilan Jerman.
ADVERTISEMENT
Tottenham Hotspur secara tak terduga mendepak Borussia Dortmund dengan agregat skor 4-0. Sementara Manchester City menghantam Schalke 04 7-0 pada leg kedua, agregat jadi 10-2 usai leg pertama berakhir 3-2. Sedangkan Liverpool, walau imbang 0-0 di Anfield, kala bertandang ke Allianz Stadium sukses menang 1-3.
Melengkapi keempat tim Liga Inggris, sebelumnya Manchester United secara dramatis mengusir Paris Saint-Germain dari kompetisi. Kalah dua gol di Old Trafford, United membawa misi berat kala bertandang ke markas PSG. Namun, ‘Setan Merah’ malah menang 3-1, berkat dua blunder dari penggawa ‘Les Parisiens’.
Ada pun Porto yang secara mengejutkan menuntaskan perjalanan AS Roma mengejar ‘kuping lebar’. Dua leg sama-sama berakhir 2-1, laga pun dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Penalti Alex Telles menit ke-117 memastikan tiket Porto ke babak berikutnya.
Selebrasi para pemain FC Porto. Foto: REUTERS/Miguel Vidal
Tak seperti babak 16 besar, kini klub yang berada pada grup atau negara yang sama boleh saling bertemu. Karena itu, ada potensi klub Liga Inggris bakal saling hantam. Juventus dan Manchester United yang satu grup pun bisa saling bertemu.
ADVERTISEMENT
Babak perempat sekaligus bakal diundi pada Jumat (15/03) pukul 18.00 WIB, di markas UEFA, Nyon, Swiss. Pengundian juga termasuk untuk laga semifinal nanti. Berangkat dari sana, berikut lima potensi laga seru pada perempat final Liga Champions yang bakal diselenggarakan 9 dan 10 April 2019 nanti.
1. Barcelona vs Ajax Amsterdam
Selebrasi sejumlah pemain FB Barcelona usai mencetak gol ke gawang Olympique Lyon dalam Leg kedua Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Foto: REUTERS/Susana Vera
Sejauh ini Barcelona memang melaju dengan mulus. Raksasa Catalunya tersebut sukses membungkam Lyon 5-1. Pada babak grup pun, walau tergabung bersama tim-tim kuat, Barcelona lolos sebagai pemuncak klasemen.
Walau begitu bukan berarti Barcelona tanpa kelemahan. Performa armada Ernesto Valverde belakangan bergantung kepada Lionel Messi. Bila sang mega bintang cedera atau tidak maksimal, bukan tak mungkin Barca terpeleset, seperti kontra Lyon pada leg pertama.
ADVERTISEMENT
Bila bertemu Ajax tentu bakal menarik. Pasalnya, musim ini si wakil Belanda tengah menjalani musim terbaik di Liga Champions sejak tahun 1996 silam. Kala itu “Godenzonen” melaju hingga partai final dan kalah dari Juventus.
Berbekal kombinasi yang pas antara bintang muda dan pemain senior seperti Matthijs de Ligt, Hakim Ziyech, David Neres, dan Dusan Tadic, serta pemain masa depan Barcelona Frenkie de Jong, tentu laga akan menarik disaksikan. Terlebih kedua tim punya karakteristik permainan yang sama.
2. Manchester City vs Barcelona
Maxwel Cornet berduel dengan Aymeric Laporte. (Foto: REUTERS/Phil Noble)
Bila bertemu Barcelona, Pep Guardiola yang kini melatih Manchester City bakal reuni. Seperti yang diketahui, musim tersukses sepanjang karier Pep yaitu kala melatih raksasa Catalunya tersebut. Dua kali treble pada musim 2008/09 dan 2010/11, pelatih berkepala plontos tersebut juga sempat menang enam trofi dalam satu tahun kalender.
ADVERTISEMENT
Bersama Manchester City, Pep sukses mentransformasikan klub asal kota Manchester menjadi tim yang bermain dengan tiki-taka. Bahkan, bisa dibilang saat ini ‘The Citizens’ tampil lebih ‘Barcelona’ ketimbang Barcelona sendiri. Tentu yang bakal paling menarik melihat Pep menghadapi monster yang diciptakannya sendiri, bernama Lionel Messi.
3. Liverpool vs Manchester United
Liverpool terlalu mengandalkan individu. Foto: Reuters/Phil Noble
Di Liga Inggris, laga yang bertajuk North-West Derby jadi salah satu yang paling ditunggu tiap musimnya. Mempertemukan dua klub tersukses di Inggris, Liverpool dan Manchester United, laga selalu menjanjikan atmosfer yang panas.
Menariknya, tiap musim laga bisa berpengaruh pula pada persaingan perebutan gelar. Seperti musim ini, pada pertemuan terakhir Liverpool jadi tersendat usai imbang dari rival abadinya tersebut. Walau sudah bersaing sejak lama, keduanya belum pernah bertemu di Liga Champions.
ADVERTISEMENT
Pertemuan keduanya di kompetisi Eropa hanya dua kali, yaitu pada babak 16 besar Liga Europa tahun 2016 silam. Kala itu Liverpool menang 2-0 di Anfield dan United ditahan imbang 1-1 di Old Trafford. Tentu akan menarik nantinya melihat kedua tim tersebut bertemu untuk pertama kalinya di kompetisi paling bergengsi di benua biru.
4. Manchester City vs Liverpool
Liverpool kala bersua Manchester City di perempat final Liga Champions musim 2017/18. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Bersaing dengan ketat di Liga Inggris saat ini, Manchester City yang berada di puncak klasemen kini tengah unggul satu poin dari Liverpool sebagai runner-up. Keduanya sudah saling bertemu sebanyak dua kali di liga, pada laga pertama imbang 0-0 dan pada pertemuan kedua dimenangkan City dengan skor 2-1.
Menarik nantinya bila Manchester City dan Liverpool bertemu di perempat final, mengingat tepat musim lalu keduanya juga bertemu di babak yang sama. Kala itu, Juergen Klopp sukses membawa anak asuhnya menang di kedua leg dengan skor 2-1. Alhasil armada Pep harus pulang dengan agregat 4-2.
ADVERTISEMENT
5. Juventus vs Barcelona
Siapa yang akan jadi pemenang? (Foto: Reuters/Giorgio Perottino)
Bila Barcelona bertemu dengan Juventus, artinya dua mega bintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bakal kembali bersua. Sebelumnya diketahui Ronaldo memutuskan hengkang dari Real Madrid ke Juventus musim panas lalu. Alhasil dua El Clasico di Liga Spanyol musim ini harus tanpa duel Messi dan Ronaldo.
Musim ini, Juventus dan Barcelona sama-sama menguasai kompetisi domestik. Sudah gugur di Piala Italia, ‘I Bianconeri’ bisa dipastikan menang liga, usai sudah unggul 18 poin dari runner-up, Napoli. Sedangkan ‘Blaugrana’ tak sejauh itu dalam jarak di klasemen, tapi mereka masih bisa menang Piala Spanyol, tinggal menghadapi Valencia di babak final.
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol Juventus ke gawang Atletico Madrid. Foto: Alberto Lingria/Reuters
Bila bertemu di perempat final laga bisa dipastikan bakal seru. Kedua tim punya sejarah pertemuan dan cukup sengit. Musim lalu, sempat imbang 0-0, Barca menang dari Juve dengan skor 3-0 pada fase grup. Musim sebelumnya lagi, 2016/17, Juve menumbangkan Barca di perempat final dengan agregat 3-0. (bob)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85