kumparan
30 November 2019 17:00

5 Statistik Menarik Jelang Chelsea vs West Ham di Liga Inggris

Untitled Image
Mason Mount dan Tammy Abraham merayakan gol Jorginho. Foto: Reuters/Andrew Couldridge
Laga bertajuk Derby London yang mempertemukan Chelsea dengan West Ham United bakal tersaji pada pekan ke-14 Liga Inggris 2019/20, Sabtu (30/11) pukul 22.00 WIB, di Stamford Bridge.
ADVERTISEMENT
Chelsea jelas punya misi bangkit dari kegagalan menang di dua laga terakhir. Skuad arahan Frank Lampard tersebut takluk 2-1 dari Manchester City, kemudian ditahan imbang Valencia 2-2 pada tengah pekan lalu. Kini ‘The Blues’ berada di posisi empat dengan koleksi 26 poin dari 13 pertandingan.
Nantinya klub asal London Barat tersebut bakal dipastikan tanpa tiga pilarnya, yakni Tammy Abraham yang terpapar cedera di laga kontra Valencia, Ruben Loftus-Cheek yang masih cedera panjang, dan Antonio Rudiger yang terkendala masalah kebugaran.
Selain tiga nama tersebut, Ross Barkley dan Callum Hudson-Odoi juga masih diragukan untuk tampil. Nama pertama sebelumnya mengalami cedera engkel, sementara yang disebutkan belakangan terpapar hamstring.
Sementara West Ham berambisi memperbaiki posisi di papan klasemen. Klub berjuluk ‘The Irons’ itu kini menempati peringkat 17 klasemen, baru mengoleksi 13 poin dari 13 pertandingan. Kabarnya, bila West Ham gagal memperoleh poin di laga Derby London ini, Manuel Pellegrini bisa saja kehilangan pekerjaannya.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, sejak menang 2-0 atas Manchester United, tim besutan Pellegrini tersebut merasakan tujuh laga tanpa kemenangan, imbang dua dan kalah lima kali. Hasil tersebut termasuk kekalahan di dua Derby London, kontra Crystal Palace 1-2 dan menghadapi Tottenham Hotspur 2-3.
Misi Pellegrini menyelamatkan kariernya pun semakin berat. Pasalnya, kiper andalan tim Lukasz Fabianski masih belum pulih dari cedera pinggang. Dua gelandang tim utama, Manuel Lanzini dan Jack Wilshere, juga masih harus menepi. Belum lagi Issa Diop yang terkena akumulasi kartu.
Bakal mempertemukan dua rival sekota yang punya motivasi berbeda untuk menang, berikut lima statistik menarik jelang laga Derby London Chelsea menghadapi West Ham United.

1. Chelsea 13 laga beruntun tanpa kekalahan menjamu West Ham

Untitled Image
Hazard dikepung empat pemain West Ham. Foto: Reuters/Tony O'Brien
Bakal menghadapi West Ham di Stamford Bridge, Chelsea membawa modal berharga. Pasalnya, skuad yang kini ditangani Frank Lampard itu tak terkalahkan di 13 laga kandang beruntun menjamu ‘The Irons’.
ADVERTISEMENT
Terakhir kali Chelsea kalah di depan publik sendiri ketika menghadapi West Ham terjadi pada September 2002, yaitu dengan skor 1-2. Adapun selanjutnya, Chelsea menang sembilan dan imbang empat kali menghadapi West Ham.

2. West Ham cuma menang sekali di tujuh laga lawan Chelsea

Untitled Image
Selebrasi Michail Antonio. Foto: Reuters/Paul Childs
Bakal melakoni Derby London ketiga musim ini, menghadapi Chelsea, West Ham membawa catatan minor. Klub asal London Timur tersebut cuma mencatatkan satu kemenangan dari tujuh kesempatan menghadapi wakil dari London Barat.
Adapun tiga kali West Ham takluk dari Chelsea, sedangkan tiga lagi berakhir imbang. Satu-satunya kemenangan Mark Noble dan kolega atas Chelsea yaitu pada Desember 2017 silam, dengan skor 1-0.

3. Chelsea menang dan clean sheet di tiga laga kandang terakhir

Untitled Image
Selebrasi pemain Chelsea usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace. Foto: Reuters/Tony O'Brien
Setelah di tiga laga kandang awal musim gagal meraih kemenangan, dua kali imbang dan sekali kalah, Chelsea sukses menyapu bersih tiga laga kandang terakhir. Tak hanya itu, Tammy Abraham dan kolega juga sukses menjaga rekor clean sheet.
ADVERTISEMENT
Konon, Chelsea tak pernah menang di kandang sambil menjaga rekor clean sheet dalam empat laga beruntun sejak Januari 2015. Kala itu, Chelsea mencatatkan lima kemenangan kandang dengan clean sheet secara beruntun, laga keempat menghadapi West Ham.

4. West Ham tanpa kemenangan di tujuh laga terakhir

Untitled Image
Nemanja Matic di laga melawan West Ham United. Foto: Andrew Couldridge
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Manuel Pellegrini dalam posisi genting lantaran West Ham sudah tak menang di tujuh laga beruntun, kalah di tiga laga terbaru. Tak hanya itu, mereka juga kalah dengan total kemasukan tiga gol atau lebih.
Sebelumnya, West Ham dua kali mencatatkan rekor buruk empat kekalahan beruntun dengan skor lebih dari tiga gol, yaitu 2010 dan 2016. Bila nanti kalah telak atas Chelsea, artinya West Ham jadi tim pertama yang takluk di tiga kali di empat laga beruntun sepanjang klub berdiri.
ADVERTISEMENT

5. London Derby Chelsea yang ke-250

Untitled Image
Frank Lampard menenangkan para pemainnya. Foto: REUTERS/Phil Noble
Laga menghadapi West Ham bakal jadi Derby London ke-250 buat Chelsea di Liga Inggris. Total ‘The Blues’ menang 128, imbang 67, dan kalah sebanyak 54 kali menghadapi klub asal kota London.
Adapun catatan kemenangan Chelsea tersebut merupakan yang terbaik di antara klub London lainnya. Selain itu, tim yang kini mengandalkan N’Golo Kante tersebut juga mencatakan rasio poin terbaik, yakni 1,8 per pertandingan. (bob)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan