Bola & Sports
·
24 Juni 2021 19:24
·
waktu baca 2 menit

5 Tim Miskin Peluang di Fase Grup Euro 2020, Ada Inggris

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
5 Tim Miskin Peluang di Fase Grup Euro 2020, Ada Inggris (127353)
searchPerbesar
Pemain Inggris Harry Kane berselebrasi dengan rekan satu timnya setelah Raheem Sterling mencetak gol pertama mereka di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (22/6). Foto: Pool via REUTERS/Laurence Griffiths
Fase grup Euro 2020 telah usai, 16 tim telah memastikan tempat di babak perdelapan final gelaran akbar antarnegara Benua Biru. Kendati demikian, fase grup menyimpan data dan fakta yang menarik untuk diulas, salah satunya urusan mencetak peluang via tendangan ke gawang.
ADVERTISEMENT
Dalam 36 laga yang berlangsung di fase grup, tercipta 833 percobaan, di mana Denmark keluar sebagai urutan tertinggi dengan koleksi 61.
Namun, dari sekian banyak tembakan percobaan ke gawang, terdapat lima tim dengan status termiskin. Bahkan, dua tim di antaranya tak sampai menyentuh angka 20 dalam menjalani tiga laga fase grup.
Lantas, tim mana sajakah yang menghuni pencapaian minor tersebut? Berikut daftarnya dilansir situs resmi UEFA.

1. Rusia

5 Tim Miskin Peluang di Fase Grup Euro 2020, Ada Inggris (127354)
searchPerbesar
Selebrasi pemain Timnas Rusia usai mencetak gol ke gawang Timnas Finlandia pada pertandingan grup B Euro 2020 di Saint Petersburg Arena, Saint Petersburg, Rusia.Foto: Dmitri Lovetsky/Pool/REUTERS
Nasib malang diderita oleh Rusia, setelah gagal melangkah ke babak 16 besar Euro 2020 karena hanya menempati juru kunci Grup B. Ini menjadi kegagalan tim ‘Beruang Merah’ ketiga kali secara beruntun gagal ke fase knock-out gelaran akbar antarnegara Benua Biru.
Selain itu, Rusia juga mencatatkan percobaan tembakan ke gawang yang minim. Penggawa tim besutan Stanislav Cherchesov, khususnya lini serang hanya melakukan 25 tendangan percobaan, di mana cuma enam yang berhasil mengarah ke gawang.
ADVERTISEMENT
Dari perolehan tersebut, dua gol berhasil dilesakkan oleh Rusia, yang menyamai raihannya di Euro edisi sebelumnya.

2. Slowakia

5 Tim Miskin Peluang di Fase Grup Euro 2020, Ada Inggris (127355)
searchPerbesar
Pemain Timnas Slowakia berpose untuk foto grup tim sebelum pertandingan melawan Polandia di Stadion Saint Petersburg, Saint Petersburg, Rusia, Senin (14/6). Foto: Pool via REUTERS/Anton Vaganov
Apes, mungkin itulah kata yang bisa disematkan kepada Timnas Slowakia. Marek Hamsik dan kolega gagal meneruskan petualangannya di Euro 2020 usai dibenamkan Spanyol di partai terakhir Grup E, dengan skor telak 5-0.
Selama fase grup, Slowakia mencatatkan 24 tembakan percobaan. Parahnya, hanya dua yang berhasil tepat sasaran, sekaligus berbuah gol.
Dua tembakan on target menjadikan tim berjuluk Sokoli ini, sebagai tim paling sedikit menembak tepat sasaran ke arah gawang di Euro 2020.

3. Inggris

5 Tim Miskin Peluang di Fase Grup Euro 2020, Ada Inggris (127356)
searchPerbesar
Pemain Inggris Raheem Sterling mencetak gol pertama mereka ke gawang Republik Ceko di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (22/6). Foto: Pool via REUTERS/Neil Hall
Inggris menembus babak 16 besar Euro 2020 dengan catatan tak terkalahkan di Grup D. Meski demikian, terdapat catatan minor dari anak asuh Gareth Southgate ini.
ADVERTISEMENT
Berisikan penyerang kelas wahid, seperti Harry Kane dan Raheem Sterling, The Three Lions hanya mampu membukukan 22 tembakan percobaan selama fase grup.
Dari 22 total percobaan tersebut, dua gol bersemayam di gawang lawan. Catatan tersebut menjadikan Inggris sebagai pemimpin klasemen dengan raihan gol terendah di Euro edisi ke-16 ini.

4. Finlandia

5 Tim Miskin Peluang di Fase Grup Euro 2020, Ada Inggris (127357)
searchPerbesar
Teemu Pukki merayakan kelolosan Timnas Finlandia ke babak final Euro 2020. Foto: Lehtikuva/Martti Kainulainen via REUTERS
19 lesatan percobaan, itulah statistik yang berhasil didapatkan tim debutan Euro 2020, Finlandia selama tiga laga fase grup.
Dari total usaha tersebut, Teemu Pukki dan kolega hanya menciptakan tiga tendangan ke arah gawang, di mana satu di antaranya berbuah menjadi gol.
Miskin gol yang diperoleh Finlandia, menasbihkan tim berjuluk The Eagle Owls ini, menjadi satu dari tiga tim yang hanya mampu mengoyak jala gawang lawan satu kali.
ADVERTISEMENT

5. Hongaria

5 Tim Miskin Peluang di Fase Grup Euro 2020, Ada Inggris (127358)
searchPerbesar
Pemain Hongaria terlihat sedih saat mereka bertepuk tangan untuk para penggemar setelah pertandingan menghadapi Portugal, di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Selasa (15/6). Foto: Pool via REUTERS/Attila Kisbenedek
Sudah jatuh tertimpa tangga, mungkin peribahasa tersebut layak disematkan kepada Hongaria.
Hal tersebut, tak lain karena, tim berjuluk The Magical Magyars ini, sudah berada di grup neraka (Grup F), lalu menjadi juru kunci, dan ditambah miskin dalam melakukan tembakan percobaan ke gawang.
Selama fase grup Euro 2020, Hongaria hanya mencatatkan 18 percobaan. Namun, menariknya tim besutan Marco Rossi ini, berhasil mendulang 10 tembakan on target dan tiga di antaranya berbuah menjadi gol.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020