kumparan
19 Sep 2019 12:02 WIB

5 Ulasan Jelang Laga PSM Makassar vs Tira-Persikabo di Liga 1 2019

Gelang Tira Persikabo P Essengue (kanan) berebut bola dengan Rizky Pellu (kiri) saat laga Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Laga PSM Makassar menghadapi Tira-Persikabo bakal tersaji di pekan ke-19 Liga 1 2019. Bermain di Stadion Andi Mattalatta, Kamis (19/9/2019) pukul 18.30 WIB, ‘Juku Eja’ bakal berusaha bangkit dari rentetan hasil minor, sementara ‘Laskar Pajajaran’ mengincar poin penuh demi menempel puncak klasemen.
ADVERTISEMENT
Kini, PSM Makassar menempati peringkat sembilan di klasemen sementara, mengoleksi 24 poin dari 15 pertandingan. Meski masih menyimpan tiga laga, skuad arahan Darije Kalezic ini perlu memperbaiki performa mereka. Pasalnya, Marc Klok dan kolega hanya meraih satu kemenangan di lima laga terakhir.
Namun, misi untuk Kalezic membawa anak asuhnya meraih tiga poin tampaknya bakal sulit. Pasalnya, pemain kunci seperti Guy Junior dan Amido Balde harus absen lantaran cedera. Asnawi Mangkualam, Beny Wahyudi dan Zulham Zamrun pun tak bisa dimainkan lantaran terkena akumulasi kartu.
Menyusul situasi tersebut, Kalezic tetap optimis. Dirinya kemudian menyebut bakal mempercayakan semua kepada pemain yang ada. "Saya percaya dengan kemampuan pemain yang ada. Mereka tentu tak ingin melewatkan kesempatan mendapatkan menit bermain di PSM," ucap Darije.
ADVERTISEMENT
Sementara, Tira-Persikabo kini masih berada di posisi kedua klasemen. Sebagai runner-up, skuad arahan Rahmad Darmawan yang baru menang sekali sejak menelan kekalahan perdana lawan Bali United itu kini mengoleksi 34 poin dari 18 pertandingan. Nantinya, angka penuh bakal penting untuk menempel pemuncak yang unggul tujuh poin.
Meski kini performa mereka menurun, capaian RD bersama Tira-Persikabo tetap luar biasa. Sebagai tim yang baru terbentuk musim ini, Tira-Persikabo jelas jadi tim kejutan. Adapun rahasianya, RD menyebut hanya bermain dengan normal. “Saya hanya meminta pemain agar tetap fokus sepanjang pertandingan," ungkap RD.
Bakal menghadapi PSM yang pincang, RD menyebut dirinya tetap waspada. Pasalnya, menurut RD, juara bertahan Piala Indonesia tersebut merupakan tim yang solid. "Mereka memiliki kedalaman tim yang bagus dan sudah dibangun sejak dua musim lalu," ucap mantan pelatih Persija tersebut.
ADVERTISEMENT
Jelang laga PSM Makassar dengan Tira-Persikabo di pekan ke-19 Liga 1 2019, berikut lima ulasan yang bisa disimak terlebih dahulu.
  1. PSM unggul rekor pertemuan Atas Tira-Persikabo
Gelandang PS Tira, Louise Essengue Parfait (tengah) berebut bola dengan pemain PSM. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Rekor pertemuan mencatatkan PSM unggul rekor pertemuan dari Tira-Persikabo di lima laga terakhir. Pertemuan pertama musim ini, Tira-Persikabo imbang dengan PSM, memutus rekor kekalahan tiga kali beruntun. Total di lima laga PSM menang tiga, Tira-Persikabo hanya sekali.
Musim lalu, saat Tira-Persikabo masih bernama PS Tira, mereka kalah atas PSM di dua pertemuan, yaitu dengan skor 4-3 di Makassar dan 1-2 di kandang PS Tira. Sementara, satu-satunya kemenangan PS Tira atas PSM yaitu di musim sebelumnya lagi, kala menang 2-1 di kandang. Di musim yang sama, PSM membalas di pertemuan kedua dengan skor 4-1.
ADVERTISEMENT
  1. PSM hanya menang sekali di lima laga terakhir
Pemain PSM Makassar Wiljan Pluim (tengah) menerima umpan bola saat bertanding melawan Lao Toyota dalam babak penyisihan Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
PSM belum kembali pada performa yang seharusnya, usai mereka gagal mendulang hasil maksimal di dua laga terbaru. Hasil tersebut membuat PSM hanya meraih satu kemenangan di lima laga terakhir.
Kalah 3-2 dari PSS Sleman, disusul dengan hasil imbang 0-0 dengan Persija, PSM akhirnya sempat bisa menang atas Persela dengan skor 2-1. Namun, di dua laga terakhir, PSM gagal menang, usai kalah 0-1 lawan PSIS dan imbang 1-1 kontra Badak Lampung FC.
  1. Tira-Persikabo gagal menang di tiga laga beruntun
Selebrasi para pemain Tira-Persikabo. Foto: Dok. Liga Indonesia
Setelah mendapatkan kekalahan perdana musim ini, yaitu ketika menjamu Bali United, sejak itu Tira-Persikabo baru menang sekali. Adapun tiga laga sisanya, Tira-Persikabo kalah sekali dan imbang dua kali.
ADVERTISEMENT
Usai kekalahan 1-2 dari Bali United, Tira-Persikabo menang 3-1 atas PSS. Kemudian Persela secara mengejutkan memberi kekalahan telak 6-1 kepada Tira-Persikabo. Barulah di dua laga terakhir, Tira-Persikabo imbang 2-2 lawan Borneo FC dan 1-1 kontra Persib Bandung.
  1. Pemain andalan kedua tim
Selebrasi pemain PSM Makassar usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada pertandingan final Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/8). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
PSM bisa kembali mengandalkan Aaron Evans untuk menjaga jantung pertahanan. Marc Klok kemudian jadi sosok pembeda di lini tengah. Adapun Ferdinand Sinaga kemungkinan kembali ke tim utama untuk jadi pengganti Amido Balde yang cedera.
Sementara Tira-Persikabo ada bek solid Khurshed Beknazarov di jantung pertahanan. Louis Parfait kemudian jadi sosok pembeda di lini tengah. Adapun penyerang tajam, Ciro Alves, kembali diharapkan tajinya.
  1. Perkiraan susunan pemain
PS Tira-Persikabo saat menjamu PSS Sleman di ajang Liga 1 2019. Foto: Dok. PS Tira-Persikabo
PSM Makassar (4-3-3)
Pelatih: Darije Kalezic
ADVERTISEMENT
Rivky Mokodompit (kiper) Hasim Kipuw, Aaron Evans, Abdul Rahman, Firza Andika (bek), Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu (gelandang) Resky Eka, Ferdinand Sinaga, M.Rahmat (penyerang)
Tira-Persikabo (4-3-3)
Pelatih: Rahmad Darmawan
Angga Saputra (kiper) Rifad Marasabessy, Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (bek), Manahati Lestusen, Louis Parfait, Guntur Triaji (gelandang) Wawan Febrianto,Loris Arnaud, Ciro Alves (penyerang). (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan