Pencarian populer

5 Ulasan Jelang Liverpool vs Wolves di Pekan Terakhir Premier League

Mohamed Salah merayakan gol ke gawang Wolverhampton. Foto: REUTERS/Darren Staples

Pekan terakhir Premier League 2018/19 jadi saat yang paling menentukan buat Liverpool. Pasalnya, raksasa kota Merseyside tersebut masih kejar-kejaran dengan Manchester City demi gelar juara. Bermain di Anfield, Minggu (12/5), pukul 21:00 WIB, ujian terakhir Mohamed Salah dan kolega adalah tim kuda hitam, Wolverhampton Wanderers.

Wolves tentu bakal jadi lawan berat yang bakal menentukan nasib ‘The Reds’. Hasil maksimal wajib diraih Virgil van Dijk dan kawan-kawannya demi bisa memastikan gelar, itu pun bila di pertandingan lain, Manchester City terpeleset kala menghadapi Brighton & Hove Albion.

Menurut Juergen Klopp, Wolves yang punya ambisi besar merupakan lawan berat yang bakal dihadapi timnya. Klopp pun mengakui musim ini klub asal Kota Wolverhampton tersebut melalui musim yang luar biasa, bisa finis di peringkat ketujuh setelah baru promosi dari Divisi Championship.

“Mereka bermain sepak bola yang hebat dalam banyak momen. Mereka sulit dihadapi, baik dalam bertahan, sensasional di serangan balik, mencetak gol pada momen yang tepat, tetap tenang saat momen penting dalam laga. Nuno melakukan pekerjaan yang begitu baik. Itu membuat pertandingan kami agak sulit,” sebut Klopp dilansir dari situs Liverpool.

Raut semringah Juergen Klopp pada konferensi pers jelang laga vs Bayern. Foto: Reuters/Andrew Boyers

Klopp pun menyebut tim lawan dipenuhi dengan bakat-bakat hebat, seperti Joao Moutinho, Ruben Neves, dan Leander Dendoncker di lini tengah. Selain pemain berkualitas, gaya bermain skuat Wolves yang begitu kompak dan keteguhan para penggawa untuk bermain dengan gaya tersebut tak luput dari pujian Klopp.

“Gaya bermain mereka cukup langka. Tapi, saya pikir terlepas dari dua atau tiga laga, mereka memainkan pemain yang benar-benar sama di lini terakhir sepanjang tahun. Sistem permainan mereka memang luar biasa. Mereka punya semangat yang tinggi dan rencana bertanding yang bagus sehingga membuat mereka menjadi lawan yang berat,” jelas pelatih asal Jerman tersebut.

“Namun, ini tidak menjadi kali pertama bagi kami menghadapi tim yang mahir melakukan serangan balik. Tentu saja kami harus menemukan cara untuk menangkal taktik mereka,” ucap juru taktik Liverpool itu.

Nah, berikut lima ulasan menarik jelang laga terakhir Liverpool di Premier League 2018/19, menghadapi si kuda hitam, Wolves.

1. Momentum bagus Liverpool

Pemain Liverpool menyapa suporter di stadion usai melawan Barcelona. Foto: Reuters/Carl Recine

Tengah pekan lalu, Liverpool secara mengejutkan melakukan comeback dari Barcelona. Setelah tertinggal tiga gol tanpa balas di Camp Nou, skuat arahan Klopp bisa menang 4-0 di Anfield. Berkat hasil tersebut, Liverpool lolos ke babak final Liga Champions, bertemu sesama wakil Inggris, Tottenham Hotspur.

Akhir pekan nanti, Wolves bakal jadi lawan pemungkas Liverpool di kompetisi liga. Kemenangan atas Barcelona jelas memberikan injeksi morel yang baik bagi Liverpool. Bukan hal yang mengejutkan bila Liverpool mendominasi Wolves. Walau begitu, Mohamed Salah cs mesti tetap fokus lantaran Wolves merupakan tim yang gemar memberi kejutan.

2. Liverpool yang kelelahan

Suasana pertandingan Liverpool vs Barcelona. Foto: REUTERS/Phil Noble

Meski Liverpool bisa mempertahankan momentum kemenangan di semifinal Liga Champions, mereka masih punya pemain yang cedera dan kelelahan. Pada leg kedua menghadapi Barcelona, Liverpool harus kehilangan bek kiri andalan mereka, Andrew Robertson, lantaran cedera.

Tak hanya Robertson, Jordan Henderson juga sempat terkena benturan keras di lutut dan kemungkinan tidak fit di duel melawan Wolves. Salah disebut sudah bisa kembali, tapi penyerang asal Mesir tersebut masih harus menemukan kebugarannya. Sementara, Roberto Firmino masih harus menepi. Hal ini tentu bakal jadi sebuah kesulitan buat ‘The Reds’.

3. Mengawasi laga Brighton vs City

Davy Proepper (kiri) vs Sergio Aguero. Foto: Reuters/Hannah McKay

Setelah sebelumnya sempat unggul sepuluh poin, Liverpool bisa terkejar dan sekarang tengah kalah satu poin dari City. Selain harus fokus pada laga melawan Wolves, Liverpool juga bakal sambil waswas terhadap hasil yang bakal diraih ‘The Citizen’.

Brighton bakal jadi harapan terakhir Liverpool untuk bisa menjegal City. Namun, tim yang kini berada di posisi ke-17 tersebut jelas bukan lawan yang bisa diharapkan, kecuali terjadi drama. Walau begitu, tetap saja Liverpool wajib meraih hasil maksimal atas Wolves dan mengharapkan Brighton menang atas City.

4. Wolves si kuda hitam

Ekspresi gembira jebolan akademi Liverpool, Conor Coady, saat Wolves menang atas United. Foto: Action Images via Reuters/Carl Recine

Wolves merupakan tim kuda hitam yang wajib diperhitungkan. Pasalnya, musim ini mereka tampil luar biasa walau baru promosi dari kasta kedua. Terlebih tim yang kini berada di peringkat ketujuh tersebut terkenal hebat kala menghadapi enam tim raksasa Premier League.

Hanya Manchester City yang gagal dikalahkan Wolves. Skuat Nuno Espirito Santo sukses menaklukkan Chelsea 2-1, Tottenham 3-1, Manchester United 2-1, dan terbaru Arsenal dengan skor 3-1. Bahkan Liverpool sendiri sempat kalah dari Wolves, yaitu kala bersua di babak ketiga Piala FA.

5. Keduanya bakal bermain lepas

Penyerang Wolverhampton, Raul Jimenez, mencetak gol ke gawang Liverpool di ajang Piala FA. (Foto: REUTERS/Darren Staples)

Kedua tim bisa diprediksi bakal bermain secara lepas. Wolves sudah tak akan terpengaruh oleh hasil apa pun yang diraih. Mereka bakal bermain lepas lantaran sudah melampaui target dengan finis di posisi ketujuh. Terlepas dari hasil yang bakal diterima Wolves, Raul Jimenez dan kolega akan keluar dengan kepala tegak.

Sementara buat Liverpool, walau pada akhirnya Manchester City bisa menang atas Brighton, mereka juga bakal bisa tetap bangga. Kekecewaan memang wajar, tapi bisa finis dengan torehan lebih dari 90 poin jelas merupakan prestasi yang hebat. (bob)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63