Bola & Sports
·
14 Januari 2021 17:51

Cristiano Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Setim dengan Lionel Messi di Barcelona

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Cristiano Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Setim dengan Lionel Messi di Barcelona (396917)
Ronaldo dan Messi dalam El Clasico. Foto: DANI POZO/AFP
Apa jadinya jika dua ikon sepak bola terbaik abad ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, bergabung dalam satu tim yang sama?
ADVERTISEMENT
Sebenarnya tidak mustahil mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, pada 2003 lalu, Barcelona hampir saja menyandingkan Ronaldo dengan.
Sayangnya, presiden Barcelona saat itu, Joan Laporta tidak jadi merekrut Cristiano Ronaldo muda dari Sporting Lisbon.
“Salah satu agen mengatakan bahwa mereka memiliki pemain yang akan dijual ke Manchester United seharga 19 juta euro (sekitar Rp325 miliar), tetapi mereka akan menjualnya kepada kami 17 juta euro (sekitar Rp291 miliar) saja,” tutur Laporta, dilansir dari Daily Mail.
Cristiano Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Setim dengan Lionel Messi di Barcelona (396918)
Joan Laporta kembali mencalonkan diri sebagai Presiden Barcelona. Foto: AFP/Lluis Gene
Mendapat potongan Rp 34 miliar ternyata tidak membuat Laporta berubah haluan. Hal itu disebabkan karena Barcelona telah lebih dulu mendatangkan legenda Brasil, Ronaldinho, dari Paris Saint-Germain.
“Tapi kami sudah berinvestasi pada Ronaldinho saat itu. Lagi pula, posisi bermain Ronaldo tidak di tengah dan lebih melebar (sayap). Kami pun berpikir untuk menutup kemungkinan merekrutnya. Jadi, kami menolaknya dan saya tidak menyesal,” jelas Laporta yang kembali mencalonkan diri sebagai Presiden Barcelona ini.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, Ronaldo dan Ronaldinho sama-sama memberikan performa terbaik mereka di tim barunya.
Ronaldinho terbukti mampu meningkatkan kepercayaan Lionel Messi, termasuk memberikan assist untuk gol pertama La Pulga di Barcelona.
Cristiano Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Setim dengan Lionel Messi di Barcelona (396919)
Messi memeluk Ronaldinho. Foto: AFP/Lluis Gene
“Saya cukup beruntung bisa memberi umpan untuk gol pertamanya. Seiring waktu, sangat menyenangkan melihat seseorang yang awalnya sangat dekat dengan Anda dan kemudian orang tersebut bisa menaklukkan dunia,” ucap Ronaldinho tentang kedekatannya dengan Messi.
Bersama Blaugrana, Ronaldinho berhasil mendulang kesuksesan, seperti dua gelar La Liga, satu Liga Champions, dan dua Piala Spanyol. Tak hanya itu, dia juga berhasil menyabet gelar individu, Ballon d’Or pada 2005 lalu.
Setali tiga uang, Ronaldo yang akhirnya hijrah dari tim masa kecilnya, Sporting Lisbon ke Manchester United juga berhasil mendulang kesuksesan. Namanya kian meroket ketika bermain di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.
Cristiano Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Setim dengan Lionel Messi di Barcelona (396920)
Cristiano Ronaldo merayakan gol untuk Manchester United bersama Ruud van Nistelrooy. Foto: AFP/Steve Parkin
Ronaldo tercatat pernah memenangi tiga gelar Liga Inggris, satu Liga Champions, satu Piala Dunia Antarklub FIFA, satu Piala FA, dan dua Piala Liga selama bermarkas di Old Trafford.
ADVERTISEMENT
Tak jadi berlaga bersama dengan Messi, Ronaldo kemudian hijrah dari Man United ke Real Madrid, klub rival Barcelona pada musim panas 2009 lalu. Di sanalah mereka menyajikan pertarungan yang menarik selama bertahun-tahun dalam tajuk El Clasico.
Bersama Real Madrid, Ronaldo sukses merepotkan Barcelona dalam banyak kesempatan. Dia tercatat berhasil memenangkan dua gelar La Liga, empat Liga Champions, tiga Piala Dunia Antarklub FIFA, dan dua Copa del Rey bersama Madrid.
Cristiano Ronaldo Ternyata Pernah Hampir Setim dengan Lionel Messi di Barcelona (396921)
Cristiano Ronaldo menyapa Lionel Messi sebelum pertandingan Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, (8/12). Foto: Albert Gea/REUTERS
Rivalitas keduanya pun semakin kental, termasuk persaingan gelar individu, Ballon d’Or. Sejauh ini, Lionel Messi masih unggul tipis dengan torehan 6 Ballon d’Or dibanding Ronaldo yang baru mengoleksi 5 Ballon d’Or.
Terkini, bintang Portugal itu berpetualang bersama raksasa Italia, Juventus, dan telah memenangi dua gelar Liga Italia. Sedangkan, Messi yang kontraknya habis dengan FC Barcelona pada 2021 ini masih terus diisukan pindah ke tim lain.
ADVERTISEMENT
Akankah keduanya bisa bergabung dalam satu tim yang sama sebelum pensiun? Patut dinantikan.