kumparan
KONTEN PENGGUNA
24 Januari 2020 14:18

De Jong Sebut Taktik Barcelona Tak Banyak Berubah Bersama Setien

Untitled Image
Quique Setien, pelatih Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea
Sudah dua pekan sejak Barcelona menunjuk Quique Setien sebagai pengganti Ernesto Valverde di kursi kepelatihan. Adapun Frenkie de Jong menyebut tak merasakan banyak perubahan dari taktik Setien sebagai manajer anyar.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Valverde yang gagal mengangkat performa Barcelona akhirnya dipecat. Kekalahan 3-2 dari Atletico Madrid di Piala Super Spanyol jadi laga terakhir mantan pelatih Athletic Club tersebut dengan Blaugrana. Setien pun kemudian ditunjuk sebagai pengganti.
Bersama Setien, Barcelona digadang-gadang bakal kembali memainkan sepak bola dengan filosofi Johan Cruyff. Adapun sebelumnya, dua setengah musim bersama Valverde dihabiskan Lionel Messi dan kolega dengan permainan pragmatis.
Pelatih berusia 61 tahun tersebut langsung membuktikannya di laga perdana, ketika menghadapi Granada. Kala itu Barcelona mencatatkan 82,6 persen penguasaan bola, tertinggi sejak 2011 silam ketika Barcelona masih dilatih Pep Guardiola.
Untitled Image
Frenkie de Jong menjalani sesi perkenalan bersama Barcelona. Foto: Albert Gea/Reuters
Meski begitu, dilansir dari Marca, Frenkie de Jong mengaku Setien tak banyak melakukan perubahan dari saat timnya dilatih Valverde. Gelandang asal Belanda tersebut mengaku kedua pelatih sama-sama memainkan penguasaan bola ala Barcelona.
ADVERTISEMENT
"Satu-satunya yang berubah adalah detail kecil, tapi intensinya tetap untuk menguasai bola,” sebut mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut.
"Sepertinya saya beradaptasi dengan baik dan saya senang, tapi saya tahu bisa melakukan yang lebih baik lagi. Saya juga percaya kami punya banyak ruang untuk berkembang sebagai tim dan kami bakal lebih bagus seiring berjalannya musim," lanjut De Jong.
Untitled Image
Pemain Barcelona, Lionel Messi, membawa bola, Foto: REUTERS/Albert Gea
Ucapan De Jong memang benar. Barca masih harus beradaptasi dengan gaya permainan Setien untuk bisa tampil lebih baik. Pasalnya, sejauh ini raksasa Catalunya tersebut baru mencetak tiga gol di dua pertandingan meski begitu mendominasi laga.
Kini bersama Setien, De Jong pun berambisi untuk bisa menjuarai berbagai trofi bersama Barcelona. "Bila disuruh memilih satu, saya bakal pilih trofi Liga Champions, walau saya juga ingin mengangkat trofi La Liga dan Copa del Rey," sebut De Jong.
ADVERTISEMENT
"Tahun lalu, Barcelona-Ajax bakal jadi final yang indah. Semoga, saya bisa berada di sana (final) tahun ini," lanjut De Jong. (bob)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan