kumparan
KONTEN PENGGUNA
14 Februari 2020 19:34

Deretan Bintang Sepak Bola yang Berpotensi Tampil di Olimpiade 2020

z3e2go4ppyht1zzxxtb4.jpg
Sebuah kapal tongkang membawa simbol Olimpiade berukuran raksasa di perairan Taman Laut Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1). Foto: Kazuhiro NOGI / AFP
Cabang olahraga sepakbola di pentas Olimpiade pada dasarnya memiliki persamaan peraturan dengan turnamen-turnamen yang diselenggarakan FIFA. Namun, ada beberapa peraturan yang sedikit berbeda, di antaranya mengenai pembatasan usia pemain.
ADVERTISEMENT
Melansir Goal, Pada Olimpiade 2016 sebelumnya timnas sepak bola pria hanya boleh memainkan tim U-23 mereka (dalam hal ini pemain yang lahir setelah 1 Januari 1997 di olimpiade 2020). Kendati demikian, tetap boleh memainkan maksimal tiga pemain senior. Sementara pada tim sepak bola wanita tidak ada pembatasan usia.
Sebanyak 16 tim sudah memastikan lolos di putaran final dan akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Sejumlah tim kuat seperti Argentina dan pemegang medali emas tahun 2016, Brazil merupakan tim yang diunggulkan pada turnamen tersebut. Kedua negara punya banyak pemain bintang di timnya.
Dilihat dari regulasi yang memperbolehkan membawa maksimal 3 pemain senior. Berpotensi akan ada bintang sepak bola yang ikut memperkuat tim nasionalnya di cabang sepak bola Olimpiade Tokyo 2020. Lalu siapa sajakah pemain bintang yang mungkin bermain itu?
ADVERTISEMENT

Mohamed Salah

m3nzxn56wqrade6kedbs.jpg
Mohamed Salah, penggawa Liverpool. Foto: REUTERS/Toby Melville
Melansir BBC Sport, Shawky Gharib sebelumnya mengatakan akan membawa Mo Salah ikut berpartisipasi pada Olimpiade Tokyo 2020. Salah merupakan andalan di Timnas (senior) Mesir, dia sudah mencetak 11 gol dari 17 penampilannya bersama timnas.
Perannya diharapkan dapat membantu pemain muda Mesir agar dapat mendapatkan medali pada cabang sepak bola Olimpiade Tokyo 2020.

Kylian Mbappe

xbz0opfcfbus7hc3skpq.jpg
Selebrasi gol Mbappe kala PSG bersua Lyon di Parc des Prince Stadium. Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes
Kylian Mbappe merupakan salah satu pemain kunci Prancis dalam memenangkan gelar Piala Dunia 2018. Pada gelaran tersebut dia juga menjadi pemain muda terbaik serta melesatkan 4 gol dari 7 penampilannya bersama Les Blues.
Di usianya yang masih 21 tahun sangat mungkin untuk ikut dalam tim nasional Prancis di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, sulit membayangkan dia juga ikut serta di turnamen tersebut sedangkan juga merupakan andalan timnas senior untuk mengikuti kompetisi antar negara Eropa 2020.
ADVERTISEMENT

Lautaro Martinez

zydgbjnkvohmjc5lckz9_fnk31t.jpg
Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez, melakukan perayaan setelah membobol gawang Atletico Madrid. (Foto: Javier Soriano/AFP)
Bomber milik klub Inter milan, Lautaro Martinez, juga berpeluang tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Mengingat usianya yang masih 22 tahun dan memenuhi regulasi turnamen tersebut. Penyerang timnas Argentina ini tampil cukup impresif bersama klubnya Inter Milan musim ini.
Dia sudah mencetak 11 gol dan 1 assist di 20 penampilan menjadikannya salah satu tumpuan lini depan timnas Argentina pada Olimpiade Tokyo 2020.
Masih banyak pemain-pemain bintang yang berpotensi tampil di Olimpiade Tokyo 2020, patut kita tunggu kejutan yang akan terjadi pada cabang sepak bola turnamen tersebut.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan