kumparan
21 Sep 2019 9:25 WIB

Hasil Lengkap Laga Pekan Ke-19 dan Klasemen Terbaru Liga 1 2019

Pemain-pemain Bali United merayakan gol. Foto: FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Liga 1 2019 telah menyelesaikan pekan ke-19. Dimulai pada Rabu (18/9) kemarin dengan kekalahan Barito Putera kala menjamu Bhayangkara FC dengan skor 1-4, pekan dua di paruh kedua musim ini ditutup Derbi Jawa Timur, Jumat (20/9), dimenangkan tuan rumah Persela atas Arema FC dengan skor 2-0.
ADVERTISEMENT
Barito Putera takluk usai hanya mencatatkan gol lewat Francisco Wagsley dari titik putih di menit ke-63, sedangkan tim tamu menceploskan tiga gol ditambah satu gol bunuh diri, via Dony Monim (26’), Jajang Mulyana (28’), dan Herman Dzumafo (73’, 89’). Sementara Persela menang berkat gol Sugeng Efendi di menit ke-19 dan Rafael menit ke-48.
Tidak seperti pekan lalu yang dominan laga imbang, kali ini hanya ada dua hasil remis. Laga tersebut yaitu Persib Bandung yang tertahan 1-1 kala menjamu Semen Padang, Rabu (18/9). Tuan rumah unggul duluan lewat gol Ghozali Siregar di menit ke-20, sementara tim tamu membalas di menit ke-48 lewat Karl Max.
Pemain Persib merayakan gol ke gawang Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (18/9/2019). Foto: Dok. Media Persib
Satu laga imbang lainnya terjadi di hari berikutnya, juga dengan skor 1-1, PSS Sleman harus rela berbagi poin dengan tim tamu Persipura Jayapura. Tim tamu bahkan unggul duluan lewat Muhammad Tahir di menit ke-45, kemudian Rangga Muslim Perkasa menyelamatkan tuan rumah dengan golnya di menit ke-83.
ADVERTISEMENT
Adapun setelah laga pembuka, Borneo FC menjaga rekor mulus di kandang usai mengalahkan Madura United dengan skor 2-1. Tim tamu sempat unggul lewat Beto Goncalves di menit keenam, tapi tuan rumah membalas dua gol lewat Amrullah di menit ke-76 dan Lerby Eliandry menit 90.
Membuka laga di hari kedua, tepatnya Kamis (19/9), Persija takluk di depan publik sendiri dengan skor 1-0 oleh pemuncak klasemen Bali United. Gol semata wayang di laga tersebut dicetak oleh Melvin Platje di menit ke-72. Kekalahan tersebut kemudian membuat ‘Macan Kemayoran’ memutuskan kerja sama bersama Julio Banuelos.
Laga Persija menjamu Bali United di Liga 1 2019. (Foto: PT LIB)
Selang beberapa jam kembali tersaji duel sengit, kali ini juara Piala Indonesia PSM Makassar menjamu runner-up sementara Tira-Persikabo. Gol dari Ferdinand Sinaga menit ke-66, menyusul Wiljan Pluim yang mencetak gol pertama di menit ke-39, kemudian jadi pemulus tuan rumah mengamankan tiga poin.
ADVERTISEMENT
Masih di hari yang sama, Perseru Badak Lampung FC menang tipis kala menjamu Kalteng Putra dengan skor 2-1. Adapun brace dari Fernandinho di menit ke-76 dan penalti menit 90 yang memenangkan tuan rumah, sementara tim tamu yang sejatinya unggul duluan lewat David Bala di menit ke-71 tak lagi menambah gol.
Duel Arema vs Persela di Stadion Kanjuruhan (ilustrasi). Foto: Ari Bowo Sucipto/ANTARA
Adapun laga di hari terakhir, Jumat (20/9) sebelum Derbi Jawa Timur, terlebih dulu ada laga PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya. Laga yang seharusnya tanpa penonton tersebut pada akhirnya dihadiri ribuan Bonek dan Panser Biru yang memaksa masuk. Namun, kedua kelompok suporter tersebut tetap damai.
Adapun laga sempat ditunda selama 25 menit, lantaran ada suporter masuk ke lapangan. Namun, setelah itu pertandingan kembali berlangsung normal. Hasilnya, tuan rumah ‘Mahesa Jenar’ takluk 0-4 dari ‘Bajul Ijo’. Gol pada laga tersebut dicetak Otavio Dutra (28'), David da Silva (44'), Diogo Campos (48'), dan Osvaldo Haay (64').
ADVERTISEMENT
Berikut hasil lengkap laga pekan ke-19 Liga 1 2019.

Klasemen terbaru Liga 1 2019 hingga pekan ke-19

Stefano Lilipaly kala menghadapi Persija. (Foto: PT LIB)
Hasil pekan ke-19 tersebut tetap membuat Bali United kokoh di puncak klasemen, mengoleksi 44 poin dari total 18 laga yang sudah dimainkan. Sementara runner-up saat ini, Tira-Persikabo mengoleksi 34 poin dari 19 laga, gagal menempel pemuncak usai gagal mendulang hasil maksimal.
Madura United kemudian menyusul di tempat ketiga dengan koleksi 31 poin dari 19 pertandingan. Tepat di bawah ‘Sapeh Kerrab’, ada Persebaya yang sudah memainkan 19 laga di tempat keempat dan Borneo FC dengan 18 pertandingan di posisi lima, punya raihan poin sama yaitu 29.
Tim promosi PSS Sleman berada di posisi keenam saat ini, mengoleksi 28 poin dari 19 laga. Menyusul di posisi tujuh, delapan, dan sembilan, ada Persipura Jayapura dengan 17 laga dan Arema FC yang memainkan 18 pertandingan, kemudian PSM Makassar baru tampil 16 kali sama-sama mengoleksi 27 poin.
Boaz Solossa (kiri) ketika berhadapan dengan Derry Rahman. (Foto: PT LIB)
Selisih lima angka dari tiga klub tersebut, ada Bhayangkara FC dengan 22 poin dari 19 pertandingan di posisi ke-10. Persib Bandung dan Perseru BLFC kemudian menyusul di posisi 11 dan 12 dengan sama-sama menorehkan 21 poin dari 19 laga. Kedua tim tersebut hanya dipisahkan rekor pertemuan,
ADVERTISEMENT
Adapun PSIS Semarang berada di posisi ke-13 klasemen, mengoleksi 19 poin. Torehan tersebut persis dengan Persela di tempat ke-14, hanya terpisahkan rekor pertemuan kedua tim. Satu strip di bawang Persela, Kalteng Putra yang tepat berada di perbatasan zona merah mengoleksi 18 poin dari 18 laga.
Kekalahan pekan ini membuat Persija Jakarta kembali menghuni zona merah. Torehan 17 poin dari 17 pertandingan menempatkan juara bertahan musim lalu di urutan ke-16. Hanya selisih satu poin dari Persija, Barito Putera yang sudah main 19 kali menyusul di tempat ke-17. Adapun tim promosi Semen Padang jadi juru kunci dengan 12 poin di 18 laga.
Berikut klasemen Liga 1 2019 hingga pekan ke-19.
(bob)
ADVERTISEMENT
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.