kumparan
17 Sep 2019 12:54 WIB

Hasil Pertandingan di Pekan Ke-18 dan Klasemen Terbaru Liga 1 2019

Pemain Bali United dan Bhayangkara berduel. Foto: Dok. Media Bali United
Paruh kedua Liga 1 2019 dibuka dengan sembilan pertandingan di pekan ke-18, dan tiga laga tunda dari pekan-pekan sebelumnya. Menariknya, tujuh dari 12 laga yang tersaji berakhir imbang.
ADVERTISEMENT
Tiga laga tunda lebih dulu dimainkan di pekan ke-18. Perseru Badak Lampung FC yang bermain imbang 1-1 kala menjamu Persela Lamongan jadi laga pembuka. Marquinhos dan Alex Goncalves jadi pencetak angka pada laga tersebut. Berikutnya, gol Heru Setyawan membuat PSM takluk kala menjamu PSIS Semarang dengan skor tipis 1-0.
Masih di hari yang sama, Rabu (11/9), Persipura yang sedang dalam performa terbaik sukses menundukkan juara bertahan Persija dengan skor 2-0. Bermain di Stadion Aji Imbut, gol Gunansar Mandowen dan Boaz Solossa menangkan ‘Mutiara Hitam’ atas ‘Macan Kemayoran’.
Laga tunda pekan ke-11 Liga 1 antara Persipura Jayapura vs Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut. Foto: Dok. Media Persija
Barulah masuk pada laga pertama pekan ke-18 dibuka dengan Bhayangkara FC dan Bali United yang bermain imbang 0-0, Jumat (13/9). Laga selanjutnya, Semen Padang kalah 0-1, usai gol semata wayang M. Sidik buat tim tamu PSS Sleman mencuri tiga poin.
ADVERTISEMENT
Arema FC bermain imbang 2-2 lawan Borneo FC. Tim tamu sempat unggul duluan di menit ke-21 lewat Abdul Rahman. Kemudian dalam kurun lima menit, tiga gol tercipta oleh Ricky Kayame (40’, 42’) dan Ambrizal Umanailo (45') membuat laga berakhir imbang.
Laga Kalteng Putra menjamu Persebaya menyusul di hari yang sama, berakhir imbang dengan skor 1-1. Bermain di Stadion Tuah Pahoe, gol Osvaldo Haay sempat membungkam tuan rumah di menit ke-14, sebelum akhirnya Diogo Campos menyamakan kedudukan di menit ke-29.
Madura United yang menjamu Barito Putera Sabtu (14/9) berakhir imbang dengan skor 2-2. Bermain di Stadion Gelora Bangkalan, ‘Sapeh Kerrab’ sempat ketinggalan dua gol lebih dulu dari ‘Laskar Antasari’ lewat penalti Francisco Wagsley (13’) dan gol Rafael da Silva (61’), sebelum akhirnya menyamakan kedudukan lewat Beto (73’) dan penalti Rakic (78’).
Kalteng Putra lawan Persebaya. Foto: Dok. Media Persebaya
Adapun Tira-Persikabo menghadapi Persib Bandung beberapa jam setelahnya, di Stadion Pakansari, juga berakhir remis. Osas Saha lewat sepakan penaltinya membuat tuan rumah unggul duluan di menit ke-16. Nick Kuipers kemudian menyelamatkan tim tamu dari kekalahan, dengan mencetak gol di menit ke-45. Laga pun berakhir imbang 1-1.
ADVERTISEMENT
Sementara, tiga laga terakhir pekan ke-18, Persija Jakarta menang dengan skor 2-1 atas PSIS Semarang. Bermain di Stadion Patriot, gol Rohit Chand dan penalti Marko Simic membuat tuan rumah ungguli tim tamu yang hanya mencetak satu gol via Septian David Maulana di menit ke-63.
Persipura kemudian melanjutkan hasil positif, ketika menang atas Persela dengan skor 2-0. Brace Titus Bonai yang mengantar ‘Mutiara Hitam’ meraih tiga poin di Stadion Delta. Pekan ditutup dengan hasil imbang Badak Lampung FC dan PSM dengan skor 1-1. Gol PSM dicetak Amido Balde (37’), sementara BLFC lewat Johan Yoga (62’).
Berikut hasil lengkap laga pekan ke-18:
Loading Instagram...

Klasemen terbaru Liga 1 2019 hingga pekan ke-18

Pemain Bali United merayakan gol ke gawang Bhayangkara FC. Foto: Dok. Bali United
Hasil pekan ke-18 masih menempatkan Bali United sebagai pemuncak klasemen, mengoleksi 41 poin dari 17 laga. Tira-Persikabo menempel sebagai runner-up, dengan raihan 34 poin dari 18 pertandingan. Madura United kemudian ada di urutan ketiga dengan total 31 angka lewat 18 laga.
ADVERTISEMENT
Posisi empat dan lima, sama-sama mengoleksi 27 poin, PSS Sleman yang sudah bermain 18 kali dan Arema FC dengan 17 laga dimainkan hanya terpisah oleh rekor pertemuan. Selisih satu poin dari dua tim tersebut, ada Persebaya di tempat keenam, Borneo FC yang menempati peringkat tujuh, dan Persipura di posisi kedelapan.
PSM dengan koleksi 24 poinnya dalam 15 pertandingan berada di urutan kesembilan. Tepat di bawah Juku Eja, ada Persib dengan koleksi 20 poin dari 18 laga. Posisi 11 dan 12 ditempati Bhayangkara FC dan PSIS Semarang yang sama-sama mengumpulkan 19 poin dari 18 pertandingan.
Pemain Tira-Persikabo dan Persib berduel. Foto: Dok. Media Persib
Menyusul di urutan ke-13, ada Perseru Badak Lampung FC dengan koleksi 18 poin. Sementara, Kalteng Putra yang berada tepat di bawahnya punya koleksi poin serupa, kalah rekor pertemuan. Kemenangan kemudian membawa juara bertahan Persija keluar dari zona merah. Kini ‘Macan Kemayoran’ di posisi ke-16 mengoleksi 17 poin dari 16 laga.
ADVERTISEMENT
Adapun tiga tim penghuni zona degradasi, ada Persela Lamongan, Barito Putera, dan Semen Padang. ‘Laskar Joko Tingkir’ dan ‘Laskar Antasari’ sama-sama mengoleksi 16 poin, selisih satu angka dari zona aman. Sementara ‘Kabau Sirah’ yang baru mengumpulkan 11 angka jadi juru kunci.
Berikut klasemen lengkap Liga 1 2019 hingga pekan ke-18.
Loading Instagram...
(bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.