kumparan
1 Desember 2019 15:59

Liga Inggris: 5 Statistik Menarik Jelang Norwich City vs Arsenal

Untitled Image
Arsenal vs Norwich City Foto: REUTERS/David Klein
Menghadapi Norwich City di pekan ke-14 Liga Inggris 2019/20, Arsenal bakal melakoni laga perdana sejak memecat Unai Emery. Bermain di Carrow Road, Minggu (1/12/2019) pukul 21.00 WIB, meski menghadapi tuan rumah yang baru memutus rekor buruk, ‘The Gunners’ tentu berharap debut Freddie Ljungberg berakhir manis.
ADVERTISEMENT
Membangkitkan kepercayaan diri Arsenal bakal jadi misi utama Freddie Ljungberg sebagai pelatih sementara. Kini berada di posisi kesembilan klasemen, Pierre-Emerick Aubameyang dan kolega sudah tidak merasakan kemenangan di tujuh laga beruntun, lima diantaranya di Liga Inggris.
Performa buruk Arsenal juga jadi yang harus dibenahi Ljungberg, salah satunya kesulitan mencetak gol di laga tandang. Tercatat Arsenal hanya mengemas lima gol tandang, paling sedikit ketiga di Liga Inggris. Catatan tersebut juga disertai tak pernah mencetak gol di lima laga tandang terakhir, hanya melepas lima tendangan terarah.
Selain buruk di penyerangan, dari 51 pertandingan bersama Emery, Arsenal harus menghadapi total 717 tendangan dari lawan, lebih banyak dari tembakan yang dilepas tim sendiri yakni 629. Padahal, di 51 laga terakhir Arsene Wenger, ‘The Gunners’ hanya merasakan 594.
Untitled Image
Fredrik Ljungberg di era kiwari. Foto: AFP/Munjanuth Kiran
Perjuangan Ljungberg bakal semakin berat. Pasalnya, Dani Ceballos harus absen lantaran cedera hamstring. Sementara Sead Kolasinac, Rob Holding, Hector Bellerin, David Luiz, dan Shkodran Mustafi masih diragukan tampil lantaran belum fit.
ADVERTISEMENT
Untungnya, penyerang mereka, Pierre-Emerick Aubameyang dalam keadaan fit. Penyerang asal Gabon tersebut sudah mencatatkan delapan gol musim ini, mencetak empat dari lima gol tandang Arsenal. Menghadapi tim promosi, Aubameyang juga punya rekor bagus dengan mencetak delapan di 10 kesempatan.
Sementara Norwich City baru saja memutus rekor buruk mereka di tujuh laga beruntun, meraih kemenangan atas Everton dengan skor 0-2.
Namun, nantinya mereka harus bermain dengan skuad kurang lengkap menyusul badai cedera yang menerpa Alexander Tettey, Grant Hanley, Josip Drmic, dan Timm Klose. Belum lagi Jamal Lewis dan Todd Cantwell yang kondisinya masih meragukan.
Adapun manajer Norwich Daniel Farke, selain mengandalkan Teemu Pukki, ada juga Emiliano Buendia di lini tengah. Meski belum mencetak gol, sebanyak 28 peluang telah diciptakannya, disertai dengan empat asis.
ADVERTISEMENT
Jelang laga Norwich City menghadapi Arsenal di pekan ke-14 Liga Inggris musim 2019/20, berikut lima statistik menarik yang bisa disimak terlebih dahulu.

1. Norwich cuma menang sekali dari 15 pertemuan lawan Arsenal

Untitled Image
Para pemain Norwich merayakan gol ke gawang Manchester City. Foto: REUTERS/Chris Radburn
Kala pembukaan Liga Inggris dengan format baru pada Agustus 1992, bermain di Stadion Highbury, Arsenal takluk 4-2 dari Norwich. Namun, sejak itu ‘The Canaries’ cuma menang sekali kontra ‘The Gunners’ di Liga Inggris.
Total sudah 15 kali sejak kemenangan atas Arsenal, tapi hanya satu kali Norwich bisa menang. Selebihnya, klub asal kota Norwich itu hanya bisa meraih enam kali imbang dan kalah sampai delapan kali.

2. Rekor bagus Arsenal di laga tandang kontra Norwich

Untitled Image
Pemain Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) menendang bola ke arah gawang Southampton di Stadion Emirates. Foto: REUTERS / Dylan Martinez
Bakal bertandang ke markas Norwich, Arsenal membawa catatan positif. Dari 14 pertemuan terakhir keduanya di Carrow Road, ‘The Gunners’ cuma kalah sekali dari Norwich City, yaitu pada Oktober 2012 silam.
ADVERTISEMENT
Kala itu, di depan publik Norwich, Arsenal tumbang dengan skor 1-0. Selain kekalahan tersebut, Arsenal sukses meraih lima hasil maksimal dan merasakan delapan laga berakhir remis.

3. Rekor buruk laga kandang Norwich sejak menang atas Manchester City

Untitled Image
Penyerang Norwich City, Teemu Pukki, mencetak gol ke gawang Manchester City. Foto: Reuters/John Sibley
Sejak secara mengejutkan menang atas Manchester City dengan skor 3-2, Norwich gagal menang di tujuh laga beruntun. Adapun tiga laga kandang terakhir, Teemu Pukki cs selalu kalah hingga skor agregat mencapai 2-10.
Tercatat sebelumnya, ketika berpentas di kasta tertinggi Liga Inggris, Norwich hanya sekali kalah empat laga secara beruntun di rumah sendiri, yaitu antara April 2014 dan Agustus 2015.

4. Arsenal tanpa kemenangan di lima laga terakhir

Untitled Image
Pemain Arsenal Mesut Ozil (kanan) saat melawan Southampton di Stadion Emirates. Foto: Paul Childs/ via REUTERS
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Arsenal dalam tren negatif usai mereka gagal menang di tujuh laga terakhir. Adapun lima diantaranya terjadi di Liga Inggris, yaitu menelan tiga hasil imbang dan dua kekalahan.
ADVERTISEMENT
Adapun bila kembali gagal menang, Arsenal bakal mencatatkan rekor terburuk klub sejak April sampai Agustus 2011. ‘The Gunners’ juga bisa memecahkan rekor enam laga beruntun tanpa kemenangan dalam satu musim sejak terakhir pada Oktober sampai Desember 1994.

5. Catatan buruk Arsenal tandang lawan tim promosi

Untitled Image
Gol Lys Mousset ke gawang Arsenal. Foto: Reuters/Carl Recine
Dua laga tandang terakhir menghadapi tim promosi di Liga Inggris, Arsenal selalu kalah. Arsenal kalah 3-1 menghadapi Wolves, sedangkan lawan Sheffield United mereka tumbang dengan skor 1-0.
Terakhir kali Arsenal kalah tiga laga tandang beruntun menghadapi tim promosi terjadi pada Oktober 1983-November 1984. ‘The Gunners’ takluk dari QPR, Leicester City, dan Sheffield Wednesday. (bob)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan