kumparan
KONTEN PENGGUNA
21 Januari 2020 12:35

Mikel Arteta Khawatir Arsenal Gagal Lolos ke Kompetisi Eropa

Untitled Image
Aksi Mikel Arteta di laga vs Man United. Foto: Reuters/John Sibley
Masih terdampar di papan tengah membuat Mikel Arteta khawatir Arsenal tak mentas di kompetisi Eropa musim depan. Pelatih asal Spanyol itu menyebut mendapat tiket ke kompetisi Eropa bakal mustahil bila timnya tak segera bergerak ke jalur kemenangan.
ADVERTISEMENT
Berada di posisi kesepuluh sementara di Premier League, Arsenal berpotensi untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir absen di kompetisi Eropa. Arteta yang menggantikan Unai Emery pada akhir November 2019 pun kini berencana menyelamatkan ‘The Gunners’ dari ancaman kegagalan tersebut.
Adapun mantan kapten Arsenal tersebut menyebut peluang untuk masuk enam besar bisa kembali terbuka lebar, dengan catatan timnya bisa menang tiga sampai empat laga secara beruntun.
Sejak kedatangan Arteta, Arsenal memang meningkat, tapi belum bisa menang secara beruntun di Premier League. “Bila kami tak bisa melakukannya (menang beruntun) maka mimpi untuk bisa naik ke atas bakal jadi mustahil,” sebut Arteta, dilansir dari The Sun.
Untitled Image
Arteta menyalami Nicolas Pepe di laga melawan Leeds United. Foto: REUTERS/Eddie Keogh
“Bila Arsenal tak lolos ke Eropa musim depan bakal jadi keprihatinan semua orang. Jadi kami tak bisa menghabiskan empat bulan ini hanya untuk memikirkan musim depan karena masa tergesa-gesa klub besar adalah sekarang, bukan di musim panas,” lanjut Arteta.
ADVERTISEMENT
“Saya tidak menerawang musim mendatang sama sekali karena apa yang terjadi nanti adalah konsekuensi dari yang kami lakukan sekarang. Jadi saya hanya melihat pada apa yang kami bisa lakukan untuk jadi lebih baik dan di mana kami bisa meningkat,”
Meski begitu, Arteta mengaku optimis dan ingin bersikap positif. Baginya, masih ada masalah lain yang harus lebih dulu dipikirkan dan diselesaikan. Paling dekat adalah menghadapi Chelsea yang di pertemuan pertama melakukan comeback kontra Arsenal.
Bermain di Stamford Bridge di pekan ke-24 Premier League, Rabu (22/1/2020) pukul 03.15 WIB, Pierre-Emerick Aubameyang dan kolega wajib menang demi mengikis selisih 10 poin dari rival asal London Barat tersebut yang kini berada di posisi keempat.
ADVERTISEMENT
Skuad arahan Arteta wajib menghindari kekalahan. Pasalnya, hasil buruk bisa membuat Arsenal semakin sulit lolos kompetisi Eropa, menyisakan peluang terbesar melalui ‘pintu belakang’ alias menjuarai Liga Europa.
“Kami perlu memenangkan laga ini (lawan Chelsea). Itu sangat, sangat penting bila kami ingin tetap berjuang demi empat besar,” sebut Arteta. (bob)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan