kumparan
KONTEN PENGGUNA
6 Juni 2019 10:59

Neymar dan 5 Pemain Bakal Jadi Sorotan di Bursa Transfer Musim Panas

Untitled Image
Neymar pada laga vs Madrid Foto: REUTERS/Paul Hanna
Musim 2018/19 di liga-liga benua Eropa resmi berakhir dengan kemenangan Liverpool atas Tottenham Hotspur di Liga Champions. Kini, dengan musim berikutnya yang sudah di depan mata, beberapa klub Eropa pun sudah melakukan pergerakan di bursa transfer musim panas.
ADVERTISEMENT
Real Madrid, Manchester United, dan Bayern Muenchen jadi tim yang paling gencar memburu pemain di bursa transfer, menyusul musim yang mengecewakan. Los Blancos harus rela finis urutan ketiga, Setan Merah gagal mengamankan tiket Liga Champions, Die Roten dibuat sulit Borussia Dortmund dan terdepak di babak 16 besar Liga Champions.
Punya nasib berbeda, Juventus, Barcelona, dan Paris Saint-Germain yang tampil gemilang di kompetisi domestik juga tetap ingin memperkuat timnya. Ambisi ketiganya tentu tak sekadar menang kompetisi liga, tetapi juga menjuarai Liga Champions musim depan. Karena itu, dana besar harus diinvestasikan.
Menyusul klub-klub besar yang ingin melakukan perombakan besar, bursa transfer musim panas nanti dinilai bakal menghadirkan kepindahan yang jadi sorotan dunia. Salah satunya yang kini gencar dikabarkan bakal tukar seragam adalah bintang PSG, Neymar. Penyerang asal Brasil tersebut dikabarkan diminati mantan klubnya Barcelona.
ADVERTISEMENT
Sejak Neymar hengkang ke PSG pada musim panas 2017, Barcelona belum menemukan sosok penggantinya. Ousmane Dembele punya potensi mengisi kekosongan yang ditinggal Neymar, tapi kerap cedera dan sikapnya yang kurang disiplin jadi penghambat. Alhasil, Blaugrana pun seakan tak bisa move on dan menginginkan Neymar kembali ke Camp Nou.
Sementara Neymar di PSG, dengan harga 222 juta euro miliknya, jadi salah satu pemain andalan yang hingga kini selalu tampil impresif. Performanya pun membantu PSG mendominasi kompetisi domestik. Sayang, sudah dua musim Neymar belum mempersembahkan raksasa Prancis tersebut trofi yang paling mereka idamkan: Liga Champions.
Bila Barcelona benar-benar berniat dan rela merogoh kocek besar buat Neymar, tentu pemain berusia 27 tahun tersebut bakal jadi sorotan di bursa transfer musim panas nanti. Namun, bukan Neymar saja yang kepindahannya bisa jadi sorotan di bursa transfer, berikut lima nama lainnya.
ADVERTISEMENT
1. Antoine Griezmann
Untitled Image
Antoine Griezmann merayakan golnya. Foto: Sergio Perez/Reuters
Beberapa waktu yang lalu Antoine Griezmann merilis video lewat akun sosial media Atletico Madrid, menyebutkan dirinya bakal hengkang di bursa transfer musim panas nanti. Sejatinya Griezmann sudah mau pindah sejak musim lalu, tapi kemudian memutuskan bertahan untuk satu musim lagi.
Barcelona jadi tim yang paling memungkinkan untuk jadi destinasi penyerang berusia 28 tahun tersebut, tapi klub lain seperti Manchester United dan Paris Saint-Germain juga tengah memantau perkembangannya. Merupakan sosok bintang dunia, siapapun yang pada akhirnya mendapatkan tanda tangan Griezmann tentu akan jadi sorotan.
2. Matthijs de Ligt
Untitled Image
De Ligt di laga vs Tottenham. Foto: AFP/Emanuel Dunand
Musim ini Matthijs de Ligt semakin membuat dirinya sebagai pemain muda paling diinginkan di Eropa. Kematangannya bersama Ajax membuat harga De Ligt melonjak tinggi. Musim ini pun dirinya sukses membawa De Godenzonen jadi tim kejutan di Liga Champions. Tak khayal para raksasa liga top Eropa berebut tanda tangannya.
ADVERTISEMENT
Bek berusia 19 tahun tersebut memang paling mungkin mendarat di Barcelona, tapi tim sekaliber Manchester United, Juventus, dan Bayern Muenchen juga menargetkan Kapten Ajax tersebut. Bila sukses jadi kampiun di UEFA Nations League bersama Timnas Belanda, bukan tak mungkin harga De Ligt semakin naik dan menjadikan dirinya sorotan.
3. Gareth Bale
Untitled Image
Gareth Bale menunjukkan ekspresi datar saat bintang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol ke gawang Real Madrid. Foto: Pierre-Philippe Marcou/AFP
Musim panas 2013 lalu, Real Madrid mendatangkan Gareth Bale di hari terakhir bursa transfer dengan mahar pemecah rekor dunia, 100 juta euro. Musim perdana Bale bersama El Real menjanjikan dengan mencetak gol penentu di dua final, Copa del Rey dan Liga Champions. Sayangnya, Bale kerap kali terkena cedera.
Alhasil, bintang kelahiran Wales tersebut gagal memberikan yang terbaik buat Los Blancos. Gagal bisa tampil konsisten, Zidane pun dikabarkan tak lagi meminati winger 29 tahun tersebut. Terlebih bila Hazard datang akan semakin membuat posisinya terancam. Walau begitu, nama besar yang diemban bakal tetap membuat kepindahannya jadi sorotan.
ADVERTISEMENT
4. Philippe Coutinho
Untitled Image
Coutinho dalam sebuah laga bersama Barcelona. (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)
Musim dingin 2018, Barcelona mendatangkan Philippe Coutinho dengan dana transfer fantastis senilai 142 juta euro dari Liverpool. Mengawali kiprahnya dengan baik bersama Blaugrana, gelandang serang asal Brasil tersebut gagal konsisten di musim keduanya dan cukup membuat geram para supporters.
Penampilan Coutinho yang di bawah rata-rata, terutama di Liga Champions, membuat pihak klub merundingkan masa depannya di klub. Mahar pemain berusia 26 tahun mungkin hanya bisa ditebus oleh klub besar, menjadikannya sebagai salah satu pemain yang bisa jadi sorotan bila jadi pindah.
5. Paul Pogba
Untitled Image
Pogba pada sebuah laga bersama Manchester United. (Foto: Peter Powell/Reuters)
Manchester United boleh saja menjalani musim yang mengecewakan, tapi Paul Pogba mencatatkan performa terbaik sepanjang karier. Pogba pun sukses jadi top skor sekaligus pemain paling berkontribusi buat ‘Setan Merah’, mencatatkan 16 gol dan 11 asis di semua kompetisi.
ADVERTISEMENT
Namun, suporter Manchester United kini dibuat waswas lantaran pemain andalannya tersebut gencar dikabarkan bakal hengkang. Pogba disebut ingin tantangan baru dan berambisi mendapat trofi. Karena itu, Real Madrid dan Juventus kini gencar dikaitkan dengannya. Tentu bila resmi pindah, Pogba bakal jadi sorotan publik. (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan