Bola & Sports
·
23 November 2020 13:03

Pemain 16 Tahun Ini Resmi Dikontrak Nike Senilai Rp 169 Miliar

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Pemain 16 Tahun Ini Resmi Dikontrak Nike Senilai Rp 169 Miliar (95603)
Youssoufa Moukoko (kanan) bersama seniornya Erling Haaland (kiri) saat melakukan debut bersama Borussia Dortmund. Foto: Clemens Bilan - Pool/Getty Images
Youssoufa Moukoko, pemain berusia 16 tahun, itu ramai diperbincangkan banyak orang. Hal itu tak lepas dari talenta yang dimiliknya saat memperkuat Borussia Dortmund.
ADVERTISEMENT
Kali ini, Moukoko resmi mencatatkan rekor. Pasalnya, ketika dia turun menggantikan Erling Haaland saat bertandang ke Hertha Berlin (21/11), Moukoko masih berusia 16 tahun 1 hari.
Walaupun baru turun pada menit ke-85, Moukoko resmi menggeser rekor Nuri Sahin dengan usia 16 tahun 11 bulannya sebagai pemain termuda yang pernah bermain di Bundesliga.
Berkat debut profesionalnya, Moukoko langsung ditawari salah satu apparel olahraga ternama asal Amerika, Nike. Apparel olahraga yang memiliki logo ceklis itu mengontrak pemuda Jerman blasteran Kamerun sebesar 6 ribu poundsterling (setara 113 juta rupiah) per minggu.
Jika dikalkulasikan, kesepakatan Moukoko bersama Nike berjumlah 9 juta pounds (setara 169 miliar rupiah) selama setahun. Belum lagi, Nike menawarkan bonus sebesar 1 juta pounds (18 juta rupiah).
ADVERTISEMENT
Pemain yang baru saja berulang tahun ke-16 pada Jumat (20/11) itu langsung mengungkapkan rasa bangganya melalui akun instagram pribadinya @youssoufa_10. Dia menjelaskan bagaimana proses yang sederhana sampai dirinya bisa memiliki sepatu sendiri.
"Enam tahun lalu saya masih berlatih dengan pelatih masa kecil saya dan sekarang saya melakukan debut profesional dengan sepatu sepak bola saya sendiri," ujar Moukoko.
"Sangat senang bisa mencatatkan debut. Tapi, yang lebih penting, kami menang," katanya.
Perasaan bangga dan senangnya bahkan membuat dirinya sulit berkata-kata. Bahkan dia menulisnya pun demikian. Moukoko masuk dari bangku cadangan pada menit ke-85 dengan keunggulan 5-2 sampai peluit panjang berbunyi.
Pemuda yang mencatatkan 25 penampilan bersama Dortmund U-19 itu telah mencatatkan 47 gol dan 10 assist. Dengan catatan impresifnya, diharapkan dirinya bisa menjadi pengganti yang sepadan bagi Erling Haaland yang usianya hanya terpaut empat tahun.
ADVERTISEMENT
Atas debut Moukoko, Halaand pun tak ketinggalan memuji pemain kelahiran Yaounde, Kamerun itu.
"Saya pikir dia adalah pemain dengan talenta terbesar di dunia saat ini. Umur 16 tahun dan satu hari, itu cukup luar biasa," ucap Haaland dikutip dari ESPN.