Bola & Sports
·
14 Januari 2021 10:54

Profil Hamza Rafia, Wonderkid Pencetak Gol Kemenangan Juventus di Coppa Italia

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Profil Hamza Rafia, Wonderkid Pencetak Gol Kemenangan Juventus di Coppa Italia (430958)
Hamza Rafia cetak gol kemenagan untuk Juventus. Foto: Twitter/@hamzarafia10
Ada nama Hamza Rafia yang muncul dalam drama 5 gol di gelaran Coppa Italia 2020/21 antara Juventus vs Genoa, Kamis (14/1) dini hari WIB. Gol di menit 105 berhasil mengantarkan 'Si Nyonya Tua' melaju ke babak perempat final.
ADVERTISEMENT
Lantas, siapa sebenarnya Hamza Rafia?
Rafia adalah seorang pemain berpaspor Tunisia yang mengawali karier sepak bolanya di Prancis bersama SC Bron Terraillon, AS Bron Grand Lyon, dan Olympique Lyon.
Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini dipromosikan ke tim Lyon B pada 2017 lalu. Empat musim bersama Lyon B, Rafia berhasil ceploskan 5 gol dari 25 penampilan sebelum akhirnya dipinang Juventus pada 2019.
Sebenarnya, Juventus bisa mendatangkan Rafia tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, mengingat kontraknya bersama Lyon B habis pada Juni 2019 lalu.
Namun, demi menjaga persahabatan dengan Lyon, Juventus meminta Rafia untuk meneken kontrak terlebih dahulu sebelum dibeli. Rafia akhirnya dipinang dengan bandrol 400 ribu euro (sekitar Rp6,8 miliar) untuk durasi kontrak 3 tahun.
ADVERTISEMENT
Meski debutnya di Serie C berujung kekalahan 2-0 dari Novara, namun Rafia berhasil membantu Bianconeri muda menyabet gelar Coppa Italia Serie C 2019/20. Pada laga final tersebut, dia juga sukses menceploskan bola ke gawang Ternana yang berakhir dengan kemenangan 2-1.
Sejauh ini, dia telah catatkan 42 penampilan, 5 gol, dan 9 assist bersama Juventus U-23. Penampilan apiknya tersebut membuat Andrea Pirlo memasukkannya dalam daftar skuad Juventus saat melawan Genoa di babak 16 besar Coppa Italia, Kamis (14/1) dini hari WIB.
Profil Hamza Rafia, Wonderkid Pencetak Gol Kemenangan Juventus di Coppa Italia (430959)
Juventus vs Genoa. Foto: Getty Images
Masuk di menit ke-77 menggantikan Manolo Portanova, Rafia sukses torehkan catatan manis dengan gol kemenangan di debut pertamanya bersama tim senior Juventus.
Untuk karier tim nasionalnya, Rafia diketahui sempat membela dua negara berbeda, Prancis dan Tunisia.
ADVERTISEMENT
Rafia memang lahir di Tunisia, tetapi dia pindah ke Prancis saat masih belia. Hal itulah yang membuat dirinya memiliki paspor Prancis dan pernah bermain untuk skuad Les Bleus U-17 dan U-18.
Namun, dirinya memutuskan untuk bergabung bersama tim nasional Tunisia di level senior. Saat ini, dia telah mencatatkan tujuh penampilan bersama negara kelahirannya tersebut.