Bola & Sports
·
22 September 2020 11:02

Stadion di Indonesia Masih Urus Rumput, Thailand Sudah Pasang Panel Surya

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Stadion di Indonesia Masih Urus Rumput, Thailand Sudah Pasang Panel Surya (97197)
Ilustrasi stadion di Indonesia. Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Persoalan infrastruktur seakan menjadi mimpi buruk yang tak kunjung terselesaikan bagi sepak bola Indonesia. Boro-boro memenuhi standar FIFA, sekadar layak untuk menggelar pertandingan tingkat nasional saja terkadang tak sanggup.
ADVERTISEMENT
Di Liga 1, sebagai level kompetisi tertinggi nasional, masih banyak stadion yang tak layak. Salah satu contohnya adalah Stadion Andi Mattalatta yang menjadi markas PSM Makassar.
Secara kasat mata, stadion yang dibangun pada 1957 ini sudah tak layak. Mulai dari tribune penonton hingga kondisi lapangan. Di tingkat Asia, PSM bahkan harus bermain di Stadion Pakansari untuk laga Piala AFC karena kandangnya tak lolos verifikasi AFC.
Stadion di Indonesia Masih Urus Rumput, Thailand Sudah Pasang Panel Surya (97198)
PSM Makassar di Mattoangin. Foto: ANTARA/Yusran Uccang
Beberapa waktu lalu, Stadion Andi Mattalatta juga sempat viral setelah ada orang menanam sayuran di tribune penonton.
Kondisi jauh berbeda terlihat di Thailand. Ketika banyak stadion di Indonesia masih sibuk urus lapangan dan rumput, Stadion Chang Arena bahkan sudah memakai panel surya.
ADVERTISEMENT
Chang Arena merupakan markas dari klub Liga Thailand, Buriram United. Stadion tersebut bahkan sudah lolos verifikasi AFC untuk menggelar pertandingan di Liga Champions Asia--turnamen terelite di Asia.
Panel surya dipasang di atap yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke sekeliling stadion. Chang Arena tercatat menjadi stadion pertama di Thailand yang menggunakan panel surya.
Berbeda dengan stadion di Indonesia yang dimiliki pemerintah daerah, Chang Arena merupakan milik pribadi Buriram United.
Lantas, akankah stadion di Indonesia meniru apa yang dilakukan Chang Arena? Hmmm...urus rumputnya dulu deh..