Bola & Sports
·
7 Desember 2020 12:06

Suporter Millwall Bikin Ulah, Wayne Rooney: Memalukan & Tak Punya Akal

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Suporter Millwall Bikin Ulah, Wayne Rooney: Memalukan & Tak Punya Akal  (132703)
Pemain Derby County, Colin Kazim-Richards yang mengangkat tangannya sebagai simbol solidaritas. Foto: Getty Images
Kehadiran suporter dalam lanjutan laga Divisi Championship antara Millwall FC melawan Derby County berbuntut panjang. Hal itu disebabkan adanya tindakan rasialis yang dilakukan oleh pendukung tuan rumah.
ADVERTISEMENT
Millwall menjamu tim asuhan Wayne Rooney di kandang mereka, The Den pada Sabtu (5/12). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Derby County.
Ini menjadi kali pertama bagi Millwall menyambut kembali 2.000 pendukung mereka sejak adanya pandemi pada Maret lalu. Namun, kembalinya para pendukung malah jadi malapetaka bagi mereka.
Suporter Millwall bikin ulah sebelum pertandingan dimulai ketika para pemain mengambil sikap berlutut di lapangan sebagai simbol mendukung gerakan Black Lives Matter. Bukan memberikan dukungan, para fans justru mencemooh dengan teriakan 'boooo....'.
Padahal, para pemain dan ofisial tim di Liga Inggris telah melakukan sikap berlutut sebelum memulai pertandingan sejak Juni lalu. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan Black Lives Matter menyusul tewasnya warga Amerika Serikat, George Floyd.
ADVERTISEMENT
Perilaku suporter tersebut bahkan menuai kecaman dari striker Millwall, Mahlon Romeo. Ia mengaku kecewa atas apa yang dilakukan pendukungnya.
“Itu menyinggung saya, para pemain, dan semua orang yang bekerja untuk klub ini. Jangan kira kalian datang dan bebas menyebarkan kebencian. Saya merasa sangat sedih, mungkin ini hal paling sedih yang pernah saya rasakan selama di klub ini,” ujar Romeo seperti dikutip dari The Sun.
Kecaman juga datang dari kubu lawan, Derby County. Sang pelatih interim, Wayne Rooney, menilai tindakan tersebut sebagai hal yang memalukan.
"Kemarin saya menyaksikan perilaku memalukan dan tidak berakal yang dilakukan sebagian besar pendukung Millwall di stadion,” ucap Rooney.
"Fans yang diizinkan kembali ke stadion sangat penting untuk kesejahteraan semua orang yang terlibat. Oleh karena itu, sangat penting menunjukkan rasa hormat dan mendukung satu sama lain serta tidak mentolerir tindakan dari segelintir orang yang ceroboh," lanjutnya.
Suporter Millwall Bikin Ulah, Wayne Rooney: Memalukan & Tak Punya Akal  (132704)
Wayne Rooney saat Derby County menjamu Manchester United. Foto: Andrew Yates/Reuters
Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) telah merilis pernyataan yang mengutuk insiden tersebut, tak lama setelah pertandingan selesai.
ADVERTISEMENT
"FA mendukung semua pemain dan staf yang ingin mengambil sikap melawan diskriminasi dengan cara yang hormat, termasuk melakukan sikap berlutut. Kami juga sangat mengutuk perilaku setiap penonton yang menentang (mengejek) tindakan melawan diskriminasi tersebut," bunyi pernyataan FA.
"Kami sedih dengan perilaku pendukung yang mencemooh para pemain ketika mengambil sikap berlutut di Millwall,” Kick it Out, organisasi sepak bola anti-rasisme juga turut menambahkan.
Atas insiden tersebut, pihak Millwall FC pun merilis pernyataan dan sikap resminya sehari setelahnya.
“Klub sepak bola Millwall kecewa dan sedih dengan peristiwa yang merusak pertandingan hari Sabtu melawan Derby County di The Den. Klub telah bekerja tanpa lelah dalam beberapa bulan terakhir untuk mempersiapkan kembalinya para pendukung Banyak kekecewaan dari mereka yang telah berkontribusi pada upaya tersebut,” bunyi pernyataan resmi dari pihak klub.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, pendukung Millwall juga pernah melakukan tindakan rasialis pada 2017 dan 2019. Tindakan tersebut salah satunya ditujukan kepada pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min.