Otomotif
·
7 Juni 2021 21:15
·
waktu baca 2 menit

10 Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Cepat dan Benar

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
10 Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Cepat dan Benar (110117)
Layout mesin BMW 330i M Sport Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Mesin mobil meskipun selalu tertutup, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terpapar oleh debu dan kotoran. Hal ini biasanya kurang disadari pemilik mobil, sehingga akan selalu mengira bahwa bagian mesin akan selalu terjaga kebersihannya.
ADVERTISEMENT
Namun, pada faktanya, bagian mesin pun bisa kotor. Lalu, bagaimana cara membersihkan komponen mobil yang satu ini? Hal yang perlu Anda ingat adalah membersihkan bagian mesin berbeda dengan bodi atau kabin mobil.
Harus ekstra hati-hati karena tidak boleh sembarangan. Diperlukan beberapa hal dalam mencuci mesin mobil agar tidak cepat rusak.

Cara Membersihkan Mesin Mobil

10 Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Cepat dan Benar (110118)
Ilustrasi mesin mobil Foto: Bagas Putra Riyadhana
Membersihkan mesin mobil mungkin terdengar menakutkan karena Anda mencuci sebongkah besar logam dan plastik yang mungkin bisa memicu terjadinya korsleting dan membuat mesin mobil tidak menyala.
Dikutip dari caranddriver.com berikut cara membersihkan mesin dengan cepat dan benar.

1. Waktu Pengerjaan

Untuk waktu pengerjaanya, idealnya, pada cuaca yang hangat. Cuaca yang hangat disini adalah ketika pagi hari ataupun sore hari, terutama kelembapan rendah dengan sedikit angin, akan membantu mengeringkan mesin dan komponen setelah dibersihkan.
ADVERTISEMENT

2. Pendinginan

Jika mobil baru saja digunakan, buka kap mesin dan biarkan mesin menjadi dingin kurang lebih selama 15 menit. Komponen mesin yang panas tidak hanya dapat membakar tangan Anda, tetapi juga dapat rusak karena kontraksi yang cepat jika disemprot dengan air dingin.

3. Melepaskan mesin

Lepaskan semua penutup plastik di bawah kap. Lepaskan juga terminal negatif dari baterai. Hal ini akan membantu melindungi komponen listrik agar tidak rusak jika basah.
Anda juga dapat melepas baterai jika mau, tetapi kami telah membersihkan banyak ruang mesin tanpa melakukannya.

4. Menutup komponen listrik

Gunakan kantong plastik untuk tutup semua komponen listrik yang sensitif seperti aki, kabel pengapian, dan unit kontrol mesin.
ADVERTISEMENT
Jika ada lubang udara yang masih terbuka harus segera menutupinya. Melindungin part elektronik ini akan memungkinkan Anda membersihkan lebih menyeluruh dengan risiko kerusakan apa pun yang lebih kecil.

5. Degreaser

Semprotkan secara menyeluruh seluruh kompartemen mesin dengan degreaser. Degreaser rumah tangga apa pun bisa digunakan, baik itu pembersih dapur atau degreaser mesin yang dibuat khusus.

6. Menggosok mesin

Menggosok mesin disini tergantung pada seberapa kotor mesin Anda, mungkin anda tidak perlu menggosoknya. Namun, beberapa area, seperti penutup katup, mungkin memiliki minyak dan kotoran yang menempel selama bertahun-tahun.
Disarankan menggunakan sikat kecil dengan bulu sintetis agar kotoran memang benar-benar terangkat dari bagian mesin mobil.

7. Bilas mesin tersebut

Jika Anda memiliki mesin pencuci listrik, Anda dapat menggunakannya pada pengaturan cahaya, namun Anda juga bisa menggunakan selang biasa yang biasa anda gunakan.
ADVERTISEMENT
Usahakan untuk tidak menyemprotkan komponen listrik secara langsung, dan usahakan untuk tidak menyemprotkan banyak air ke area yang tidak mudah kering.

8. Mengeringkan mesin

Jika anda memiliki air compressor, Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan air. Jika tidak, bersihkan semua yang bisa Anda jangkau dengan handuk atau kanebo.
Ini tidak hanya akan menghilangkan air tetapi juga akan membantu menghilangkan kotoran yang tersisa.

9. Pasang kembali part mesin

Pasang kembali terminal negatif pada aki dan lepaskan kantong yang menutupi komponen listrik.
Nah, itulah beberapa cara untuk membersihkan mesin pada mobil Anda. Selamat mempraktekannya dirumah!
(HDZ)