Otomotif
·
25 Mei 2021 9:22

Bebas Pilih, Begini Cara Perpanjang SIM di Lokasi atau Online

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Bebas Pilih, Begini Cara Perpanjang SIM di Lokasi atau Online (47351)
searchPerbesar
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi atau SIM. (Foto: dok. Istimewa)
Bila Anda seorang pengendara, wajib hukumnya mengantongi Surat Izin Mengemudi atau SIM. Tentu saja, SIM yang Anda miliki harus dalam masa berlaku 5 tahun terhitung dari tanggal penerbitannya.
ADVERTISEMENT
Jika sudah habis masa berlakunya, Anda wajib memperpanjang SIM di lokasi-lokasi yang tersedia. Anda bisa mendatangi Satpas, SIM Keliling, atau Gerai SIM yang ada di daerah Anda.
Bila cukup sibuk atau menginginkan cara yang lebih mudah, gunakan metode online via aplikasi. Anda bisa memanfaatkan layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) pada aplikasi Digital Korlantas Polri.
Anda yang bingung mengenai cara memperpanjang SIM tak perlu khawatir. Berikut ini kami sajikan cara perpanjang SIM yang bisa Anda lakukan, baik secara langsung di lokasi atau via online.

Cara Perpanjang SIM di Lokasi

Bebas Pilih, Begini Cara Perpanjang SIM di Lokasi atau Online (47352)
searchPerbesar
Lokasi pelayanan SIM Keliling di ITC BSD, Tangerang Selatan. (Foto: dok. Istimewa)
Pada pembahasan kali ini, kami akan sajikan cara memperpanjang SIM secara langsung yang praktis, yaitu dengan menggunakan layanan SIM Keliling.
Persyaratan yang diperlukan untuk dibawa juga cukup mudah. Anda hanya perlu membawa SIM dan KTP asli beserta fotokopi 2 lembar. Jangan lupa membawa pulpen sendiri untuk mempermudah urusan mengisi formulir di sana.
ADVERTISEMENT
Bila Anda sudah siap mendatangi SIM Keliling, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Sampai di lokasi, langsung datangi pos verifikasi. Berikan berkas persyaratan yang sudah disiapkan ke petugas di sana.
  2. Anda akan diberi nomor antrean dan formulir untuk diisi. Sambil mengantre, isilah formulir identitas diri Anda secara lengkap.
  3. Ketika nama Anda dipanggil, serahkan formulir yang sudah diisi dan Anda akan melakukan tes kesehatan. Jika sudah, kembali ke tempat tunggu antrean.
  4. Anda akan dipanggil lagi untuk mengambil beberapa data, seperti foto, tanda tangan, dan juga sidik jari. Petugas kemudian akan memverifikasi data-data tersebut.
  5. Kembali lagi ke antrean dan tunggu sampai nama Anda dipanggil lagi untuk melunasi biaya perpanjangan SIM.
Untuk menyelesaikan perpanjang SIM di layanan ini, Anda akan menghabiskan waktu paling lama 30 menit. Jika antrean sepi, Anda bisa saja hanya memerlukan waktu yang lebih singkat.
ADVERTISEMENT
Cara Perpanjang SIM Online
Bebas Pilih, Begini Cara Perpanjang SIM di Lokasi atau Online (47353)
searchPerbesar
Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri. (Foto: Reno Esnir/ANTARA Foto)
Selain cara langsung di lokasi, Anda bisa juga memanfaatkan layanan online perpanjang SIM. Anda bisa mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri di Play Store. Cara menggunakannya adalah seperti berikut:
  1. Buka aplikasi, lalu lakukan registrasi dengan mengisi nomor handphone. Masukkan kode OTP yang Anda terima via SMS.
  2. Buatlah PIN dari 6 angka yang mudah Anda ingat. Pada kolom lain, isi nama lengkap, NIK, dan alamat email aktif.
  3. Aplikasi akan membantu Anda mengambil foto wajah untuk diverifikasi. Jika sudah, buka email dan klik link aktivasi akun.
  4. Selanjutnya pada aplikasi, pilih menu SIM dan tentukan golongan SIM nya (A, C, dan sebagainya). Isi data nomor SIM, lalu unggah foto KTP, SIM, tanda tangan, dan pas foto Anda.
  5. Anda akan mendaftar untuk tes kesehatan pada menu E-Rikkes. Isilah NIK dan swafoto diri, lalu pilih dokter dan jadwal yang sesuai dengan Anda.
  6. Datangi lokasi tes kesehatan yang ditentukan sesusai jadwal. Usai tes, lunasi biaya tes dengan membayar via ATM atau mobile banking. Anda akan menerima hasil tes di aplikasi.
  7. Setelahnya Anda akan melakukan tes psikologi. Pilih menu E-PPsi, hasil tesnya juga akan Anda terima di aplikasi.
  8. Anda akan memilih lokasi Satpas terdekat dan menentukan metode pengambilan langsung, diwakilkan dengan surat kuasa, atau melalui jasa pengiriman Kantor Pos. Anda juga akan mengisi nomor rekening bila ada keperluan pengembalian atau pembatalan.
  9. Lakukan pembayaran dari ATM atau mobile banking. Anda akan menunggu sampai proses pembuatan SIM selesai.
ADVERTISEMENT
Bila SIM baru sudah Anda terima, jangan lupa melakukan konfirmasi pada aplikasi. Digitalisasi SIM Anda juga akan muncul pada aplikasinya.
(RAS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020