Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil 2023 dan Persyaratannya

Konten dari Pengguna
17 Januari 2023 9:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Biaya mutasi dan balik nama mobil 2023. (Foto: Aprilandika Pratama/kumparanOTO)
zoom-in-whitePerbesar
Biaya mutasi dan balik nama mobil 2023. (Foto: Aprilandika Pratama/kumparanOTO)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Biaya mutasi dan balik nama mobil 2023 bisa bermanfaat bagi yang ingin memindahkan domisili kendaraan sekaligus mengganti nama kepemilikan kendaraan. Berikut informasinya bersama dengan persyaratannya.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, mutasi mobil merupakan proses pemindahan domisili registrasi kendaraan bermotor yang umumnya disandingkan dengan balik nama kendaraan atau mengganti nama kepemilikan kendaraan.
Proses ini biasanya dilakukan pembeli kendaraan bekas yang ingin mendapatkan STNK, BPKB, dan TNKB baru sesuai domisili yang akan didaftarkan bersama dengan nama kepemilikan yang baru.
Bagi yang ingin melakukan proses serupa dengan kendaraan roda empat (mobil), ini besaran biaya dan persyaratan yang perlu disiapkan.

Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil 2023

Biaya mutasi dan balik nama mobil 2023. (Foto: Ghulam Muhammad Nayazri/KumparanOTO)
Dikutip dari laman linkaja, mutasi dan balik nama mobil bekas akan membuat kendaraan yang dimiliki sepenuhnya milik Anda. Apabila proses mutasi dilakukan di wilayah Samsat yang berbeda atau beda provinsi, ini persyaratan yang perlu disiapkan:
ADVERTISEMENT

Biaya Mutasi Mobil

Biaya mutasi mobil bisa berbeda di setiap wilayahnya. Apabila sesuai PP No. 60 Tahun 2016, maka berikut rincian biaya mutasi kendaraan roda empat:

BIaya Balik nama Mobil

Sama seperti biaya mutasi, biaya balik nama mobil juga berbeda di setiap wilayahnya. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencari informasinya secara daring sesuai daerah registrasi maupun bertanya langsung di Kantor Samsat.
Adapun biaya wajib yang perlu disiapkan dalam melakukan balik nama mobil bekas adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Perlu diingatkan kembali, harga di atas merupakan biaya estimasi karena di setiap wilayahnya menerapkan regulasi yang berbeda.
Sebagai informasi, mutasi kendaraan dibagi menjadi dua jenis, yaitu mutasi satu wilayah dan mutasi lain wilayah (beda provinsi). Keduanya memiliki prosedur berbeda sehingga Anda perlu mengetahui perbedaan kedua jenis mutasi tersebut.
Demikianlah informasi mengenai biaya dan persyaratan mutasi dan balik nama mobil 2023. Semoga bermanfaat.
(AA)
ADVERTISEMENT