Otomotif
·
22 Juli 2021 20:34
·
waktu baca 2 menit

Biaya Spooring Balancing Mobil, Berikut Rinciannya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Biaya Spooring Balancing Mobil, Berikut Rinciannya (76690)
searchPerbesar
Spooring dan balancing Mitsubishi Xpander (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Melakukan perawatan pada kendaraan bermotor, khususnya mobil adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin. Sebab, dengan perawatan yang teratur, risiko kendaraan rusak dan tidak aman menjadi berkurang, sekaligus memastikan Anda tetap berkendara dengan nyaman.
ADVERTISEMENT
Kenyaman berkendara salah satunya ditentukan oleh kondisi kemudi atau setir yang berfungsi sebagai pengatur arah kendaraan. Nah, kondisi kemudi yang nyaman tergantung pada kondisi penyetelan roda-roda, melalui proses spooring dan balancing.

Apa itu Spooring dan Balancing mobil?

Dikutip dari KumparanOTO, proses spooring merupakan tahapan awal sebelum kemudian dilanjutkan dengan proses balancing. Spooring mobil sendiri merupakan proses untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil yang berlawanan. Misalnya roda depan kanan dan roda depan kiri, juga untuk roda belakang kanan dan kiri. Semuanya harus selaras dan seimbang.
Biaya Spooring Balancing Mobil, Berikut Rinciannya (76691)
searchPerbesar
Ilustrasi spooring balancing ban mobil Foto: Dok. Istimewa
Proses spooring, meliputi camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius. Spooring berfungsi untuk menjaga kestabilan kendaraan, misalnya agar kemudi menjadi ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok, dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah kemudi dilepas. Spooring juga berfungsi untuk mengurangi keausan pada komponen-komponen ball-joint dan roda.
ADVERTISEMENT
Proses balancing sendiri merupakan penyeimbangan kombinasi berat ban dengan velg, agar putaran roda lurus (tidak godeg). Pada saat roda (ban dengan velg) berputar menggelinding pada permukaan jalan, mereka akan menyalurkan gaya dan torsi pada sumbu roda.
Balancing memastikan agar beban tiap velg dan ban terdistribusi dengan baik dan merata pada seluruh lingkar ban dan velg tersebut. Jika sudah demikian, maka ban akan menggelinding dengan sempurna, habis secara merata, dan awet sehingga berkendara pun jadi nyaman.

Biaya Spooring dan Balancing

Jika berencana perawatan mobil berupa spooring dan balancing, Anda pastinya penasaran mengenai besaran biayanya.
Biaya Spooring Balancing Mobil, Berikut Rinciannya (76692)
searchPerbesar
Ilustrasi memeriksa ban mobil. Foto: Shutterstock
Dikutip dari halaman resmi daihatsu.co.id, Umumnya biaya spooring dan balancing lumayan terjangkau. Meski tarifnya berbeda-beda di setiap bengkel servis, biaya untuk proses balancing rata-rata sebesar Rp 10.000 - Rp 20.000 per ban. Untuk proses spooring, biayanya dipatok sekitar Rp 90.000 - Rp 150.000.
ADVERTISEMENT
Itu saja? Tentu tidak. Sekali memilih perawatan spooring dan balancing, Anda juga akan melalui tahap finish balance yang biayanya berkisar sampai Rp 40.000 per roda. Maka, jika ditotal, Anda perlu menyiapkan kocek sekitar Rp 400.000 setiap kali akan melakukan spooring dan balancing.

Manfaat Balancing Mobil

Balancing mobil tidak hanya bermanfaat untuk menyeimbangkan ban-ban kendaraan. Lebih dari itu, balancing dapat mencangkup manfaat ekonomis dan manfaat lainnya, yakni:
1. Efisiensi bahan bakar
Ketika bagian-bagian mobil tidak tertata dengan baik, ban-ban mobil tidak dapat bekerja seperti seharusnya. Karena hal ini, mesin kendaraan akan bekerja lebih keras agar mobil dapat maju ke depan. Dampaknya, pemakaian bahan bakar akan lebih meningkat dibanding dengan keadaan sebelumnya.
ADVERTISEMENT
2. Mengurangi biaya perbaikan mobil
Bagian-bagian mobil yang tidak rata dapat menyebabkan mobil Anda rusak sebelum waktunya. Setiap kali mobil melintas di jalan yang berlubang, setir mobil dan sistem suspensi akan terkena dampaknya.
Jika ban tidak sanggup untuk mengurangi dampak kerusakan yang ditimbulkan jalan berlubang ini, bagian-bagian tertentu pada mobil akan mengalami benturan yang lebih keras dari yang seharusnya mereka dapat. Jika bagian tersebut benar-benar rusak, maka Anda akan berhadapan dengan biaya perbaikan mobil yang terlampau mahal.
3. Berkendara menjadi lebih mulus
Ketika ban mobil atau bagian mobil lainnya tidak tertata dengan baik, biasanya Anda akan menyadari kalau mobil perlahan akan bergeser ke kanan maupun ke kiri, meskipun setir mobil sepenuhnya lurus.
ADVERTISEMENT
Terus menyesuaikan setir dengan pergeseran mobil tentunya sangat melelahkan, tidak efisien, mengganggu dan berbahaya.
4. Meningkatkan keselamatan dalam berkendara
Merawat kendaraan secara benar dapat membantunya untuk berfungsi dengan baik. Perawatan juga dapat menghindarkan dari masalah-masalah mobil yang dapat membuat kendaraan Anda terdampar di pinggir jalan. Maka dari itu, segera lakukan balancing sebelum semuanya terlambat.
5. Memperpanjang umur ban kendaraan
Manfaat lain dari balancing dapat dirasakan oleh ban mobil Anda. Ban adalah salah satu bagian mobil yang penting dan mahal. Ban menjadi lebih cepat rusak jika balancing mobil tidak dilakukan secara rutin.
Jika mobil rutin menjalani balancing, maka ban akan awet dan pengemudi tidak perlu repot-repot mengganti bannya, kecuali jika benar-benar rusak.
ADVERTISEMENT
(HDZ)