Otomotif
·
6 Mei 2021 18:31

Cara Perpanjang SIM C di Layanan SIM Keliling

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Perpanjang SIM C di Layanan SIM Keliling (408559)
Pelayanan SIM Kelilin di ITC BSD, Tangerang Selatan. (Foto: dok. Istimewa)
SIM C merupakan dokumen berkendara yang wajib dikantongi pengendara motor. Seperti halnya golongan lain, SIM C memiliki masa berlaku yang harus diperpanjang setiap 5 tahun.
ADVERTISEMENT
Bila Anda sampai pada habis masa berlaku, segeralah melakukan perpanjang SIM. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah mobil pelayanan SIM Keliling yang tersedia di banyak wilayah Indonesia.
Cara Perpanjang SIM C di Layanan SIM Keliling (408560)
Ilustrasi SIM A dan C. (Foto: dok. Istimewa)
Anda hanya perlu membawa KTP dan SIM, baik asli maupun salinannya sebanyak 2 lembar. Jika Anda hendak mencoba, berikut caranya dikutip dari kumparanOTO:

Cara Perpanjang SIM C di SIM Keliling

Datanglah ke lokasi pemberhentian mobil SIM Keliling di wilayah Anda. Jika sudah sampai, segera ke pos petugas verifikasi untuk menyerahkan SIM dan KTP bersamaan salinannya. Nomor antrean akan diberikan lalu duduklah untuk menunggu nama Anda dipanggil.
Ketika menunggu panggilan, isilah formulir identitas diri yang diberikan. Isi secara lengkap identitas diri Anda.
ADVERTISEMENT
Berikutnya Anda akan dipanggil untuk tes kesehatan. Berikan formulir yang sudah diisi ke petugas kesehatan. Anda akan melalui cek tinggi, berat badan, golongan darah, suhu tubuh dan tes mata. Selesai cek, Anda akan mengantre lagi untuk giliran foto.
Panggilan selanjutnya akan Anda dapatkan untuk pengambilan foto. Serahkan formulir ke petugas di dalam mobil, lalu Anda akan diminta mengambil foto, tanda tangan, dan cap sidik jari.
Kembali ke antrean sambil menggu data Anda diverifikasi petugas. Nama Anda akan dipanggil ketika SIM baru sudah terbit. Lalu selesaikan prosedur perpanjangan dengan melunasi biaya pembuatannya.
Tidak butuh waktu lama bila Anda menyempatkan diri untuk perpanjang di SIM Keliling. Anda hanya butuh sekitar 30 menit untuk melakukan semua prosedurnya. Bahkan jika antrean sedang sepi, Anda bisa menyelesaikan semuanya lebih cepat.
ADVERTISEMENT
(RAS)