Otomotif
·
5 Mei 2021 17:59

Cara Perpanjang STNK Online Bagi Masyarakat Jakarta

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Perpanjang STNK Online Bagi Masyarakat Jakarta (307703)
Ilustrasi pajak kendaraan pada STNK. (Foto: dok. Istimewa)
Memperpanjang STNK setiap tahun wajib hukumnya bagi Anda pemilik kendaraan. Mengurusnya pun harus tepat waktu, sebab jika menunda Anda akan dikenai denda sesuai lamanya keterlambatan.
ADVERTISEMENT
Bagi sebagian orang, memperpanjang STNK dengan membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mungkin cukup memakan waktu. Kesibukan setiap hari bisa membuat mereka kesulitan mengatur jadwal untuk mendatangi Samsat.
Namun, urusan perpanjang STNK kini bisa semakin mudah dengan adanya pelayanan via online. Anda yang sibuk tidak perlu khawatir lagi dan bisa memanfaatkan metode ini.
Apalagi di situasi pandemi, metode perpanjang STNK online sangat berguna untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Anda tidak perlu takut bepergian karena bisa melakukannya dari rumah.
Bagi Anda warga Jakarta, mengurus perpanjang STNK bisa memanfaatkan layanan Si-Ondel yang disediakan Pemprov DKI Jakarta.
Untuk membantu Anda menggunakannya, berikut adalah cara-caranya dikutip dari kumparanOTO.

Cara Perpanjang STNK Online Jakarta

Cara Perpanjang STNK Online Bagi Masyarakat Jakarta (307704)
Tampilan registrasi aplikasi Si-Ondel. (Foto: dok. Si-Ondel)
Sebelum mulai menggunakan, Anda terlebih dulu harus mengunduh aplikasi JakOne Mobile dan Si-Ondel. Lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:
ADVERTISEMENT
  1. Buka aplikasi JakOne Mobile dan pilih layanan E-Samsat Si-Ondel.
  2. Masukkan data kendaraan dan data pemilik yang sesuai dengan STNK.
  3. Jika data yang Anda isi sudah valid, bayar tagihannya melalui ATM atau mobile banking dengan kode bayar yang dikirimkan. Anda akan menerima kode verifikasi setelah itu.
  4. Selanjutnya, buka aplikasi Si-Ondel kemudian masukkan kode verifikasi yang Anda dapatkan sebelumnya.
  5. Pilih Kantor Samsat terdekat dari tempat Anda. Berikutnya pilih menu delivery dan pilih get driver.
Setelah semua langkah dilakukan, Anda tinggal menunggu Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran dan stiker lembar pengesahan STNK dikirimkan ke alamat Anda oleh kurir Si-Ondel.
Itulah cara perpanjang STNK online bagi Anda warga Jakarta. Setelah ini, Anda bisa dengan mudah memperpanjang STNK dengan mengikuti penjelasan di atas. (RAS)
ADVERTISEMENT