Otomotif
·
22 Juli 2021 20:36
·
waktu baca 3 menit

Cuci Mobil Hidrolik, Berikut Kekurangan dan Kelebihannya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cuci Mobil Hidrolik, Berikut Kekurangan dan Kelebihannya (85174)
searchPerbesar
Ilustrasi Cuci Mobil Foto: sasint/pixabay
Apabila Anda mempunyai mobil, sudah semestinya Anda rawat dengan baik. Merawat mobil secara rutin bisa dilakukan dengan hal yang sederhana seperti rutin cuci mobil agar tidak kotor.
ADVERTISEMENT
Selain untuk membersihkan mobil yang kotor, cuci mobil bisa merawat beberapa bagian-bagian mobil agar terhindar dari karat, jamur pada kaca mobil, dan tentunya membuat penampilan mobil semakin mempesona.
Cuci mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan sabun khusus mobil yang tidak membuat cat mobil menjadi rusak. Jika merasa ragu, sebaiknya Anda cuci mobil di tempat pencucian khusus. Karena jika tidak tahu cara yang benar mencuci mobil bisa berakibat mesin mobil mati akibat kemasukan air.
Saat mencuci mobil di jasa pencucian, ada beberapa pilihan layanan salah satunya cuci mobil hidrolik. Cuci mobil hidrolik adalah sistem pencucian yang menggunakan teknologi hidrolik, sehingga mobil bisa terangkat ke atas untuk membersihkan di bagian bawah mobil.
ADVERTISEMENT
Setelah mobil terparkir yang di bawahnya terdapat sistem hidrolik, nantinya mobil terangkat sesuai ketinggian yang diinginkan petugas pencuci mobil. Biasanya, petugas menggunakan spray gun untuk membersihkan kotoran yang ada di bawah mobil.
Namun, tahukah Anda jika metode cuci mobil hidrolik memiliki kelebihan dan kekurangan. Dilansir dari Auto2000, inilah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan cuci mobil menggunakan sistem hidrolik.

Kelebihan Cuci Mobil Hidrolik

Ada 2 kelebihan ketika Anda mencuci mobil menggunakan sistem hidrolik, yaitu:
1. Membersihkan kolong mobil dengan mudah
Bagian mobil yang paling kotor dan sering terkena debu di jalan adalah bagian bawah kolong. Tentunya, bagian ini pasti paling kotor karena langsung bersentuhan dengan kotoran yang ada di jalan. Lokasinya juga agak sulit dijangkau unutk dibersihkan.
ADVERTISEMENT
Jika menggunakan metode cuci mobil yang biasa, tentunya harus dilakukan dengan cara berjongkok atau menerobos ke sisi kolong agar bisa membersihkan bagian ini. Namun, dapat dipastikan bahwa hasilnya tidak bersih seutuhnya karena sulit untuk dijangkau.
Berbeda jika Anda mencuci bagian tersebut menggunakan sistem hidrolik karena sudah pasti jauh lebih mudah membersihkan bagian kolong mobil dan bisa mengetahui komponen mana yang sudah terlalu kotor, sehingga hasilnya menjadi jauh lebih bersih.
Cuci Mobil Hidrolik, Berikut Kekurangan dan Kelebihannya (85175)
searchPerbesar
Ilustrasi cuci mobil. Foto: Unsplash
2. Mobil bersih secara maksimal
Ketika menggunakan sistem cuci hidrolik, sudah pasti mobil Anda menjadi bersih secara maksimal. Mulai dari bagian bodi, kaki-kaki, hingga kolong mobil jauh lebih bersih jika dibandingkan tanpa menggunakan sistem tersebut. Jadi Anda tidak akan merasa rugi ketika membawa mobil ke tempat cuci mobil yang menggunakan hidrolik ini.
ADVERTISEMENT
Kekurangan Cuci Mobil Hidrolik
Pencucian mobil menggunakan sistem hidrolik juga memiliki kekurangan, yaitu:
1. Bisa Melemahkan Suspensi
Ternyata cuci mobil dengan sistem hidrolik dapat melemahkan suspensi. Suspensi depan bisa terkunci dan spooring pun juga bisa berubah.
Umumnya, kendala tersebut muncul di dalam mobil-mobil dengan umur di atas lima tahun. Jadi jika memang umur mobil Anda sudah di atas lima tahun, sebaiknya hati-hati dalam memilih cuci mobil sistem hidrolik. Jangan sampai kerusakan kaki-kaki mobil muncul disebabkan terlalu sering menggunakan sistem hidrolik ketika cuci mobil.
2. Risiko Kerusakan Komponen Mobil
Selain kerusakan pada suspensi, ada juga risiko lainnya yang bisa muncul di bagian kolong mobil karena terdapat banyak sekali komponen mobil dan tentunya ada ruang-ruang terbuka.
ADVERTISEMENT
Yang kita tahu, cuci mobil hidrolik menggunakan spray gun yang mempunyai tekanan air lumayan tinggi. Ketika tekanan air terlalu tinggi dan terus menerus mengenai komponen yang ringkih, seperti bagian kelistrikan mobil, maka dapat menimbulkan kerusakan lainnya.
Pada dasarnya yang sering mengakibatkan kerusakan sistem listrik di mobil adalah air. Saat terkena tekanan air tinggi, dapat dipastikan bagian tersebut akan rusak.
3. Terjatuh
Dalam pencucian mobil sistem hidrolik bisa terjadi human error atau kesalahan manusia. Kesalahan tersebut bisa mengakibatkan mobil terjatuh dari ketinggian saat hidrolik terangkat.
Maka dari itu sebaiknya cari cuci mobil dengan reputasi terbaik walaupun menggunakan sistem hidrolik. Sebaiknya juga cari bengkel dengan hidrolik berbentuk H karena lebih aman.
ADVERTISEMENT
(FOV)