Otomotif
·
9 Juni 2021 15:55
·
waktu baca 2 menit

Mudah, Ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Mudah, Ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum (23211)
Aki kering pada DFSK Glory i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada pemilik mobil adalah mengetahui bagaimana cara memperbaiki aki yang tidak bisa menyimpan setrum.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, ketika aki kering sudah tidak bisa menyimpan setrum, maka komponen kelistrikan dalam mobil tak mendapatkan asupan listrik yang sesuai.
Permasalahan ini tentunya akan merepotkan pemilik mobil, karena fungsi kelistrikan pada mobil tidak bekerja dengan optimal.
Nah, bagi Anda yang masih belum familiar atau ingin tahu, bagaimana cara mengatasi aki kering yang tidak bisa menyimpan setrum, terdapat beberapa langkah yang bisa disiapkan agar fungsinya aki kembali berjalan normal.
Dikutip dari halaman resmi auto2000.co.id, ada beberapa cara untuk memperbaiki aki kering ini. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut

1. Lepaskan/Putuskan Hubungan Arus Aki

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan sekaligus memutuskan arus aki.
Caranya dengan melepaskan kedua kabel, masing-masing dari positif baru ke negatif. Lakukan langkah ini secara hati-hati agar tidak ada masalah arus pendek. Jika sudah melepaskan kedua kabel, keluarkan aki kering dari tempatnya.
ADVERTISEMENT

2. Buka Penutup Aki

Sekarang Anda bisa membuka penutup aki. Sekaligus juga buka penutup karetnya. Jika semuanya sudah terbuka, maka Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Isi dengan Air Zuur

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan air zuur dan alat yang kerap disebut dengan suntikan.
Caranya, Anda bisa langsung memasukkan air zuur ke suntikan. Selanjutnya suntikkan air zuur yang sudah berada di dalam suntikan ke lubang aki.
Pastikan volume pengisian di antara batas yang tepat. Jika terlalu berlebihan, maka dapat memicu kerusakan lain pada aki mobil.

4. Tutup Aki Kembali

Jika sudah selesai, sekarang tutup aki kembali secara rapat. Pastikan penutup karetnya terpasang dengan sempurna supaya tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.
ADVERTISEMENT

5. Pasang Kabel Aki

Anda bisa memasang kembali kabel aki. Sama seperti langkah pertama, proses pemasangan harus berjalan dengan hati-hati agar tidak menciptakan arus pendek.
Pastikan kabel positif dan negatif terpasang dengan sempurna agar arus listrik dapat mengalir maksimal.

6. Coba Hidupkan Mesin

Langkah terakhir yang Anda lakukan adalah menghidupkan mesin mobil. Ketika menghidupkan mesin mobil, pastikan RPM stationer mesin tidak berada di bawah 600 RPM.
Jika RPM berada di bawah 600, maka pengisian daya aki masih belum maksimal. Sebaliknya, jika sudah di atas 600 RPM, Anda telah berhasil memperbaiki masalah ini.
(HDZ)