Otomotif
·
10 September 2021 6:11
·
waktu baca 3 menit

Surat Kesehatan untuk Perpanjang SIM, Berikut Cara Mengurusnya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Surat Kesehatan untuk Perpanjang SIM, Berikut Cara Mengurusnya (72179)
searchPerbesar
Ilustrasi amplop surat resmi. Foto: Shutter Stock
Dalam melakukan pengurusan SIM dilakukan di kantor polisi melalui Samsat. SIM berfungsi sebagai dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Polri yang menyatakan pemilik SIM telah layak berkendara di jalan raya. Dokumen tersebut berisi mengenai identitas seseorang. Surat ini wajib dibawa kemanapun Anda pergi dan apabila melanggarnya akan dikenakan sanksi sesuai dengan Undang-Undang.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa tahapan yang akan dilalui saat melakukan tes SIM di antaranya tes tulis hingga tes praktik lapangan. Semua harus dijalani dengan baik dengan beberapa kriteria penilaian agar lolos uji SIM. Sebelum itu, Anda akan diarahkan untuk membawa dokumen pendukung saat mendaftar dalam perpanjangan SIM.
Salah satu dokumen pendukung untuk mengurus SIM yaitu surat tes kesehatan. Biasanya, pada saat Anda datang ke kantor Samsat untuk mengurus SIM, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan dan selanjutnya akan diarahkan untuk menjalani tes kesehatan.
Surat kesehatan ini dapat Anda peroleh melalui layanan kesehatan. Beberapa kantor Samsat juga menyediakan layanan tersebut. Surat Keterangan Sehat atau Suket Sehat ini dikeluarkan oleh instansi yang terhubung dengan layanan pengurusan SIM yaitu Samsat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, surat ini juga dapat dikeluarkan atau dicari di Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas dan juga dari dokter yang pastinya telah memiliki izin praktik untuk penerbitan surat keterangan sehat tersebut.
Sebenarnya, suket sehat ini tidak hanya digunakan untuk mengurus SIM saja melainkan untuk keperluan seperti mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau melamar pekerjaan lainnya.
Nantinya, ketika Anda mengurus surat ini akan dicek mengenai kesehatan badan Anda. Meliputi tes buta warna, tinggi dan berat badan, hingga cek tekanan darah.
Nah, untuk itu kami berikan informasi mengenai cara mengurus suket sehat di puskesmas. Dikutip dari laman jadwal SIM keliling, berikut caranya.
Surat Kesehatan untuk Perpanjang SIM, Berikut Cara Mengurusnya (72180)
searchPerbesar
Petugas Satlantas Polresta Denpasar melayani warga yang mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan sistem "drive thru" di Denpasar, Bali. Foto: Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat untuk Perpanjang SIM di Puskesmas

  1. Sebelum jam 07.30 pagi dan maksimal pukul 12.00 siang. silakan datang ke puskesmas terdekat.
  2. Jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lainnya seperti passport, dan juga siapkan pas foto 3x4.
  3. Bagaimana prosedur mendapatkan surat keterangan sehat dari puskesmas, silakan tanyakan kepada petugas mengenai cara dan nomor antrean untuk mengurus Suket sehat.
  4. Setelah antrean Anda dipanggil, lalu serahkan identitas atau dokumen yang diperlukan serta pembayaran administrasi.
  5. Biasanya Anda akan disuruh menunggu hingga panggilan berikutnya di depan ruang periksa.
  6. Di dalam ruang pemeriksaan, Anda akan diberi beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan.
  7. Dokter umum kemudian akan memeriksa tekanan darah, tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, dan kesehatan telinga.
  8. Jika diperlukan, konsultasikan mengenai kesehatan Anda kepada dokter yang memeriksa.
  9. Surat keterangan sehat akan diisi dan ditandatangani oleh dokter yang memeriksa, setelah semua prosedur telah selesai Anda dapat mendapatkan surat keterangan sehat dari puskesmas
ADVERTISEMENT
Seperti itulah tahapan untuk mendapatkan surat keterangan sehat dari puskesmas guna memperpanjang SIM.
(FOV)