Tarif Tol Bocimi 2022 Berdasarkan Golongan Kendaraannya

Konten dari Pengguna
10 Mei 2022 12:52
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tarif Tol Bocimi 2022 Berdasarkan Golongan Kendaraannya (114042)
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Cigombong, Jawa Barat. (Foto: Jihad Akbar/kumparan)
Tarif Tol Bocimi 2022 mungkin menjadi salah satu topik yang Anda cari. Tol Bocimi merupakan jalan tol yang menghubungkan kawasan Bogor dengan Ciawi hingga Sukabumi. Saat ini, Tol Bocimi yang telah beroperasi adalah Tol Bocimi Seksi I.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Daihatsu, tol merupakan singkatan dari kata “Tax on Location”. Secara artian kata, jalan tol berbeda dengan jalan bebas hambatan yang disebut dengan highway atau freeway.
Setiap masuk ke jalan tol, pengemudi harus membayarkan sejumlah uang sesuai dengan jenis kendaraan, tujuan serta jarak tempuh perjalanan. Uang yang dibayarkan nantinya akan digunakan oleh pihak ketiga yang berinvestasi dalam pembangunan jalan tol agar modalnya kembali serta digunakan untuk pemeliharaan jalan tol.
Lalu, berapa tarif Tol Bocimi 2022? Berikut ini adalah ulasannya.

Tarif Tol Bocimi 2022

Tarif Tol Bocimi 2022 Berdasarkan Golongan Kendaraannya (114043)
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) seksi I. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Tol Bocimi telah terkoneksi dengan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Lingkar Bogor. Anda dapat menyambung perjalanan dari kedua jalan tol tersebut jika ingin menuju Cigombong maupun Caringin melalui jalan Tol Bocimi. Jika Anda melakukan perjalanan dari pusat Kota Bogor atau dari Kawasan Kebun Raya Bogor, Anda dapat mengakses Tol Bocimi menggunakan Tol Jagorawi atau Anda dapat berkendara melalui jalan biasa hingga Ciawi.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari laman BPJT PUPR, Tol Bocimi (Bogor, Ciawi dan Sukabumi) memiliki total panjang 54 kilometer. Tol ini terdiri dari empat seksi. Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong sebelumnya sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Seksi I ini memiliki panjang 15,35 kilometer. Seksi II adalah ruas Cigombong-Cibadak dengan panjang 11,9 kilometer. Menurut keterangan BPJT PUPR pada TrenAsia, konstruksinya saat ini telah mencapai 77,43% dan ditargetkan selesai pada akhir 2022. Seksi III rencananya akan membentang dari Cibadak hingga Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer. Sedangkan, Seksi IV akan membentang dari Sukabumi Barat hingga Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.
Tol ini nantinya akan berfungsi sebagai konektivitas pendukung menuju akses pariwisata yang terkenal dengan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat, seperti pantai di Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, hingga ke Geopark Ciletuh. Tol ini direncanakan mampu memangkas waktu perjalanan dari tiga hingga empat jam menjadi satu hingga dua jam saja.
ADVERTISEMENT
Pembayaran jalan tol di seluruh Indonesia kini telah menggunakan kartu sehingga Anda harus memiliki kartu e-Toll atau e-Money untuk melakukan pembayaran. Pastikan saldo dalam kartu tersebut telah tercukupi.
Perhitungan tarif tol dapat berubah dikarenakan ada penjumlahan sistem terbuka dan tertutup dalam satu ruas jalan tol. Dikutip dari kumparanBISNIS, untuk perjalanan dari Simpang Susun Ciawi menuju Ciawi diterapkan tarif sebesar ini:
  • Golongan I: Rp 1.500
  • Golongan II: Rp 2.500
  • Golongan III: Rp 2.500
  • Golongan IV: Rp 3.000
  • Golongan. V: Rp 3.500
Sementara, perjalanan dari Ciawi menuju Susun Cigombong dikenakan tarif sebesar ini:
  • Golongan I: Rp 14.000
  • Golongan II: Rp 21.000
  • Golongan III: Rp 21.000
  • Golongan IV: Rp 28.000
  • Golongan V: Rp 28.000
Tol Bocimi menghubungkan daerah mana?
chevron-down
Apa kepanjangan tol?
chevron-down
Apakah Tol Bocimi terkoneksi Jagorawi?
chevron-down
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020