Otomotif
·
23 April 2021 20:54

Tidak Perlu ke Samsat, Sekarang Cara Perpanjang STNK Bisa Online

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Tidak Perlu ke Samsat, Sekarang Cara Perpanjang STNK Bisa Online (213059)
Ilustrasi STNK. (Foto: Muhammad Ikbal/kumparan)
Memperpanjang STNK dengan membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan kewajiban pemilik kendaraan setiap tahunnya. Saat ini, urusan perpanjang STNK semakin mudah karena tersedia layanan perpanjangan secara online.
ADVERTISEMENT
Terlebih dalam situasi pandemi seperti ini, metode perpanjang STNK online bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan online yang kini sudah disediakan tanpa harus mendatangi kantor Samsat.
Tercatat ada 4 layanan yang bisa digunakan untuk perpanjang STNK secara online. Bagi Anda yang ingin mencoba layanan via online, berikut adalah pilihan yang bisa Anda coba:

Cara Perpanjang STNK di Samolnas

Samsat Online Nasional atau Samolnas merupakan aplikasi layanan perpanjang SIM online yang bisa digunakan secara nasional. Aplikasi Samolnas ini bisa Anda diunduh di Google Play Store. Terkait cara penggunaannya, berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Pada halaman awal aplikasi, pilih mulai lalu pilih pendaftaran. Kemudian di halaman persetujuan, pilih setuju.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang muncul setelahnya. Isi secara lengkap dengan memasukkan nomor polisi kendaraan, NIK sesuai data kepemilikan kendaraan, 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, nomor handphone, dan alamat email aktif. Pilih lanjutkan jika semua sudah terisi.
  3. Verifikasi akan dilakukan oleh sistem terhadap data yang Anda isi. Data lengkap beserta tagihan pajak kendaraan Anda yang harus dibayar akan muncul setelah data dinyatakan valid.
  4. Periksa data tersebut jika sudah sesuai. Selanjutnya lakukan pembayaran menggunakan kode bayar yang diberikan. Anda bisa melakukan pembayaran via ATM atau mobile banking.
  5. Setelah pembayaran selesai, softcopy Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) akan diberkan beserta stiker pengesahan STNK. Sedangkan hardcopy atau bukti fisiknya akan dikirim ke alamat yang sudah Anda isi, maksimal 3 hari setelah pembayaran.
ADVERTISEMENT
Namun, sejak pertengahan 2020 lalu hingga sekarang aplikasi Samolnas ini sedang tidak bisa digunakan. Cara-cara di atas bisa Anda coba jika sewaktu-waktu aplikasi sudah bisa digunakan kembali.
Si-Ondel
Si-Ondel merupakan aplikasi untuk masyarakat Jakarta yang ingin memperpanjang STNK secara online. Ini merupakan layanan yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Bagi Anda warga Jakarta yang ingin melakukan perpanjangan STNK menggunakan Si-Ondel, berikut cara-cara yang bisa dilakukan:
  1. Unduh aplikasi JakOne Mobile dan Si-Ondel. Jika sudah, pertama buka aplikasi JakOne Mobile dan pilih layanan E-Samsat Si-Ondel.
  2. Masukkan data kendaraan Anda dan data pemilik kendaraan sesuai STNK. Sistem kemudian akan mengecek jika data Anda valid.
  3. Setelah data dinyatakan valid, lakukan pembayaran via ATM atau mobile banking menggunakan kode bayar yang diberikan. Kode verifikasi akan diberikan jika Anda menyelesaikan pembayaran.
  4. Selanjutnya, buka aplikasi Si-Ondel. Masukkan kode verifikasi yang diberikan sebelumnya.
  5. Pilih Kantor Samsat terdekat lalu pilih menu delivery dan pilih get driver.
  6. Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran dan stiker lembar pengesahan STNK akan dikirimkan ke alamat Anda oleh kurir Si-Ondel.
ADVERTISEMENT
Aplikasi Gojek
Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi di luar layanan yang disediakan pemerintah, yaitu menggunakan aplikasi Gojek. Namun, layanan via Gojek ini baru tersedia di beberapa wilayah yang meliputi DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.
Untuk melakukan perpanjangan STNK via Gojek, berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Pastikan aplikasi Gojek sudah diunduh dan Anda memiliki akun Gojek.
  2. Pilih menu layanan Go Service.
  3. Pilih menu layanan perpanjangan STNK
  4. Kurir dari Gojek akan melakukan penjemputan dokumen ke alamat Anda untuk kemudian diurus di Kantor Samsat.
Mengenai metode pembayarannya, Anda bisa memanfaatkan dompet digital yang disediakan Gojek yaitu Gopay.
E-Samsat via Bank
Selain ketiga aplikasi di atas, Anda juga bisa memanfaatkan E-Samsat yang disediakan Bank. Bagi warga Jakarta, Anda bisa membayar pajak perpanjangan STNK melalui Bank DKI, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin, dan Maybank.
ADVERTISEMENT
Anda bisa menggunakan ATM, internet banking atau mobile banking untuk melakukan pembayaran. Setelah membayar pajaknya, bukti pembayaran akan diberikan.
Bukti ini harus disimpan untuk nantinya ditunjukkan ketika Anda ingin mengambil stiker pengesahan dan lembar pajak STNK yang baru di Kantor Samsat.
(RAS)