Tips Belajar Mobil, Perhatikan Hal-hal Ini

Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 11:47
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tips Belajar Mobil, Perhatikan Hal-hal Ini (60572)
zoom-in-whitePerbesar
Posisi tangan menyetir DFSK Glory i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tips belajar mobil mungkin menjadi salah satu topik yang sedang Anda cari. Jika Anda ingin memiliki kendaraan mobil tetapi belum mahir mengemudikannya, Anda perlu menyiapkan dan belajar mengendarainya. Mengemudikan mobil tidak semudah mengendarai motor.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari laman kumparanOTO, mengendarai mobil tidak hanya tentang mengendalikan kemudi. Anda perlu melewati beberapa proses serta membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika Anda belum ahli dalam mengendarai mobil, Anda dapat mengalami kecelakaan di jalan raya.
Jika Anda kesulitan dalam memulai belajar mobil, Anda dapat mengikuti beberapa tips belajar mobil. Berikut ini adalah ulasannya.

Tips Belajar Mobil yang Mudah dan Aman

Tips Belajar Mobil, Perhatikan Hal-hal Ini (60573)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kaki istirahat pada pedal kopling mobil manual. (Foto: Muhammad Ikbal/kumparanOTO)
Kebanyakan orang kadang merasa gugup saat belajar mengemudikan mobil. Hal ini disebabkan karena mereka takut menghadapi risiko yang terjadi seperti menabrak maupun mengalami kecelakaan. Untuk mengurangi rasa gugup tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa tips yang dikutip dari laman Carmudi berikut ini.

1. Mencari Pengajar yang Profesional

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari pengajar yang profesional atau yang sudah mahir mengendarai mobil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa grogi serta mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama belajar mengendarai mobil.
ADVERTISEMENT
Umumnya, pengajar mobil profesional telah memahami seluk beluk mengajari pemula atau orang yang belajar mengemudikan mobil agar tidak gugup. Pengajar profesional juga mampu mengajarkan pemula agar mampu mengendarai mobilnya dengan luwes.
Anda sebaiknya mencari pengajar profesional yang tenang selama proses pembelajaran. Hal ini dibutuhkan agar orang yang sedang belajar mengemudikan mobil tidak panik saat mengalami insiden atau hal-hal yang tak diinginkan selama pembelajaran sebab pengajar mampu mengatasi masalah tersebut dengan tenang.

2. Memilih Mobil yang Tepat untuk Belajar Mobil

Anda perlu memilih mobil yang tepat untuk mengemudikan mobil. Anda dapat memilih mobil dengan transmisi manual ataupun mobil dengan transmisi otomatis (matic). Cara mengendarai kedua mobil ini pun berbeda. Anda disarankan untuk belajar mengendarai mobil manual terlebih dahulu jika baru belajar mengendarai mobil.
ADVERTISEMENT
Mobil dengan transmisi manual mampu melatih kemampuan mengemudikan mobil lebih baik. Jika sudah menguasai kemampuan mengemudikan mobil dengan transmisi manual, Anda juga mampu untuk mengendarai mobil matik.
Meskipun begitu, Anda dapat memulai belajar mengemudikan mobil matic terlebih dahulu. Namun, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati dalam menginjak pedal gas maupun rem. Anda dapat mengalami hal hal yang tidak diinginkan jika menginjak pedal yang salah.

3. Jangan Belajar Mengemudi Mobil Langsung di Jalan Raya

Jika Anda baru belajar mengemudikan mobil, Anda dapat belajar mengemudikan mobil terlebih dahulu di lapangan atau di tempat yang luas. Hal ini untuk mengurangi risiko terjadinya tabrakan atau hal-hal yang diinginkan lainnya.
Mengemudikan mobil secara langsung di jalan raya memiliki risiko yang tinggi. Tempat yang luas dan sepi dari lalu lalang orang ataupun kendaraan menjadi pilihan yang tepat untuk belajar mengemudikan mobil.
ADVERTISEMENT

4. Posisi Duduk

Sebelum memulai berkendara, pastikan posisi duduk Anda sudah sesuai dan nyaman untuk menginjak pedal rem, gas, maupun memindahkan atau memegang kemudi. Jika Anda dalam posisi tidak nyaman, hal tersebut akan berpengaruh pada keleluasaan dalam mengendalikan mobil.

5. Mempelajari dan Memahami Fungsi dan Fitur Transmisi

Anda perlu mempelajari cara kerja transmisi mobil. Transmisi pada mobil matik memiliki perbedaan dengan mobil manual. Pada mobil manual, transmisi menggunakan perseneling yang ditandai dengan angka satu (1) hingga lima (5). Sedangkan pada mobil matik menggunakan huruf untuk memindahkan gigi pada persenelingnya.
Apa akibat gugup saat belajar menyetir mobil?
chevron-down
Apa tujuan kursus mobil dengan pengajar profesional?
chevron-down
Apa alasan belajar mobil manual dulu dibandingkan matik?
chevron-down
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020