4 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dan Cemas Berlebihan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 18:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto cara menghilangkan pikiran negatif dan cemas berlebihan. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto cara menghilangkan pikiran negatif dan cemas berlebihan. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah kamu sering mempunyai pikiran negatif dan sering cemas berlebihan? Bingung bagaimana cara menghilangkannya? Jika, kamu membutuhkan cara untuk menghilangkan dua hal di atas, silahkan simak artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

4 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dan Cemas Berlebihan

Ilustrasi foto cara menghilangkan pikiran negatif dan cemas berlebihan. Sumber foto: Pexels
Saat kita sedang memikirkan masa depan atau sesuatu yang penting, terkadang muncul pikiran negatif dan rasa cemas berlebihan. Biasanya, kita akan sangat ketakutan dan merasa tidak tenang saat dua hal itu muncul.
Dikutip dari buku Mau Sehat? Hilangkan Sikap Burukmu karya Herman Yulianto, pemicu pikiran negatif dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal meliputi tingkat spiritualitas yang rendah, memiliki keyakinan negatif yang terlalu besar, tidak memiliki tujuan hidup. Sementara faktor eksternal meliputi sering menjadikan hal negatif sebagai fokus utama, dan selalu melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat.
Sementara untuk cemas, banyak faktor yang memicu perasaan ini, salah satu contohnya saat kita berhadapan dengan sesuatu yang penting, stres berlebih, atau tekanan batin.
ADVERTISEMENT
Pikiran negatif dan cemas berlebih mempunyai dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika terus-terusan memunculkan dua perasaan ini, kamu bisa mengalami gangguan kejiwaan.
Selain itu, pikiran negatif dan cemas berlebihan juga membuat turunnya produktivitas dan menjadi pasif. Hal ini disebabkan kita terlalu takut untuk melakukan kesalahan atau gagal.
Nah,mari langsung saja kita bahas 4 cara menghilangkan pikiran negatif dan cemas berlebihan.

1. Lakukan Hobimu atau Hal Bermanfaat

Ketika kamu merasa cemas dan terus berpikir negatif, kamu bisa melakukan hobimu. Dengan hobi, kamu bisa mengurangi stress berlebihan dan membuatmu bahagia.

2. Percaya Pada Diri Sendiri

Salah satu pemicu khawatir dan cemas berlebihan adalah kurang percaya diri. Kamu harus yakin pada diri sendiri. Jangan pernah takut untuk membuat kesalahan dan gagal.
ADVERTISEMENT

3. Abaikan Omongan Orang

Kunci hidup tenang adalah tidak peduli dengan omongan orang. Biarkan saja jika mereka menjelek-jelekan atau berbicara buruk tentangmu, kamu harus tetap maju dan tinggalkan semua hal buruk.

4. Hirup Udara Segar

Jika pikiranmu sudah terlalu kalut. Keluar dari rumah dan hiruplah udara segar. Hal ini akan membant otakmu untuk berpikir jernih kembali.
Nah, itu dia 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan pikiran negatif dan cemas berlebihan. Sebagai manusia, wajar saja jika kita cemas dan takut akan hal buruk, tapi jangan biarkan 2 hal ini mengganggu hidupmu ya! (raf)