kumparan
search-gray
Bola & Sports3 Juni 2020 12:26

Formula 1: Balapan Takkan Dihentikan Meski Ada Anggota Tim Terjangkit COVID-19

Konten kiriman user
Formula 1: Balapan Takkan Dihentikan Meski Ada Anggota Tim Terjangkit COVID-19 (125393)
Charles Leclerc dan Lewis Hamilton saling kejar-mengejar di Formula 1 GP Italia. Foto: Reuters/Massimo Pinca
CEO Formula 1 Chase Carey mengatakan bahwa balapan tak akan dibatalkan meski ada yang terjangkit COVID-19. Hal ini ia lakukan meski nantinya ada tim yang mundur akibat personel atau bahkan pebalapnya terjangkit virus SARS-COV-2.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, F1 telah mengumumkan bahwa musim 2020 akan dimulai dengan GP Austria sebagai pembuka pada 5 Juli. Nantinya akan ada delapan seri yang dilangsungkan di Eropa hingga pemberitahuan lebih lanjut.
Para petinggi F1 juta telah memberikan map panduan sebanyak lebih dari 80 lembar agar personel yang terlibat dalam balapan aman dari bahaya COVID-19. Belajar dari pembatalan mendadak GP Australia, tentunya F1 bekerja keras agar semua ajang terkawal dengan baik.
Berbicara ke situs resmi F1, Carey mengatakan bahwa prosedurnya sudah jelas sehingga nantinya misal ada yang terjangkit ajang balap tak dibatalkan. Hal ini juga berlaku misal ada tim yang mundur seperti apa yang dilakukan oleh McLaren.
Formula 1: Balapan Takkan Dihentikan Meski Ada Anggota Tim Terjangkit COVID-19 (125394)
Jurnalis memotret mobil McLaren dengan ponsel. Foto: REUTER/Alan Baldwin
"Seseorang yang nantinya terinfeksi takkan membatalkan lomba. Kami mengajak tim untuk punya prosedur keamanan agar nantinya kalau ada individu yang terjangkit ia bisa dikarantina di hotel dan nantinya digantikan," ujar Carey.
ADVERTISEMENT
"Beberapa hal nantinya akan kami tindak lanjuti, karena masih ada banyak pertanyaan. Saya takkan diam saja, dan nantinya kami akan punya prosedur agar balapan tidak dibatalkan. Selain misal ada pebalap yang terjangkit maka akan digantikan dengan pebalap cadangan," tambahnya, dikutip dari Motorsport.
Carey juga mengatakan bahwa pihaknya takkan mau menyelenggarakan F1 tahun ini jika tak percaya kemampuan mereka untuk memberikan rasa aman. Selain itu, ia juga bicara soal detail yang diberikan F1 dan FIA untuk melanjutkan musim ini.
Formula 1: Balapan Takkan Dihentikan Meski Ada Anggota Tim Terjangkit COVID-19 (125395)
Lewis Hamilton pada sebuah balapan di 2019. Foto: AFP/Dimitar Dilkoff
"Kami punya panduan yang banyak, yang mencakup banyak hal dari bagaimana anda berangkat hingga bagaimana anda menghadapi tes kesehatan. Kami harus siap menghadapi segala kemungkinan yang ada," kata pria 66 tahun tersebut.
ADVERTISEMENT
Direktur manajemen balap F1 Ross Brawn sebelumnya telah bicara terkait balapan di 'lingkungan terpisah' dari komunitas lokal. Carey mengatakan kalau hal itu dilakukan untuk menekan persebaran wabah.
Pria lulusan Harvard tersebut juga mengatakan bahwa nantinya akan ada prosedur transportasi yang ketat ketika balapan. Selain itu, ia memastikan bahwa nantinya para personel yang terlibat punay peralatan yang tepat dan mengindahkan social distancing.
"Tentunya kami sadar bahwa olahraga kami sering tak acuh pada social distancing. Sehingga nantinya kami harus memastikan bahwa prosedur kami dapat mengelola risiko secepat mungkin," pungkas Carey.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white